Gila !!! Suspensi Kawasaki ZX10R 2018 Lebih Mahal Dari CBR250RR. Apa Kelebihannya ?


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Kawasaki posisif menggunakan electronic suspension dari showa pada zx10r se terbarunya. Suspensi ini sangat canggih, karena mampu beradaptasi dengan kontur jalan/track, juga style rider. Karena pada suspensi ini diaplikasikan sistem elektronik untuk mengatur tingkat tekanan dan rebound secara real time.

Untuk melakukan pengontrolan tersebut, maka ada piranti canggih yang mengaturnya yaitu ECU. Dimana ia akan menerima masukan dari sensor, selanjutnya ecu akan memberikan respons sesuai dengan setingan dari mekanik, atau user sesuai dengan yang dikehendaki. Bagaimana prinsip kerjanya ?

ECU (oranye) menerima informasi stroke (gerakan naik turun dari as shock breaker) yang diberikan oleh sensor. Kemudian informasi tersebut diolah untuk menghasilkan sinyal yang akan diberikan pada selenoid valve. Kemudian selenoid akan mengatur besar-kecilnya lubang oli untuk memberikan tekanan dan rebound yang paling sesuai.

Makanya pada shock breaker belakan dan suspensi depan ada kabelnya. Tidak lain adalah untuk memberikan sinyal pada selenoid tersebut. Berikut ini penampakannya

Kotak hitam kecil itulah ECU sebagai otak yang mengatur tingkat kekerasan dan rebound yang berlangsung secara real time saat motor dikendarai. Sedangkan selenoid valvenya berada di bagian yang berkabel pada suspensi tersebut, bisa dilihat di bawah ini

Jadi selenoid akan diberi tegangan oleh ECU dengan level tertentu. Sehingga batang pilot akan naik turun, sehingga saluran oli untuk langkah kompresi dan rebound berubah-ubah diameter/lebar penampangnya. Dari perubahan ini maka kompresi dan rebound yang diberikan juga berubah (adaptif).

Suspensi elektronik yang diaplikasikan pada kawasaki zx10r ini termasuk dalam katagori semi aktif. Dan sudah diaplikasikan pada motor-motor lain seperti ducati multistrada dan bmw 1200 dengan nama berbeda. Suspensi canggih sudah pasti mahal, mau tahu harganya ? Untuk merek ohlins harganya di atas 75 juta mas bro, mahal banget, lebih mahal dari cbr50rr.

Nah yang lebih mahal masih ada mas bro. Yaitu suspensi aktif yang benar-benar canggih dan cerdas. Yang mana suspensi ini tahu betul bagaimana membuat pengendara nyaman, nyaris tidak merasakan getaran. Nanti kita bisa carakan dalam artikel lain mengenai macam-macam suspensi mulai dari yang jadul sampai yang tercanggih.

Sementara sampai disini dulu mas bro sekalian. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

3 responses to “Gila !!! Suspensi Kawasaki ZX10R 2018 Lebih Mahal Dari CBR250RR. Apa Kelebihannya ?

  1. Perasaan suspensi showa yang balance free buat arrc udah hampir seharga motornya sendiri

    Hmm,,,

  2. makin gak berasa naik motor nih. berasa terbang jadinya.hehehe

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting