Impresi Honda CBR250RR Bagi Pemula, Halus dan Kencang


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Menjelang event track day cbr250rr, kok kebetulan motogokil diberi kesempatan untuk nyobain test ride honda cbr250rr milik mpm. Waduh seneng banget, pengen ngerasain gimana sih kecepatan motor di putaran engine 14000 rpm. Mana warnanya hitam lagi, warna motor favorit motogokil, cocok banget.

Tentunya sebelum digas, ya dilihat-lihat dulu sambil dinaiki dalam kondisi statis. Dan ternyata motor sport honda yang satu ini, termasuk pendek menurut motogokil yang memiliki tb 165 cc. Lebih pendek dari cb150r maupun gsx r150, wah cocok banget nih buat rider tanah air yang kebanyakan tingginya nggak jauh dari tinggi motogokil.

Dan setelah dilihat secara keseluruhan, memang sulit dicariĀ kekurangan dari honda cbr250rr ini. Baik dari sisi desain, style maupun proporsi depan dan belakangnya, terlihat cukup ideal. Tentu saja penampakannya sudah sering mas bro lihat di internet, terutama di galeri blog-blog kondang tanah air.

Tidak pakai lama, setelah menyelesaikan administrasi peminjaman unit test ride, langsung saja gas menuju rumah (maklum dah sore). Walah ternyata enteng banget mas bro setelah motor seberat 168 kg ini berjalan. Bahkan terasa lebih enteng dari gsx r150 yang beratnya 131 kg. Maklum powernya 39 ps, jadi berasa banget akselerasi ngacir nya nih motor.

Eh lupa…ternyata cbr250rr yang motogokil pinjam sudah aplikasi full system muffler dari r9. Pantesan ngacir banget, tapi suaranya ngeri, helm fullface saja tembus suara menggelegarnya. Memang bermanfaat untuk motor kencang, jadi kendaraan di depan jadi engeh ada motor kencang di belakang. Sayangnya (menurut motogokil), suaranya cukup mengganggu rider lain, sehingga terasa tidak enak ati mau ngegas kencang-kencang.

Akhirnya minta ganti dengan knalpot standar saja, dengan suara yang lebih ramah di telinga. Dan memang ternyata powernya turun mas bro, dibandingkan jika mengaplikasikan knalpot racing, berasa banget. Kira-kita penurunannya mirip dari mode sport+ ke sport. Tapi cukuplah untuk sedikit ngebut di jalan umum di kota malang yang sudah mulai seirng macet.

Dan impresi motogokil mengenai getaran mesin yang sampai di tangan adalah “luar biasa”. Halus banget, bahkan lebih halus dibandingkan satria fufi. Kalau diurut dari motor-motor sport yang motogokil pernah punya/coba, urutan kehalusan mesinnya adalah sebagai berikut; cbr250rr (paling halus) – satria fufi – gsx r150 – cbr150 (k45a) /cs1 – cb150r/nvl – pulsar 180ug4 (paling kasar.

Untuk ukuran rider dengan bb 75, honda cbr250rr masih sangat kencang akselerasinya, apalagi jika ridernya lebih ringan. Tarik gas, power ngisi terus sampai mentok, entah kecepatan berapa dan rpm berapa. Tinggal nyali saja, sampai seberani apa, tarik gasnya. Cukup beresiko juga ngebut pakai cbr250rr di jalan umum. Sepertinya powernya memang didisain untuk balapan di sirkuit, kalau di jalan umum terasa terlalu besar (apalagi pakai knalpot racing plus mode sport+), ngeri-ngeri sedap.

Mau ngebut dengan baik dan benar ? Di sirkuit saja man bro, bebas tarik gas dan miring-miring. Kemananan lintasan juga lebih terjamin, tidak ada yang berhenti/nyebrang mendadak.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

5 responses to “Impresi Honda CBR250RR Bagi Pemula, Halus dan Kencang

  1. Sport terkencang saat ini ya CBR250RR

  2. Sport fairing terlemot saat ini ya CBR150RR

  3. Ya iyalah getaran lebih halus mesin2 multi silinder dibanding cuman 1 silinder…..

  4. mantap pak dosen…sebenere pengen…tp koq hargane nggilani buat sy yg kantongnya pas2an…

    kalo liat kelas 250cc…ya cbr ini kasta tertinggi buat saat ini…ngga tahu kalo nanti kawak ngeluarin zx250r, tapi harganya belum tentu bisa mepetin cbr…

  5. “Sayangnya (menurut motogokil), suaranya cukup mengganggu rider lain, sehingga terasa tidak enak ati mau ngegas kencang-kencang.

    Akhirnya minta ganti dengan knalpot standar saja, dengan suara yang lebih ramah di telinga. ”

    Salut bro, anda org yg hati nuraninya msh ada & mau dipake, hal yg keliatannya sederhana bgini saja sbnrnya cerminan gimana model kepribadian seseorang, model sampah blangsak atau civilized person yg menghargai org lain & ga mau merugikan org buat kesenangan sendiri.

    Klo sebagian besar kya anda hrsnya kota/negara lebih tentram.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting