Komparasi Power CBR250RR, Ninja250FI dan YZF R25 yang Ternyata Tidak Riil


sports 250cc

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Beberapa hari sebelumnya produsen knalpot r9 telah menguji power all new cbr250rr, kemudian membandingkannya dengan (data lama) power ninja250fi dan yzf r25 [artikel]. Ternyata (di atas mesin dyno) terbukti power all new cbr250rr memang lebih tinggi lebih dari 2 hp, sesuai selisih di brosur. Tentunya hal ini menjadikan tabloid otomotif terbesar tanah air kecolongan (kalah duluan), dan ahirnya juga melakukan pengukuran lengkap dengan riding mode-nya.

Hasil pengukuran otomotif menghasilkan gambar ini…

dyno-allnew-cbr250rr-riding-mode

Perbedaan power maksimum dari mode comfort ke mode sport lumayan tinggi, sekitar 1.7 hp. Kenaikan poer ini mirip dengan penggantian knalpot racing pada motor standar. Kemudian perbedaan dari mode sport ke mode sport+ cuma sedikit saja, sekitar 0.3 hp. Hasil pengukuran ini naik sedikit (0.6 hp) dibandingkan dengan hasil pengukuran oleh produsen knalpot r9 sebelumnya (30.4 hp).

Sebelumnya otomotif juga pernah melakukan pengukuran pada rival-rival cbr250rr yaitu ninja250fi dan r25. Berikut ini grafik hasil pengukurannya

dyno-komparasi-ninja-250-vs-yamaha-r25

Jika kedua hasil pengukuran otomotif ini maka power maksimum r25, masih lebih tinggi o.45 hp dibandingkan power cbr250rr. Dengan catatan untuk mode comfort yaitu 28.98 hp (cbr250rr comfort) dibandingkan dengan 29.43 hp (r25). Akan tetapi ditinjau dari band powernya sepertinya cbr250rr masih unggul, karena masih bisa berakselerasi sampai 14000 rpm.

Agak susah untuk menggabungkan grafik dyno ninja250fi, r25 dan cbr250rr dari 2 grafik versi otomotif ini. Untungnya om leo pada artikelnya sudah memberikan sedikit gambaran perbedaan tersebut. Berikut ini grafiknya

dyno-ninja250-r25-cbr250rr

Ternyata dalam pengukuran tersebut, grafik power ninja250fi dan r25 berbeda jika dibandingkan dengan grafik versi lama. Barangkali unit dan waktu pengukurannya berbeda, tapi waktu dan mesin dyno yang digunakan sama. Sepertinya hasil ini lebih valid, dengan catatan r25 dan ninja250fi nya juga sama-sama baru.

Dan terlihat bahwa power ninja250fi dan r25 lebih kecil dibandingkan hasil pengukuran otomotif sebelumnya. Sehingga dengan power sebesar 28.61 hp, power maks r25 jadi lebih kecil jika dibandingkan power cbr250rr mode comfort.

dyno-komparasi-r25-vs-cbr2250rr-comfort

Yaa…mau gimana lagi, memang produk baru seharusnya lebih ok dibandingkan produk sebelumnya. Tapi kalau komparasinya seperti ini, bener bikin sesek nafas owner r25 apalagi ninja250fi. Hasil pengukuran ini pastinya boleh saja disangsikan keabsahannya, yaitu dengan cara; beli ninja250fi, r25 dan cbr250rr semuanya harus baru, juga beli mesin dynonya, silahkan diukur sendiri sampai puas.

Bagi pemilik r25 bisa lebih masgul lagi, mengingat apa yang dialami om leo dulu. Apalagi jika dikomparasikan dengan power cbr250rr secara riil di jalan, mengapa ? Karena pengukuran cbr250rr di atas mesin dyno, menghilangkan fungsi air ram pada cbr250rr. Sedangkan ketika riil di jalan raya, pada kecepatan di atas 100 kpj, adanya air ram akan meningkatkan kepadatan udara pada box filter cbr250rr, shingga VE-nya bisa lebih tinggi dibandingkan saat di atas mesin dyno.

Mogokil saat ini masih menyangsikan (entah esok hari, atau ketika ada info lain), bahwa di Indonesia sudah ada mesin dyno yang mampu memfungsikan air ram saat pengukuran power pada sebuah kendaraan, khususnya motor. Karena jika ada yang mampu, maka pada bagian depan air ram harus diciptakan angin dengan kecepatan yang sesuai dengan kecepatan motor. Artinya pengukuran motor di atas mesin dyno juga harus bedara di dalam wind tunnel, tentunya pengkondisian ini membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Sementara itu dulu bro-sis komparasi dengan data skunder, hasil pengukuran dyno dynojet sportisi. Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

24 responses to “Komparasi Power CBR250RR, Ninja250FI dan YZF R25 yang Ternyata Tidak Riil

  1. iyo yo… meskipun diblower tetep saza lebih pas kalau angine setara dengan kecepatan motor pas ngebut… tapi kenyataannya susah…

    Yang keren dari Suzuki GSX R150: http://wp.me/p7LBn5-2dP

  2. Aku nyimak ae, yg ay tau sih air ram nya abaikan aja .. tp itu pun sudah bagus hasilnya..
    http://kobayogas.com/2016/11/19/hasil-dyno-cbr250rr-versi-otomotifnet-silakan-nilai-sendiri/

  3. hi hi hi
    barangkali yg sesak nafas, yg barusaja beli, dengan asumsi paling gede powernya

    • Btw R25 sekarang banyak diskon nya pak, selisih 11 juta sama cbr, dengan selisih dana segitu bisa dapet fitur yang sana atau engga, saya kurang tau juga..

      Tapi kalo belinya sekarang, saya juga bakal ambil cbr dari pada r25 ini.. paling value

      • kalau ane mending cbr250r single silinder second yang masih seger
        murah, seharga 150cc, dapet 29ps, bikinan thailand, cocok buat tulang tua

        • Setuju bro mantap dah cbr 250cc murmer plus desain elegan mantap gak ngebosenin….!!!!!
          Kualitas honda thailand…!!!
          Sayang cari yg kinyis2 susahnya ampun.
          Andekan dealer yg masih ada stok baru lawas banting harga 25 jt aja lgsong sikat apalg warna RWB sikat…..!!!!
          Memang cocok untuk umur kepala 3 lebih mantep….!!!

        • Porpol,dial cam,perkop racing,racing muffler, velo stack,ECU juken (murmer)..sudah mantep bgt jomblo, masih irit..dan yg pasti torsi nya aduhai..gitu aja udah nyaris 25 NM

  4. yang pasti paling ketara di fitur kaki kaki..
    okelah USD bisa dicangkokan meskipun gak bakal bisa sepresisi pabrikan
    dan yg ke 2 sangat disayangkan r25 shock blkang belum dg link meskipun bisa dibuat dibengkel pinggiran tetap saja harus ada hitungannya dan balik lagi gak bakal de presisis pabrikan..
    sejauh yg saya tau kalau buat yg doyan nyentul monoshock with link merupakan nilai plus ditrack dan lebih lagi suspensi USD
    yg ingin saya tau kalau cbr250rr sudah masuk dftar wss300 apa fitur” seperti USD dan ram bakal disamaratakan?? seperti halnya ARRC yang firingnya melompat jauh dr produk masalnya

    ingat power bukanlah segalanya tanpa dibarengi handling yg mumpuni hehhe

  5. Tuch kan, seperti pikiran saya ini. Makin luas pembahasannya. Karena air ram mode juga bisa menambah materi pembahasan lagi ke depannya. Hehehe
    Tinggal nunggu aja kayak gimana agen2 dynotest yg lain menguji performa nich ketiga motor seperti dalam keadaan jalan.

  6. jujur ane eneg dgn r25, banyak masalahnya kode error19, error 46, mati mendadak, aki soak dan banyak lagi…

    tapi sbg fby ane dukung yamaha bikin r25 facelift, body samping sampai belakang pake punya r15, depan tetap plus air ram, usd, dobel disk, underyoke. tangki jangan landai, footstep agak mundur n naik, knalpot kiri kanan.. oh iya gear depan kasi 15, belakang kasi 41…

    ttg cbr250rr, ane ga suka tampak depan seperti kodok ng#ntot, knalpot walaupun fungsional ga sedap dipandang. lainnya oke dah…
    pembuktian ya cuman drag race baru ane percaya, apalagi pake video wuih mantab.

  7. nunggu artikel adu top speednya Pak dosen..,siapa terkencang dari yang kencang diantara ketiga motor tsb

  8. ni motor kenapa repot2 sampek dikasi air ram ya? nanti pada nyobak itu fungsi air ram kerja apa ngak, jdnya balap2 mulu, lagian indo banyak abu, air ram bisa gampang kotor kan? bersihinya gimana?

  9. secara teknologi penyaluran tenaga ke roda belakang masih di bawah verza, ocb dan sonic.

    secara fitur emang unggul tp secara mesin inferior jika dibandingkan dengan cc dibawah nya. kenapa gak tiru teknologi 3 mesin diatas yak yg nota bene bisa lebih besar on wheel dr claim pabrikan on crank?

    Honda aneh…

    Verza 12.5dk -> 15.2dk
    OCB 16.8 -> 17.8dk
    CBR 250 RR -> 38dk -> 32dk

    kliatan cupu sekali insinyur CBR 250 RR bisa kalah gitu penyaluran tenaga nya dibanding verza atau OCB

  10. Penguasa kejurnas IRS250 2015 Dan 2016 = R25

    Penguasa ARRC AP250 = R25

    Penguasa ITS250cc Komunitas = R25

    Penguasa Dragwar race Surabaya = R25

    Buktikan Di Sentul apa keok seperti CBR150 dibantai R15..Kita tunggu.

    Motor Sport fairing mass product ya pembuktiannya ketahanan mesinnya di sirkuit balapan dunia produk massal seperti WSBK, WSS600 dan tahun depan ada WSS300cc.

  11. baca di otomotifnet gigi 6 cbr250rr dilimit di rpm 13.000 . sayang bener. Padahal di gigi 1 – 5 bisa sampai ke rpm 14.100

  12. Kalo versi triatmenceng, R25 cuma kalah sedikit sama power CBR250RR, tapi torsinya menang R25. Pokoknya motor cupu cuma kalah sedikit dari CBR250RR. Padahal realnya sama Ninja aja R25 udah cupu. Sok belakang sekelas viar 150cc, kopling sekelas F1ZR (belum slipper clutch)… apalagi dibanding CBR250RR?

  13. Perkiraan ane next ninja masih mempertahankan moge looknya…
    Gak peduli frame kalah telak, yg penting penjualan paling moncer…

  14. Pingback: Adu Drag Versi Amatir Rider, CBR250RR Jawara. Hmmmmm ??? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan