Moge Unik Tapi Sangar dan Bertenaga, Triumph Rocket 3 2020. Bagaimana Komparasi dengan Rivalnya ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah menyelamatkan kita saat di perjalanan dan mensejahterakan kita saat di tujuan.

Jarang-jarang iwf ngebahas moge (motor gede) apalagi katagori triumph rocket 3 yang gede banget. Karena bukan maqomnya iwf, hampir nggak mungkin beli karena mahal banget, juga karena motor seperti ini kegedean bagi iwf yang berpostur kecil. Iwf tertarik ngebahas triumph rocket 3 ini karena beberapa hal yaitu sistem transmisi akhir yang unik dan kapasitas engine yang besar.

Sekarang mari kita tengok sistem transmisi bagian akhir yang unik dari triumph rocket 3 …

Bagian shaft akhir dari engine ke roda menggantikan fungsi rantai. Mirip seperti mobil, mungkin ini merupakan cara terbaik untuk menyalurkan engine dengan torsi besar ke roda seperti halnya moge-moge lainnya seperi honda goldwing, bmw k1200r, kawasaki z1300, moto guzzi stelvio, suzuki vl1500 intruder, yamaha fjr 1300 dan lain-lain. Kalau dilihat spesifikasi di buku manual triumph rocket 3, drive shaft tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, lihat gambar berikut.

Akhirnya iwf terpaksa menyelidiki sistem dan bagian penggerak belakang dengan menggunakan drive shaft seperti ini. Ini yang menjadi unik karena memang iwf belum pernah bersentuhan dengan penggerak akhir model gini. Sedangkan yang menarik lainnya dari triumph rocket 3 adalah engine-nya yang bongsor, gede banget, segede engine-nya mobil. Pertama lihat sih iwf kira engine-nya 6 silinder kaya honda goldwing. Nggak tahunya cuma 3 siliinder, artinya satu silinder kapasitasnya 819.3 cc, bisa dibayangin seberapa gede silindernya…hampir 1 liter.

Dan triumph rocket 3 versi 2020 ini performanya telah ditingkatkan dibandingkan versi sebelumnya. Berikut ini penampakan grafik powernya

sumber : bennetts

Dan menurut review dari test rider mcn, secara keseluruhan nilai dari triumph rocket 3 adalah sebagai berikut :

sumber : mcn

Sepertinya penilaian yang diberikan bagi triumph rocket 3 my2020 lebih dari lumayan. Kalau dinilai pakai standar 0-100, ya 80 lah, dan cukup untuk dapat A (kurus). Dan memang kalau dibandingkan dengan rival-rivalnya memang kapasitanya paling “wah” dalam rentang harga tersebut.

Kalau dibandingkan dengan rival terdekatnya di aspek harga misalnyaharley davidson fxdr, ducati xdievel, honda goldwing secara performa triunph rocket 3 masih di atas dari sisi power apalagi torsinya. Satu motor gede yang bisa menyaingi triumph rocket 3 di bagian power adalah yamaha vmax. Akan tetapi power yang besar tersebut diperoleh vmax pada putaran yang jauh lebih tinggi, sehingga akhirnya fuel consumption-nya lebih boros.

Sedangkan jika ditinjau dari aspek torsi maka triumph rocket 3 adalah rajanya. Ngga ada yang ngalahin meskipun oleh yamaha vmax. Dan besarnya torsi 225 peroleh pada putaran mesin yang cukup rendah yaitu 4000 rpm. Menjadikan akselerasinya paling gesit, meskipun mengusung bobot seberat 291 kg.

Sementara itu dulu ulasan sekilas komparasi triumph rocket 3 my2020 dibandingkan dengan rival-rivalnya. Masih ada beberapa bagian yang ingin iwf ulas (maklum motor keren dan mahal pasti banyak yang eksotik dan menarik untuk diulas). Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Moge Unik Tapi Sangar dan Bertenaga, Triumph Rocket 3 2020. Bagaimana Komparasi dengan Rivalnya ?

  1. Nice info gan

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan