Category Archives: Uncategorized

Mesin dengan Karakter Over Bore, …." Pasti !! "….Pilihan Rider yang Cinta Kecepatan (Speed Lover)

mesin cb150r-4

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua. Semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Setelah kita berdiskusi mengenai mesin dengan karakter overstroke dan sifat2nya di artikel yg lalu, kini mari kita bahas mengenai mesin dengan karakter overbore. Sepertinya sifat dan karakternya akan sangat berbeda (kalo tidak dikatakan berlawanan) dengan mesin overstroke. Salah satu sifat mesin overbore yang sering menjadi bahan diskusi adalah “mesin overbore topspeed-nya tinggi” , …..Apakah benar begitu ?? Continue reading

Kenapa Ya..Mesin Over Stroke Dengan CC yang Sama, Lebih Efisien Daripada Over Bore ?

mesin cb

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Perdebatan masalah overstroke dan overbore, mana yg paling powerfull, bukan hanya terjadi di Indonesia, di luar negeri sana juga demikian. Bedanya kalo di sana masing2 pendukung beradu argumentasi secara ilmiah dengan membawa sumber2 literatur pendukung, sedangkan di sini seringkali hanya mengedepankan emosi tanpa mau melakukan kajian ilmiah mengenai permasalahan yg diperdebatkan tersebut.

Dua jenis mesin ini, baik overstroke maupun overbore memiliki kelebihan dan kekurangan masing2. Yang mana ada jenis rider yang suka akan keistimewaan mesin overstroke, ada juga yang mencintai kelebihan dari overbore, tanpa harus selalu memperhatikan kekurangannya. Dan ini akan menjadikan masing2 rider saling memahami karakter dari masing2 mesin. Yang sangat tidak menguntungkan dan tidak diharapkan adalah :

  • Pemilik mesin overstroke menginginkan kelebihan mesin oberbore, misalnya ingin topspeed nya tinggi dengan rpm se-tinggi2nya. Atau
  • Pemilik mesin overbore ingin irit/efisien dan memiliki torsi besar di rpm bawah seperti mesin overstroke.

Kedua keinginan ini bertolak belakang dengan karakter mesin itu sendiri, jadi sangat sulit (tapi tidak mustahil) untuk diwujudkan.

Ok, pada artikel ini kita bersama akan coba membahas karakter mesin overstroke (langkah > diameter piston), yang mana mesin overstroke memiliki ciri2 sebagai berikut :

  1. Torsi besar di rpm bawah
  2. Lebih efisien

Continue reading

Australia Emang Nggak Takut Sama Indonesia, …Tapi Takutnya Sama Orang Ini…

Assalamu’alaiku wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Artikel ringan, buat selingan. Dapet gambar dari fb

sby baasir dan abott

 

 

[Spark Ignition Engine] Mengamati Proses Pembakaran dalam Ruang Bakar, Gimana Caranya ???

comb chamber6

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalana sampai ke tujuan.

Hari2 ini mulai ramai spyshoot motor baru, bertebaran baik di blogspare nasional maupun internasional. Masing2 memberikan daya tarik tersendiri, mulai dari cc besar, power besar, akselerasi cepat, tampilan yang gagah, fitur2 yang canggih dan lain sebagainya. Tapi bagi biker entusias, yang paling penting adalah performa mesin yang diwujudakan dalam bentuk “power dan torsi”. Kita semua tahu bahwa penghasil power dan torsi tersebut adalah  proses pembakaran di ruang bakar, kemudian pertanyaannya adalah :

“Apakah pembakaran yang terjadi di ruang bakar bisa dilihat, diamati dan dianalisis?”

Karena dalam bayangan kita, yang namanya pembakaran kan ada api-nya dan bisa diliat harusnya. Dan sebenernya sudah ada beberapa yang coba mengamati proses pembakaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Yuk kita simak bareng2 Continue reading

"Yamaha Asean Cup Race", Usaha Mempertahankan Tahta Motor Sport Yamaha di Indonesia

perebutan tahta

Assalamu’alaiku wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kemarin beberapa blog kondang, menginformasikan mengenai diboyongnya 25unit YZF R15 spek racing untuk turun balap pada Asean Cup Race pada 30 November 2013 mendatang. Sepertinya tidak menjadi masalah bagi dunia persepada motoran, khususnya motor sport di Indonesia, karena speknya khusus “racing” dan OMR juga. Akan tetapi bagi pengamat dan komentator dunia maya tidak demikian, apalagi ditambah dengan beberapa pernyataan Manager Motorsport YIMM, Bapak Supriyanto yang kalo ane rinci ada 3 :

1. “Lo jual, gue beli !” , pernyataan ini menurut ane mengindikasikan bahwa sang rival (AHM) sedang mencoba menantang jagaoannya (NVL) melalui kemunculan CB150R dengan segala dampaknya. Yang paling buruk adalah mulai memakan market share motor sport lainnya. Dan YIMM tidak takut akan tantangan tersebut dan berusaha menampilkan tandingan yang sepadan bahkan lebih kuat lagi (mungkin YZF R15 V.02).

2. “…R15 dengan spek balap…….kami tingkatkan performanya sampai 60% dari standarnya,”   Jadi khusus untuk even ini R15 yang standart-nya 17ps disulap naik performanya menjadi 60% lebih besar yaitu menjadi 27.2 ps, gede juga ya, setara CBR250.

3. “ Bukan Vixionlah…kudu sesuai spek peruntukan. Komuter terlalu maksain kalau dipakai untuk balap disirkuit”. Artinya  NVL (vixion) adalah motor sport komuter dan nggak bakalan dipake untuk balapan kelas sport 150cc. Ane kaget juga…… perasaan YZF R15 konstruksi bore x stroke nya sama saja dengan vixion dan NVL. Kira2 apa ya yang diubah sehingga YZF R15 V.02 berubah dari spek “komuter” menjadi spek “full race”, yuk kita obrolin Continue reading

[MotoGP] Pedrosa Mengeluh Atas Tidak Tegasnya Panitia MotoGP Terhadap Kasus Yang Menimpanya

dp selip2

 

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera untuk semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Selepas kejadian “senggolan maut”, antara DP dan MM, yang menyebabkan DP jungkir-balik dan KO, DP memberikan komentarnya pada salah satu TV spanyol, mengenai gaya balap MM dan ketegasan panitia lomba. Begini komentarnya :

Dani Pedrosa percaya bahwa Marc Marquez telah melewati batas saat saling salip pada MotoGP Aragon , dan menyerukan agar panitia MotoGP untuk mengambil tindakan keras pada kejadian serupa di masa mendatang . Pedrosa merasakan panitia MotoGP memberikan banyak kelonggaran sehingga Marquez lolos tanpa dihukum karena kejadian itu .

” Marc selalu mengendarai motor pada batas maksimum ketika ada pembalap lain di depannya , ” kata Pedrosa televisi Spanyol .

” Kali ini , seperti yang telah dia lakukan sepanjang tahun , dia hampir menabrak saya dari belakang dan ketika dia menyentuh saya ia merusakkan sensor kontrol traksi dan membuat aku terbang (jungkir-balik).

” Itu adalah akhir lomba saya, saya jatuh karena itu.

” Sudah jelas sekarang bahwa apapun yang saya katakan, itu sudah terjadi.

” Pada hari-hari seperti ini Anda hanya mendengar pemenang tapi saya ingin mengatakan bahwa panitia MotoGP telah menganggap remeh terhadap hal-hal yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir .

” Banyak pengendara berpengalaman seperti saya, mencoba untuk menenangkan orang lain yang pengalamannya masih kurang, tetapi dalam kasus ini, seperti biasa , mereka telah melihat cara lain .

” Orang-orang yang telah memperingatkan tentang hal ini selama bertahun-tahun, seperti Jorge atau aku, juga mengetahui bagaimana balapan telah melewati batas, dan semuanya baik-baik saja . ”

Gimana bro semua, setuju nggak dengan komentar DP ? Atau malah komentar ini menunjukkan sikap “cengeng” DP atas kejadian yg menimpanya?

Kalo buat ane, namanya juga balapan, senggol2 dikit nggak apa2, apalagi kalo nggak sengaja. Tapi emang kalo membahayakan harus diinvestigasi, untuk mengambil kebijakan pada race selanjutnya.

 

 

Kuat Mana, Velg NVL (New Vixion Lightning) Dibandingkan dengan CB150RSF ?

honda cb150r vs yamaha new vixion

Assalamu’alaikum wR wB Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan, sampai ke tujuan.

Turut berduka atas meninggalnya rider CB150SF seperti yang ditulis oleh bro smartf4iz juga bro silvervaio, juga turut prihatin atas kecelakaan yang menimpa bro hyoga ( di posting oleh ardiantoyugo pengasuh blog info-otomania.blogspot.com), sebagai rider NVL. Semoga selanjutnya kita selalu diberi keselamatan oleh Allah SWT selama dalam perjalanan.

Selain dari itu ada sedikit info yang bisa dipetik dari kejadian di atas (bagi rider NVL maupun CB150RSF), mengenai kekuatan kaki2 tunggangannya. Begitu pula bagi calon pembeli/pengguna NVL dan CB150RSF untuk mempertimbangkannya, disesuaikan dengan kondisi jalan masing2. (sebelumnya mohon ma’af kepada yang berkepentingan, jika ane menggunakan gambar2 ini untuk dituliskan dalam artikel ini)

Berikut gambar2 yang menunjukkan tingkat kekuatan kaki2 dari NVL maupun CB :

cb nabrak pohon

sumber lengkapnya ada di : http://silvervaio.wordpress.com/2013/07/15/innalillahi-cb150r-memakan-korban-jiwa/ Continue reading

[Ayo Ngaji Bro] Karakter Seorang Mukmin Sebagai Rider, Blogger Maupun Komentator

Assalamu’alaikum wa Rochmatullohi wa Barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua.

Artikel ini ditulis untuk menjadi pencerahan khususnya bagi penulis pribadi dan semoga bermanfaat bagi bro2 sekalian terutama yang muslim.

Dan untuk bro2 yang non muslim silahkan juga dibaca jika diharapkan dapat memberi manfaat dan ane mohon maaf jika ada sesuatu yang tidak berkenan, mohon artikel ini diabaikan saja.

 

Bismillahirrochmanirrochim,

Berbahagialah kita yang kebetulan ditaqdirkan oleh Allah SWT sebagai seorang “rider”, karena didalam kesehariannya nya terdapat banyak pelajaran kehidupan. Seperti contoh berikut; saat kita turing, baik sendiri maupun bersama dengan teman2 club, pastilah kita mempersiapkan segala sesuatunya agar sampai ke “tujuan” dengan selamat dan selalu menjaga dan menghindari hal2 yang menyimpangkan kita dari tujuan tersebut dan.

Begitu pula kita dalam kehidupan di dunia ini. Maksud penciptaan kita adalah untuk beribadah kepada Allah SWT, dan ibadah kita akan diterima kalau kita beriman kepada Allah SWT ichlas menyerahkan diri dan ibadah kita hanya kepada-Nya dan melaksanakan ibadah tersebut sesuai dengan tuntunan Rosululloh SAW. Dan tujuan perjalanan (turing kehidupan) kita di dunia adalah mencapai syurga di achirat kelak. Jadi dapat disimpulkan yang masuk syurga pastilah orang yang baik, orang yang baik adalah orang yang beriman dan beramal sholeh.

Lalu bagaimana kita menilai diri kita masing2 atau orang lain, bahwa kita termasuk orang yang beiman ? kan iman nggak keliatan?

Memang betul, iman seseorang hanya dia dan Allah SWT yang tahu, tapi simpton (gejala/tanda2) orang beriman akan tampak dalam “perkataan dan perbuatan” nya. Baik mari kita perhatikan beberapa dalil berikut.

Dari Abu Hurairoh RA., bahwasanya Rosululloh SAW bersabda,”Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan sekali-kali menyakiti hati tetangganya. Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir,maka hendaklah ia memuliakan tamunya.  Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau (jika tidak bisa) hendaklah diam saja”. (HR. Muttafaqun ‘alaih)

Dari hadits shohih yang mulia ini kita mendapatkan penjelasan bahwa jika kita ingin keimanan kita kepada Allah SWT dan hari akhir dinyatakan “sah” atau benar, maka kita harus memiliki tabiat ini, yaitu :

1. Tidak menyakiti hati orang yang ada di dekat kita (tetangga)

2. Memuliakan tamu yang datang ke kediaman kita

3. Berkata yang benar, kalau tidak mampu berkata benar maka lebih baik diam.

Nah dalam kehidupan kita sebagai rider, blogger dan komentator yang beriman, tentunya kaidah ini juga digunakan, untuk membuktikan keimanan kita dihadapan Allh SWT. Kira2 inilah bentuk2 pembuktian keimanan kita :

1. Sebagai rider yang beriman, hendaklah dapat memberikan rasa aman bagi rider di dekatnya. Dalam mengendarai motor tidak membahayakan dirinya dan orange lain (inti dari savety riding)

2. Sebagai blogger yang beriman, hendaklah memuliakan tamu (komentator, visitor, viewer dll) yang berkunjung. Dan yang lebih penting adalah sajikanlah informasi yang benar, agar dapat memberikan peningkatan pengetahuan bagi pembacanya (pengunjung yang membacanya menjadi tambah pinter)

3. Sebagai komentator yang beriman, hendaklah menulis komen (berkata) yang baik dan benar, sehingga mampu memberikan koreksi bagi blogger sebagai penulis artikel, ataupun sebagai tambahan ilmu bagi pembaca lainnya.

 

Demikian kajian kita pagi ini, sebelum kita tutup mari kita instropeksi diri kita dengan mencermati hadits berikut :

“Sesungguhnya orang yang paling cinta dan paling dekat tempatnya dengan ku (Rosululloh SAW) pada hari kiamat nanti adalah orang2 yang paling baik akhlaqnya diantara kamu. Dan orang yang paling benci dan paling jauh denganku pada hari kiamat nanti adalah orang2 yang banyak bicara (tsartsaaruum), orang2 yang banyak bicara untuk membanggakan pembicaraannya (mutasyaddiquun) dan para mutafaiquhuun”. Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rosululloh, kami telah mengetahui siapa itu tsartsaaruum dan mutasyaddiquun, lantas siapakah kelompok mutafaiquhuun itu ?’ Rosululloh menjawab,’Yakni, orang2 yang sombong dalam pembicaraannya’.” (HR. Tirmidzi).

Yang benar datanganya dari Allah SWT, yang salah datang dari penulis pribadi, wallohua’lam, billahittaufiq.

Subchanakallohumma wabichamdika asyhadu alla ilaa ha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik. Wassalu’alaikum wR wB.

KKK 01 (Kisah Kecelakaan Ku)

dlosor2

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk semua, semoga kita semua selamat di jalan.

KKK ini ane share tidak bermaksud apa-apa, akan tetapi ane sangat berharap jangan sampai kejadian yang menimpa ane terjadi pada bro sekalian. Jadi kita belajar dari kesalahan orang lain. Kisahnya sebagai berikut… Kejadiannya kira2 tahun 1993 atau 1994 (lupa) di Malang, Jawa Timur, saat itu mau magrib agak gerimis. Ane datang dari arah patimura-stasiun kota baru-tugu-splindid. Kecepatan sedang 60-70kpj, pake honda grand black. Nikung kanan di depan stasiun aman, lurus lewat boulevard agak kenceng, nikung asyik di tugu aman, ee…. pas nikung kiri sebelah balai kota, ban belakang motor selip, motor mlintir, langsung dlosor, motor dilepas, orang dan motor dlosor sendiri2.

Continue reading

[Ethanol Fuel] Mulai memikirkan ethanol sebagai bahan bakar mesin motor kita…

Motor drag berbahan bakar etahnol

Gambar nyomot dari : http://forum.motorcycle-usa.com/default.aspx?f=24&m=229698&p=1&ord=d

Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam sejahtera buat kita semua.

Hallo bro2 semua para blogger, komentator, silent reader dan para penikmat sepeda motor semua.

Seiring dengan isu penghematan energi, penghasilan sumber2 energi baru, krisis bbm, bbm harganya mau naik, green technology, maka ane mau sedikit berdiskusi bersama bro2 semua. Begini bro..ane punya sedikit ide yang nantinya akan ane tuangkan dalam riset/penelitian dan selanjutnya akan ane share sebagai pengabdian kepada masyarakat mengenai salah satu solusi terhadap semua isu di atas yaitu:

“Memanfaatkan ethanol sebagai bahan bakar pengganti minyak bumi (premium. pertamax (+) dan solar)”.

Akan tetapi menurut jurnal yang bayak ane baca aplikasi ethanol untuk menggantikan bbm/bensin tidaklah sesederhana mengganti bbm dengan ethanol terus distater mesin nyala, akan tetapi banyak yang perlu diperhatikan, diantaranya kalori ethanol yang lebih rendah dari gasolin (bensin), nilai oktan yang tinggi tidak bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan power yang tinggi karena kompresi mesin belum diubah (mesin standart), kemurnian ethanol yang belum mencukupi, sistem pengapian yang belum mendukung dll.

Seandainya penggunaan ethanol bisa diterapkan sebagai bahan bakar pengganti bbm baik sebagian ataupun seluruhnya, maka ada banyak keuntungan bagi kita yaitu : bisa menghemat subsidi bbm. menghidupkan para petani (tanaman sumber bahan baku ethanol), meningkatkaan kualitas udara, tidak khawatir dengan krisis minyak bumi dll. Hal ini sudah diterapkan di banyak negara, salah satunya Brazil.

Oleh karena itu bagi para blogger,  komentator silent reader dan para penikmat sepeda motor semua, seandainya ada yang bisa berbagi dalam kegiatan ini maka ane dengan senang hati akan melanjutkannya dalam kegiatan kerjasama baik penelitian maupun pengabdian kepada mayarakat.

Bagi bro2 semua yang punya fasilitas bengkel, workshop atau lainnya mungkin bisa ane jadikan mitra kerja sama, untuk skema penelitian yang hasil dari penelitian bisa dinkmati secara langsung berupa data, teknologi, perangkat keras dan perangkat lunak. Sedangkan untuk kegiatan pengabdian masyarakat peralatan yang dihasilkan bisa langsung dihibahkan kepada mitra kerja tersebut.

Oh ya lupa nih, biar bro semua,  bisa lebih kenal dengan ane (tak kenal maka tak sayang), maka perkenalkan diri ane :

Nama : Dwi Fadila Kurniawan

Kerjaan : Staf Akademik di Teknik Elektro Universitas Brawijaya, Malang.

(jadi ketauan nih ane… nggak pape deh demi kebaikan bersama)

NB : [Adalagi nih yang lebih luas yaitu : Bagi bro semua yang melakukan proses produksi (sekalipun skala kecil) dan memiliki suatu permasalahan dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas dalam proses produksinya, yang mana dapat dioptimalkan dengan menyematkan peralatan elektronik, maka ane beserta tim insyaallah membuka diri untuk membantu mengakomodir, pencarikan solusi secara elektronik secara gratis. Insyaallah, semoga informasi ini bermanfaat bagi kebaikan kita semua.

Informasi lainnya yang jauh lebih luas lagi adalah di UB sedang onfire untuk melakukan Kegiatan penelitian diutamakan dalam hal “ketahananan energi (konservasi dan diversifikasi energi)” yang lainnya juga bisa dengan berkolaborasi dengan bagian/fakultas/jurusan lain yaitu ” ketahanan pangan, good government, argoforestry, kesehatan, gizi dan obat-obatan”.  Dan yang sedang giat dikembangkan oleh teman2 di Teknik Elektro UB adalah Pembangkit Listrik Mikrohidro untuk terbentuknya desa mandiri energi, jadi bagi bro yang didaerah ada aliran air yang bisa membangkitkan energi listrik sekala kecil, bisa nih hubungi ane, dan halal juga informasi ini untuk di-share ke yang bro lainnya.

Ok, jadi bagi bro semua yang berminat bisa email ke ane nih di

df_kurniawan@ub.ac.id  atau   iwan_fadilla@yahoo.com   atau nawihallidaf@gmail.com

Atau maen2 di ub.ac.id ].