Tips Upgrade Power CBR 250 RR Ala Kenji Kawai

cbr 250rr air intake

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua di manapun kita berada.

Menurut bocoran yang diterima oleh wak kaji taufik (tmcblog) dari mr kenji kawai tahun 2017 lalu, bahwa untuk mempertahankan keunggulannnya, honda cbr 250rr harus ditingkatkan power-nya (naik 3 hp). Caranya adalah dengan menaikkan putaran mesin (engine rev). Apa maksudnya ?

Maksudnya adalah power puncak (peak power) digeser ke putaran mesin yang lebih tinggi. Kita tahu bahwa besarnya power sebanding dengan besarnya torsi dan putaran engine. Semakin tinggi torsi atau putaran engine maka power akan semakin tinggi. Persamaannya adalah :

power hp kW torque lbft Nm rev rpm

Jika diasumsikan torsi (torque) tetap, dan putaran engine (rpm) dinaikkan, maka tentu saja power (hp atau kW) akan naik. Akan tetapi apakah kenyataannya akan semudah itu ? Tentu saja tidak, karena dalam kondisi engine standar, setelah mesin mencapai torsi maksimumnya, maka menaikkan putaran mesin, torsinya  justru malah (seringkali) turun. Perhatikan grafik power-torsi honda cbr 250 rr ini.

dyno cbr 250rr yoshimura power-torque

Lihat gambar grafik power dan torsi vs rpm hasil pengukuran pabrikan knalpot yushimura pada honda cbr 250 rr di atas mesin dyno. Ketika torsi mulai turun asalkan turunya sedikit saja dan masih bisa dikafer oleh kenaikan putaran mesin (rpm), maka power akan naik. Akan tetapi ketika torsi turun drastis, maka kenaikan putaran mesin tidak mampu lagi membuat power meningkat, sehingga powernya pun turun seiring dengan penurunan torsi yang drastis tersebut.

Jadi kalau sekedar naikin rpm mah, pelintir gas juga naikin rpm seperti yang tampak pada tachometer (display). Dan seperti yang kita alami, memang saat awal menaikkan rpm dengan pelintiran gas serasa menaikan power seiring dengan adanya akselerasi. Akan tetapi menjelang limiter, menaikkan puntiran selonsong gas ternyata malah membuat powernya ngempos, alias letoy, sehingga kecepatan tidak bisa naik lagi atau tidak ada lagi akselerasi. Nah pada saat itulah tanda bahwa ketika putaran (rpm) engine naik, justru torsi dan powernya turun.

Jadi yang dimaksud oleh kenji kawai adalah mengusahakan agar torsi tetap terjaga saat putaran mesin dinaikkan lebih tinggi dari standarnya. Sehingga power pada putaran yang lebih tinggi tersebut tetap memberikan kontribusi peningkatan power. Usaha ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Memperlebar band dari torsinya
  • Menggeser dan meningkatkan torsin maksimumya di putaran yang lebih tinggi

dyno cbr 250rr yoshimura power-torque upgrade

Jadi secara perhitungan tidak terlalu sulit untuk meningkatkan power honda cbr 250 rr naik 3 hp. Hanya dengan menggeser power puncaknya naik dari 12000 rpm ke 13000 rpm (naik 1000 rpm), powernya naik 3 hp. Dan ini masih sangat aman bagi honda cbr 250 rr yang memiliki stroke 41,4 mm, karena piston speed nya masih 17,94 m/s, masih jauh dari batas maksimum 21 m/s. Jadi meskipun menggunakan boring baja (steel) tidak ada masalah dengan upgrade ala kenji kawai ini.

cbr 250rr power up 3 hp kenji kawai

Lalu bagaimana dengan prakteknya ? Kalau buat mekanik balap menaikkan power honda cbr 250 rr dari 38 hp jadi 41 hp, bukan perkara sulit. Karena kenaikannya tidak terlalu besar, hanya 7,9% (atau dibulatkan menjadi 8%). Kalau menurut iwf, untuk mendapatkan peningkatan sebesar 3 hp ini tidak perlu sampai korek port intake segala, apalagi sampai ubah profile camshaft. Cukup lakukan beberapa ubahan ini :

  • Gunakan filter udara racing, sehingga efisiensi volumetrik naik sedikit
  • Pendekkan karet intake runner sedikit saja (2-5 mm) untuk menggeser torsi puncak ke putaran engine yang “sedikit” lebih tinggi.
  • Ubahan 1 dan 2 di atas dapat diperkuat dengan aplikasi knalpot racing, tentu saja dengan ukuran header yang sedikit diubah. Panjangnya dikurangi 1 cm, dan diameternya kalau bisa ditambah 1-2 mm. Atau kalau mau lebih akurat bisa ikut tips dan arahan di artikel perancangan knalpot racing ini.

Menurut iwf tambahan 3 hp untuk motor honda cbr 250rr yang berbobot 154 kg, akan memberikan efek yang lemayan terasa bagi rider. Artinya akselerasinya dapat dirasakan meningkat ketimbang kondisi standarnya. Jadi jika kenji kawai hanya membocorkan bahwa power honda cbr 250rr akan diupgrade dengan menaikkan rpm, maka iwf mencoba menjelaskannya bagaimana hal tersebut bisa dicapai.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Untuk melengkapi referensi bacaan mengenai honda cbr 250 rr dari awal kemunculannya mas bro bisa kembali ke belakang membaca beberapa artikel yang pernah iwf tulis 3-4 tahun yang lalu, yang kemudian sekarang akan emjadi kenyataan. Simak beberapa artikel berikut

Advertisements

$where = 0;

18 responses to “Tips Upgrade Power CBR 250 RR Ala Kenji Kawai

  1. Saya rasa mesin ini memang potensial dieksplorasi powernya…
    Tapi ketika kompetitor sudah main di 4 cylinder, maka ……. ( Silahkan dilanjutkan sendiri)

  2. bikin tambah penasaran, CBR250RR yang baru apa bener tenaganya bakal lebih dari 40 HP…

  3. Mantab nih CBR250RR, mesinnya sudah potensial sekali, tinggal oprek dikit biar makin josss

  4. Berarti pemilik CBR250RR edisi pertama bisa memilih cara ini. Mantap. Makin Broom broom

  5. Menurutku ini motor terbaik di kelas 250cc 2 silinder

  6. motorku masih teknologi jadul ,, motor bebek pula hiks hiks hiks

  7. Woh limit rpm naik pasti sensasi berkendara di atasnya seperti menggelinjang yo Pak

  8. Ternyata begitu tohh.. mantul pak mudah di cerna penjelasannya!

  9. gimana kalau ganti bpkb saja pak

  10. Pada dasarnya ini motor sudah sangatt optimal, dioptimalkan sedikit lagi udah sangat potensial

  11. mesin cbr250rr sepertinya memang dibikin untuk kebutuhan high performance,. tinggal oprek dikit power udah naik,. belum kalau mau benerin dengan blueprint engine kayak mobil-mobil,. bakal lebih gila lagi nih.

  12. Lebih enaik naik cc aja Pak, tapi buat yang masih nabung cara ini bisa di apikasikan…keren ulasannya

  13. power boleh bertambah gede tapi soal pride, aseli 4 silindwr itu sesuatu banget… so, gmn honda????

  14. Solusi murah dari pada beli motor bercc lebih tinggi

  15. power jos, tapi pnjualan tetap lesu 😀

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan