Honda CBR 250 RR Tembus 40 PS ? Biasa Saja…Sudah Terprediksi Sejak Lama di Motogokil

Diposting pada

Kawasaki-Ninja-ZX-25R VS CBR 250 RR 40HP Battle-motogokil

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menganugerahi kita keselamatan dan kesejahteraan di mana pun kita berada, aamiin

Seperti biasanya, ketika sebuah pangsa sepeda motor yang dibuka oleh pabrikan lain terlihat menjanjikan, honda (ahm) selalu mencoba untuk menguasaninya dengan produk terbaiknya. Begitu pula yang terjadi pada pasar motor sport 250 cc. Sayangnya usaha honda kali masih belum membuahkan hasil yang memuaskan. Pasalnya kawasaki sebagai penguasa pangsa pasar di area ini tidak tinggal diam dari gangguan honda.

Setelah cukup lama menguasai pasar sport full fairing 250cc, datanglah honda dengan cbr 250r (single silinder). Untuk sementara kawasaki masih di atas angin karena unggul performa dan unggul jumlah silinder. Kemudian datang pula rongrongan dari yamaha yzf r25 dengan power yang lebih besar, cukup memberikan gangguan, akan tetapi lambat laun gangguan r25 semakin menyusut dengan datangnya ganggunal lain yaitu honda cbr 250 rr 2-inline dengan keunggulan mutlak dibandingkan kawasaki.

Kawasaki tidak mau kalah, kemudian mengupgrade power motornya beserta fitur-fitur tambahan, yang membuatnya masih digjaya walau digempur honda cbr 250rr baik di pasar maupun dilintasan balap. Tentu saja para insinyur kawasaki mengetahui bahwa potensi honda cbr 250rr masih bisa terus ditingkatkan, oleh karena itu tidak tangung-tanggung kawasaki lahirkan motor sport 250cc dengan engine baru, 4 silinder dengan power di atas 40 hp. Melihat bocoran yang begitu masiv mewarnai berita otomotif tanah air, para pecinta motor sport 250 cc seperti terhenyak, tertegun mengarahkan perhatian dan usahanya untuk mendapatkan si 4-silinder ini.

kawasaki ninja zx10r muffler header

Para pencinta kecepatan di kelas sport 250 cc ini memang harus berterima kasih pada honda (ahm). Karena dengan melahirkan honda cbr 250rr, mau nggak mau mereka punya acuan (referensi) baru dalam menilai keunggulan sebuah motor sport 250cc. Dan pada akhir hal ini menuntut pabrikan untuk membangun motor sport 250 cc yang lebih kuat lagi. Salah satu penyebab dari lahirnya kawasaki ninja zx 25r 4 silinder dengan power terprediksi 45 hp [artikel]. Dan kemudian akan diikuti oleh pabrikan lain seperti suzuki, yamaha, aprilia dan lain-lain jike mereka hendak masuk ke segmen ini [artikel].

Tentu saja honda tidak ingin kehilangan perhatian dari pecinta motor sport 250cc. Oleh karena itu, untuk mengimbangi kawasaki ninja 250cc 4 silinder, dilahirkanlah honda cbr 250rr yang lebih kuat lagi. Bahkan dengan 2 silinder yang dimilikinya mampu memuntahkan power yang tidak kalah kuatnya dibandingkan yang 4 silinder, ya juga di atas 40 hp.

Kemampuan engine motor honda cbr 250 rr untuk memuntahkan power sebesar (lebih) dari 40 hp bukan angan-angan kosong. Bahkan sudah pernah iwf prediksi dalam artikel di motogokil.com tahun 2016 yang lalu. Yaitu di saat muncul bocoran info mengenai bentuk silinder dari honda cbr 250rr ini [artikel]

power cbr250rr based cbr400 2

Bahkan menurut yang iwf pernah dengar, meskipun suatu saat honda akan menempatkan power puncaknya pada 40 hp, sesungguhnya itu baru 89% dari power maksimum yang ditetapkan di awal perencanaan. Jadi di awal perencanaan power yang bisa disemburkan engine honda cbr 250rr adalah 45 hp [artikel]. Akan tetapi melihat rival-rivalnya masih berada di bawah 37 hp, maka honda cukupkan untuk mengeluarkna potensi engine honda cbr 250rr 39 hp saja.

Menurut informasi pabrikan saat ini, berdasarkan nilai power puncak, posisi putaran engine, rasio kompresi dan lain-lain, performa honda cbr 250 rr memang masih bisa ditingkatkan lebih tinggi lagi.┬áDan menurut bocoran yang pernah iwf baca bahwa dengan racing kit tertentu, performa cbr 250 rr akan “kembali ke asal” yaitu 45 hp [artikel]. Dari optimasi beberapa sektor (variabel penentu performa) maka jika diperlukan untuk keperluan balapan, power cbr 250 rr masih bisa terus ditingkatkan sampai tembus di atas 57 hp [artikel]. Dan hal ini tidak terlalu istimewa, karena memang untuk keperluan balap (misalnya motogp) engine dengan kapasitas 1000 cc, powernya bisa di atas 240 hp, jadi wajar jika engine 250 cc dengan spesifikasi balap bisa tembus mendekati 60 hp.

cbr250rr power analys2

Jadi dengan spesifikasi yang dimiliki honda cbr 250 rr saat ini, baik honda (ahm) maupun para owner/rider tidak perlu merisaukan peningkatan performa yang dijanjikan kawasaki zx 25r 4 silinder yang katanya juga di atas 40 hp (mungkin saja 45 hp). Karena dengan sedikit sentuhan mekanik handal, power honda cbr 250rr akan mempu mengimbanginya.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatu

Untuk melengkapi referensi bacaan mengenai honda cbr 250 rr dari awal kemunculannya mas bro bisa kembali ke belakang membaca beberapa artikel yang pernah iwf tulis 3-4 tahun yang lalu, yang kemudian sekarang akan emjadi kenyataan. Simak beberapa artikel berikut

 

tags :

honda cbr 250 rr terbaru abs racing red dijual engine spesifikasi new model standar specs specification 2020 indonesia 2 cylinder 40 ps

7 thoughts on “Honda CBR 250 RR Tembus 40 PS ? Biasa Saja…Sudah Terprediksi Sejak Lama di Motogokil

  1. luar biasa yak potensi power maksimum cbr250rr yang ternyata mampu ngejabanin power dari ninja dengan 4 silindernya.

    Namun walau bagaimanapun aura kepremiuman dan pride mempunyai motor 4 silinder itu beda rasa…. hehehe… maaf sedikit melenceng

  2. Kalau di Jepang, motor 250 cc emang powernya dibatasi maksimal 45 HP. Kalau aslinya (non restricted) bisa 50 HP++

    Kalau yang 250 cc dua tak (non restricted) bisa 70 HP++

    Just pendapat ane

  3. TS Fans honda nih kayaknya wkwkwk…ya jelas beda sensasi 2 silinder ama 4 silinder wlwpun tenaganya kalah sekalipun,

  4. Ini bagi fans kawasaki gak ada abisnya..krn zx 25r pun kl di colek dikit pasti juga melejit power nya plus bonus suara lbh merdu…
    Krn Basic mesin zx 25r sudah menang dari lahir

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan