Jika Kawasaki Merasa Perlu, Maka Sport 250R 4 Silinder Memang Harus Lahir

sport250cc 3

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Saat ini, saat honda cbr250rr lahir, memang kawasaki ninja 250 fi masih leading, memimpin pasar sport 250cc. Akan tetapi kemunculan cbr 250rr dipastikan akan menggoyahkan singgasana yang dikuasai ninja 250fi ini. Karena memang dari segi harga, sasaran cbr250rr adalah ninja250fi, sedangkan jika dibandingkan fitur-fitur masing-masing, jelas ninja250r di beberapa bagian kalah kelas.

Hal ini tentu telah diketahui oleh telik-sandi kawasaki dan juga para pembesarnya (khususnya di kmi). Dan kehadiran cbr250rr jelas sudah dipersiapkan langkah antisipasinya. Tahap awal bisa saja kawasaki hanya memberikan facelift, kemungkina besar minor facelift. Tentunyanya hal ini hanya memberikan efek yang sebentar, karena ninja250fi sudah kalah telak dari cbr250rr pada bagian yang cukup banyak pada fiturnya, yaitu :

  • Suspensi depan usd
  • Swing arm die cast almunium
  • Speedoemeter full digital
  • Riding mode
  • Lampu-lampu full led
  • (kemungkinan) power juga lebih besar.

Sehingga jika menuruti persaingan dengan cbr250r dengan meng-upgrade bagian-bagian tersebut, alamat harga ninja250fi akan melejit, jauh lebih tinggi lagi dibandingkan sekarang (versi abs sekitar 68 juta). Dan jika hal ini dilakukan maka akan membuat value for money ninja250fi semakin berat untuk melawan cbr250fi. Jadi menurut motogokil, kawasaki tidak akan melakukan mayor facelift untuk menantang cbr250rr, apalagi jika powernya tetap sekitar 32 hp.

Memang langkah yang paling realistis, jika ternyata tahun 2016 pasar ninja250 fi tergerus dengan cepat oleh cbr250rr adalah dengan memunculkan motor sport 250cc yang lebih powerfull. Dan jika hasil survei kmi menunjukkan bahwa, yang menjadi daya tarik utama motor sport 250cc adalah performa dan konfigurasi engine, maka tidak pakai lama ninja 4 silinder akan segera keluar. Menurut bocoran pembesar kmi, ninja 2550fi 4 silinder akan keluar tahun 2017.

Sebelumnya mari kita lihat generasi awal motor sport kawasaki 4 silinder yaitu zxr 250. Motor ini merupakan tandingan yang sepadan bagi sport 250cc lainnya seperti honda mc22. Berikut ini spesikasinya

Jpeg

Dari segi power dan torsi jelas mesin kawasaki 4 silinder ini punya kelebihan (45 hp @ 15000 rpm dan 24.5 N.m @ 11500 rpm). Dan bagi speedlover tentunya performa seperti ini sangat menggiurkan. Akan tetapi jika dilihat pada posisi putaran engine berapa peak power dan torsinya….tinggi banget bro, ready for race.

Motor ini memang sangat layak buat balapan di sirkuit, tapi kalau di jalan umum lumayan lemot bro. Sekarang mari kita bandingkan speknya dengan rival yang mengancamnya, yaitu cbr250rr pada bagian bore x stroke dan rasio kompresinya, terlihatlah sedikit kendala pada zxr250 ini, yaitu stroke yang lebih pendek, sedangkan cr nya lebih tinggi.

Jpeg

Dengan stroke yang jauh lebih pendek, pada putaran engine yang rendah (di bawah 6000 rpm) torsi yang diberikan engine terasa kurang nendang. Sehingga menuntut rider bermain di rpm tinggi diatas 10000 rpm, bisa terjadi saat lalulintas macet/padat. Hal inilah (mungkin) yang dihindari honda, karena mesin akan panas (lebih panas jika siang + udara jalan yang juga panas) dan boros. Kemudian rasio kompresi yang cukup tinggi, yang mana bbm yang cocok minimal pertamax+, akan membuat rider cukup sulit menemukan spbu yang sedia pertamax +.

Jadi untuk menghindari kendala seperti ini, jika kawasaki benar akan menelurkan engine 4-silinder untuk motor sport-nya, maka kemungkinan besar stroke-nya akan lebih panjang dan cr-nya diturunkan menjadi 11.5 atau 12. Tidak bulat-bulat mengadopsi engine zxr250 lemudian diganti sistem pengabutannya dengan sistem injeksi. Dan apesnya jika fc yang diinginkan tidak terlalau boros dan masih bisa minum pertamax, maka powernya tidak akan jauh dari cbr250rr. Selisih sekitar 2-3hp saja.

Begitulah opini motogokil, jika kawasaki terpaksa harus merilis ninja 250fi 4 cylinder inline. Lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

24 responses to “Jika Kawasaki Merasa Perlu, Maka Sport 250R 4 Silinder Memang Harus Lahir

  1. realistisnya sepertinya cukup dengan lampu depan led dan menawarkan TBW + Throttle response control racing. Masyarakat lagi demam teknologi motogp.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/08/02/tempat-pengisian-premium-dikurangi-kualitas-pertalite-akan-juga-meningkat/

  2. Maintenancenya makin mahal nih 4silinder

  3. yang diinginkan orang kebanyakan itu efek “ziinggg ziingggg” fitur segudang CBR 250 RR bisa kalah dengan efek emosional itu (berkaca dengan gagal totalnya CBR 250 R…kalo ngeliat perbandingan 1 silinder —-> 2 silinder kan hampir mirip dengan 2 silinder —> 4 silinder)

    • diinginkan tapi bisa kebeli gak? kalau pengen sih pasti banyak banget yang pengen termasuk gw wkwkkw.. soalnya ini bisnis yang mikir untung penjualan..

      http://kobayogas.com/2016/08/01/tujuh-alasan-anda-tidak-membeli-honda-cbr250rr/

      • Yang beli pasti ada, masalah laris manis yah kek kata idola lu time will tell laagh…

      • beda 30 jt gede bang,

        kecuali bagi yg duitnya ngak berseri kaya lawyer,

        tapi bagi mereka yach mending moge 4 cylinder sekalian toh??

        sptnya konsumen moge ngak musingin suara, tuh hd kaya helikpoter,

        menurut saya itu keinginan konsumen 250 cc mayoritas.

        pengin naek moge beneran tapi dgn harga 250cc

        • Loh moge kan banyak kekurangannya cem pajak, dll
          HD itu sudah masuk segmen lain, dia bakalan tetap dibeli karena memang disukai dan jadi simbol status
          Orang indo sukanya sensasi moge+pajak murah+gaya
          30 juta itu dapet ancer2 darimana om?

          • khan ninin abs hampir 70 , anggap 4 cylinder abs 100 jt

            khan sisa 30 , batas atas yach

            batas bawah 25.

            maksudnya hd suara bisik, ngak zing-zing.

            kalu 4 clynder khan sdh ada di moge 600 cc ke atas,

            jadi yg ngidam 250cc 4 cylender, yach konsumen mayoritas 250 cc

          • oleh karena itu,

            yg ngidam 4 cylinder karena suaranya

            adalah konsumen 250cc yg mau naek kelas

            tapi ngak mau pusing pajak dll,

            jadi pasti ada batas toleransinya,

            konsumen moge bisa saja beli buat sehari-hari,

            motor ke 3 lah istilahnya

            tapi presentasinya sptnya sedikit dibanding konsumen mayoritas kls 250 cc tadi

  4. bukan tidak mungkin kawasaki akan mengeluarkan yg 4cyl, toh yg dia jual buat konsumen yg menginginkan prestige saza..

  5. Harga juga tidak realistis kecuali kalo hanya mengedepankan suara dan pride dengan mengabaikan performa

  6. Sebetulnya spek tekno N250fi atopun R25 tetap aja banyak peluang buat diupgrade agar setara dg cbr25rr, ya wajar aja krn cbr kluar plg terakhir mka fiturnya ya paling komplit…
    Meningkatkan fitur motor2 250cc 2 inline sebetulnya gampang, coz saya rasa harga R25 n N250 tu masih terlalu tinggi, so space antara biaya produksi n harga penjualan masih sangat cukup untuk biaya upgrade, hanya konsekuensinya keuntungan makin kecil kalo harga gak dinaikin juga
    potensi upgrade N250 n R25 msh sangat mungkin, bisa dr segi elektroniknya maupun mekaniknya, TBW, VVA ala VVti, dll msh sangat mungkin ditambahkan
    Ingat, sebetulnya pabrikan japan e.g. YHSK tu sbtulnya punya teknologi segudang buat diaplikasikan produknya tp seengaja membatasi teknologi di produk masalnya buat menekan biaya produksi, namun teknologi ini akan dikeluarkan sedikit demi sedikit (INGAT… SEDIKIT LOH) , istilahnya di icrit-icrit bertahap biar produk2 yg mereka keluarkan berasa makin kelihatan advance

    Betul gak mas dosen??

    • klo di diupgrade cuma buat nandingin spek CBR250rr saat ini ya rugi, AHM tinggal lompat lagi aja major change kyk cb150 sama cbr150 life cycle gen pertamanya dibikin pendek, mau ga mau ya seperti yg dibilang ma pak dosen wait n see kondisi pasar 250 apakah kerebut atau engga ma AHM, klo kerebut ya senjata pamungkasnya 250 cc 4 cyl dikeluarin. dengan kondisi yg udah CKD sekarang ya jgn sampe tembus 90 jutaan klo mo tarung pasar 250

  7. lahirlah… biar seru… mosok cuman cbr aja yang gertak…

    9 tempat wisata keren di Kulon Progo: http://wp.me/p7LBn5-1TY

  8. sebenernya situasinya udah riskan buat kawasaki, krn udh terlanjur ngehembusin isu 4 cyl.. kalo nanti dgn pertimbangan harga dan keuntungan yg keluar cm major facelift, se advance apapun klo tetep 2cyl pasti banyak yg kecewa..

  9. 4 silinder untuk 250cc? Ah

  10. 250 cc 4 cyl ?? Mahal bikinnya trus mau di jual brp ? Klo hampir menyentuh 100 juta.. ngapain 250 cc ?? Gmn2ny semua ATPM bakal membuat motor dgn cost rendah dan bisa dijual tinggi klo untuk motor masal. Untuk menampung power yg sampai 45 HP juga di butuhkan rangka yg bagus buat menyeimbangkan powernya, untuk kompetisi/balap klo cuma 250cc 4cyl bakalan sangat mubazir, motor tambah berat pastiny power max tidak akan keluar, bahkan 2cyl bisa lebih cepat ( bobot lebih ringan lincah dan cost lebih rendah ) 4 cyl pastinya cost maintance juga naik, saat ini malah sudah ada rumor 1000 cc 3 cyl dan 600 cc 3 cyl . pastinya Yakin se yakin yakinnya pabrikan macam honda yamaha kawasaki suzuki bisa bikin motor berapa pun silindernya dgn power yg sangat besar.

  11. untuk kompensasi biaya riset and development, mau gak mau harus bisa masuk pasar global (baca: eropa/north america), tantangan beratnya, dengan power/torsi main di rpm tinggi, bisa gak lolos euro 4? euro 5?

    cuma ngandelin pasar asia keknya agak berat deh.

  12. Sudah waktunya Ninja diup-grade jadi dua setengah cylinder wkwkwkwk……

  13. Biasanya Ninja baru cuci muka klo CBR baru nongol 🙂

  14. Pingback: Honda CBR 250 RR Tembus 40 PS ? Biasa Saja…Sudah Terprediksi Sejak Lama di Motogokil | Rider, Mechanic, Engineer, Researcher

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan