Suzuki Telah Menyiapkan Hayabusa Versi 2021 Euro-5, dengan Power Lebih dari 200 HP

 

Assalamu’alaikum wa rochmtullohi wa baroaktuh

Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita di perjalanan sampai ke tujuan

Mungkin suzuki gerah karena suzuki hayabusa 1300 bukan lagi menjadi yang tercepat, maka terus melakukan riset untuk menebus kekalahannya ini. Baru saja terungkap paten terbaru suzuki yang disinyalir adalah hayabusa 2021. Dari beberapa gambar peten menunjukkan bahwa kehadiran motor ini di tahun 2021 semakin nyata [karena untuk versi tahun 2020 masih berbasis hayabusa saat ini-artikel].

Banyak pencinta kecepatan (speed lover) yang masih belum bisa menerima jika hayabusa disuntik mati (diskontinyu). Karena suzuki hayabusa merupakan ikon kecepatan yang melegenda dalam 20 tahun terkahir. Namun pamor memudar ketika kawasaki meluncurkan ninja h2 yang mampu menembus kecepatan 400 kpj, padahal kubukasinya hanya 1000 cc.

kawasaki ninja h2r 300hp-motogokil

 

Selain itu suzuki hayabusa berhadapan dengan pembatasan emisi progresif yang diberlakukan oleh Eropa dengan Euro 4. Dan suzuki hayabusa tipe saat ini tidak bisa memenuhinya, akan tetapi masih bisa dijual eropa (diberi perpanjangan) sampai akhir 2018. Oleh karena itu GSX-R1300 (hayabusa) menghilang dari katalog Merek Jepang awal tahun ini 2019. Artinya akan ada hayabusa generasi baru, dan itu ditunjukkan dengan hadirnya paten terbaru di atas.

Paten terbaru jelas harus mampu memenuhi standar emisi euro-5. Dan hal tersebut dapat dilihat dengan adanya catalitic converter yang cukup besar di bawah engine hayabusa. Secara umum hayabusa yang baru tidak tampak revolusioner, sehingga tampak tidak jauh berbeda dengan versi 2020. Akan tetapiĀ  tampak sasis yang sama sekali baru dan sekilas memberikan kesan bahwa sasis ini lebih ringan.

2021 hayabusa patent 2-motogokil

Mengikuti standar emisi euro-5 tentu saja dapat menurunkan powernya. Padahal hayabusa yang harus mampu menjawab tantangan motor lain semacam kawasaki ninja h2r yang mempunyai power lebih besar. Dan menurut sumber yang dapat dipercaya dari jepang, bahwa kapasitas engine hayabusa akan naik 100 cc, menjadi 1440 cc.

2021 hayabusa patent 3-motogokil

Melihat gambar paten pada bagian engine, tampak bahwa tidak terjadi perubahan besar. Menurut iwf hanya sekedar upgrade peningkatan power dengan cara bore-p. Dan penigkatan power sangat mungkin tanpa harus menempatkan power puncak pada putaran yang lebih tinggi. Sehingga tetap menggunakan profil camshaft dengan overlap rendah, Dan hal ini memudahkan untuk mencapai standar euro-5 dengan kapasitas engine 1440 cc.

Nah sekarang mari kita hitung apakah penambahan 100 mampu meningkatkan powernya sampai lebih dari 200 hp dengan sedikit perubahan pada variabel lainnya.

hayabusa 2021 performance upgrade-motogokil

Dengan hanya merubah bore silinder dari 81 mm menjadi 84 mm, kapasitas silinder naik 100 cc, dari 1340 cc menjadi 1441 cc. Dan tentu saja powernya juga naik, dari 194 hp menjadi 208 hp. Sepertinya untuk motor standar, power sebesar ini sudah cukup tinggi. Dan jika kurang tinggi, yang di-upgrade lagi seperti yang sudah-sudah (sudah banyak yang mencoba meng-upgrade power dari engine hayabusa ini).

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoag bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh

 

Untuk melengkapi referensi lainnya mengenai superbike dan teknologinya, silahkan lihat beberapa artikel lain yang tidak kalah menariknya serta bermanfaat :

 

Advertisements

$where = 0;

3 responses to “Suzuki Telah Menyiapkan Hayabusa Versi 2021 Euro-5, dengan Power Lebih dari 200 HP

  1. Dan lagi engine Hayabusa itu termasuk “gampang dioprek”, engine favorit istilahnya, kalau di tanah air macam enginenya Honda Tiger, Yamaha RX-King, atau Kawasaki Ninja S/RR 150. Just pendapat saya.

  2. masa motor hampir 1500cc supercharger power kalah sama cbr rrr.
    pa lagi klo di circuit pasti gak bisa jabanin motor model gini. buat apa jg buat motor kencang2 buat top speed jalan lurus doang macam h2 hayabusa. hemmmm….
    klo mau adu kencang ya di ciruit bos.udah ada ajang pembuktian.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan