Berkaca Pada TVS Draken 250, Opini CBR250RR Bertenaga 40HP Semakin Kuat

motoblast cbr250rr

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ada dua kejadian yang mungkin bisa dihubung-hubungkan. Yang pertama adanya bocoran honda akan mengeluarkan motor sportnya untuk kelas 250 cc dua silinder bertenaga 40hp. Dan yang kedua menurunnya secara drastis penjualan yzf r25, apalagi cbr250. Jika kita hubungkan kedua premis ini maka akan terbentuklah sebuah hubungan sebab akibat, seperti ini

Sebahagian besar rider/calon rider motor sport 250 cc adalah rider yang “lumayan” melek teknologi. Mereka juga cukup mapan dan punya beberapa kendaraan, bisa motor lain juga mobil. Membeli motor sport 250cc bukan cuma masalah pride, juga masalah style yang spek. Mereka rela tidak beli motor sport 250cc saat ini, rela menunggu sampai spek resmi dirilis pabrikan, karena mereka sudah mendengar rumor cbr250rr, dua silinder bertenaga 40hp.

Banyak orang yang menyangsikan bahwa honda mampu melahirkan motor sport 250cc dengan spek 2 silinder bertenaga 40 hp dengan harga terjangkau. Akan tetapi mengacu pada apa yang bisa dilakukan oleh pabrikan tvs pada motor sport draken 250, maka kesangsian tadi akan segera pudar. Berikut spec tvs draken

tvs-draken-side-view

tvs draken spec

Perhatikan spek engine nya dengan berbekal piston dengan bore yang besar, tvs berani bermain di 12000 rpm, untuk menghasilkan tenaga 38.5 bhp. Tentunya honda dengan menggunakan piston yang lebih kecil (diameter payung klep otomatis juga lebih kecil) karena 2 silinder, akan lebih berani bermain lebih dari 12000 rpm.

Apa hubungannya antara part yang besar dengan rpm maksimum ? Nanti kapan-kapan kita bahas.

Sehingga dengan spek cbr250rr seperti ini, sangatlah mungkin (jika honda memang mau)

power cbr250rr based cbr400 2

Kemudian dengan frame alumunium trelis dan sok depan USD, tvs draken hanya dibandrol sekitar 33 juta rupiah saja (atau 1,60.000 lakh). Murah banget ya..

Apakah honda juga bisa seperti ini ?

Dengan modal yang sangat besar, dan keinginan yang sangat kuat untuk merebut pasar motor sport 250cc di Indonesia, sepertinya honda akan mampu memberikan yang lebih dari tvs draken 250cc ini. Kalau tidak mampu ya malu lah, mau ditaruh dimana nama besar honda….(AHM denger nggak nih ???, provocation mode : on).

Sekarang mengacu pada tvs draken 250 ini, mari kita melamun, membayangkan, beropini liar, kira-kira bagaimana dengan cbr250rr nantinya ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

25 Komentar

    • Saya sungguh kangen dgn masa dmana honda sudah punya c70-astrea/c series. star-prima- grand-
      Lalu sbelah baru ada p80, alfa,
      Sbelahnya lagi ada family, bravo,crystal,
      Klw d pikir2 apa iya orang2 honda saat itu skitar th 90 an bner2 lbh merhatiin kmauan loyalisnya, sdgkn yg skrng apa2 , mau desain mau mesin tunggu si garpu dlu yg buka jalan? Sesekali jadi pionir gtu lho, trs nelurin produk dgn desain dan mesin yg dibentur2 kan?
      Kan aneh, mau seloyal apa jg ya ttp aj sy bilang itu ga kreatif, daya dobraknya dipertanyakan nih manajemen AHM.
      Asal jgn produk mnjijikkan macem motor yg niru becak roda 3 si garpu ya yg ditiru, ya bangsa sport brbagasi dgn kubikasi 225- 250 , pke lungsuran engine cbr 250 mono aja yg di mainin final ratio, jadiin naKed style.e.g
      IMHO

  1. Apa emang AHM honda di sini hanya pngen punya loyalis dari kalangan pngndara matic ya,
    Heran sama level kecuekannya,
    Uda berasa nyaman bnget kali ya hanya dgn ngbagi MS yg besarnya +- 40 % ke merk2 lain. Atau dgn brlindung di image yg mnurt orang 3 S sudah mapan,
    Lha trus utk loyalis yg condong make honda krena aspek pride kapan mau di jadikan concern.
    Terlali cpet puas itu ga baik lho, bicara dalam konteks kompetisi/ persaingan

  2. Jika acuannya tvs banyak hal yg harus diperhatikan om gokil, salah satunya lokasi produksi, vendor2 pendukung, serta aturan pemerintah tentang dukungan otomotif setempat… perkara cbr250, menurut om leopold untuk memutuskan dilokalkan diindo saja melibatnkan beberapa prinsiple dan itu tak mudah dan tak murah resikonya… apa mungkin honda global mau gambling dengan keputusan melokalkan cbr250rr diindo tp untuk menekan cost production, banyak kualitas material yg dikurangi lantas apa masih mungkin disematkan power 40an hp itu dgn harga yg kompetitif?

      • Ini kdng saya bingung..demi pride, gengsi atau apalah itu, kita mau2 aja beli motor harga mahal kalo power di gedein dikit dari kompetitor, tambah aksesoris sana sini.. bukankah lebih bagus jika dapet harga lebih murah.. dengan spek yg tidak berbeda jauh? Boleh harga mahal tapi spek udah harus jauh di atas yg lain, misal chasis udah aluminium twin spar, shock dpn USD, velg alluminium, kayak standart moge2 itu loh. Kalo produk lain seperti handphone android yg spek rendah makin lama makin murah, saling beradu mengeluarkan produk dengan spek tinggi. Ini dimotor dapetnya itu2 aja. Yg ada malah makin hari makin di mahalin harganya. R25 itu gak laku karena gak memenuhi harapan pemakai setia yamaha, bahkan gak pantas menyandang nama clan YZF-R. Pemakaian nama cuma untuk promosi numpang tenar, padahal chasis aja beda sendiri dari clan YZF. Harga malah mirip2 ninja yg lebih keren dan masih impor.harapan trakhir ada di HONDA, smoga bisa menggebrak. Walau kalau melihat kebiasaan honda harapan itu sangat tipis

      • yg repot itu kalau nambah2 in sndiri, tapi ngurangi standar keselamatan, saya kira biarkan dipasang harga sesuai itungan pabrikan, asal ga overprice,
        klw overprice karena itungan akhir di leasing atau karena lewat proses kredit beda cerita yah, siapa suru ga nabung LOL

        kalau 11 – 12 fitur dgn sebelah, gn harga mahal 1-5 jt, berarti mesin dibuat lebih oke. QC dan testing bner2 harus maknyus.
        toh karyawan mereka yg juga saudara kita setanah air nyari makan ya di pabrik mreka itu.

        kesampingkan smntara ttg desain, karena sifatnya subjektif.
        beberapa kasus cs1 yg sering dibully, saya pikir aka mbuat pmiliknya jadi minder, malah yg ada cs1 owner setia dan agak suliy ngelepas piaraannya.
        (IMHO: kejadian di kalangan tmen sekampus nih )

  3. Kalo para blogger sudah berulang kali bahas spt ini, biasanya akan terjadi. Contoh, R25, H2, Vario 150, GT 125, mt-25(coming soon), cbr k45, sonic 150(coming soon), dan masih banyak lagi prediksi” blogger yang sudah terjadi dan benar.

    Entah dari mana sumbernya hanya kaum blogger yang tau. Hehehe

  4. Tepuk tangan lah dengan spek Draken ! tapi bakal boros deh kayanya minumnya 😀

    tapi klo beneran bentuk masspro nya kaya gitu, gak bisa buat boncengan-_- ini kan naked bukan motor fairing…

    sampe sini harga naik 3-4 juta boleh lah ya haha

  5. kalau menurut saya, yamaha mt25 blm akan menggebrak,secara desain sangat biasa. kemungkinan penjualannya pun akan di bawah kawasaki z250. akan beda ceritanya jika desainnya mengikuti gambaran para blogger yaitu mengikuti desain mt07.

  6. Sunatan jelas bro. Jaman skrg gak mungkin 40hp on crank. Lha wong pertamax di luar jawa aja msh susah. 40 hp kan untuk kompresi tinggi. Tetep disesuaikan sama bbm premium bro.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.