Paten Motor Superbike Honda V-4 Terungkap, Bisa Jadi Sebentar Lagi Akan Diproduksi

superbike honda crv1000 engine

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Halo bro2 pencinta superbike, penampakan paten dari mesin konfigurasi V yang dibenamkan dalam motor dengan bodi cbr1000 telah terungkap. Dari penampakan posisi pompa air radiator, sudut mesin dll mendekati bentuk dan konstruksi mesin balap motogp rcv1000r. Pembenaman mesin V ini bisa jadi untuk meningkatkan prestasi superbike honda di kelas WSBK dan yang lainnya. Berikut penampakan paten-nya.

Bentuk motor dan mesinnya.

body honda superbike v4

Penampakkan mesin

mesin dan radiator

Emang masalah buat kita? Lha wong nggak mungkin juga bisa kebeli oleh kebanyakan kita, walaupun sudah diproduksi.

Tapi nggak apa2 lah buat menambah pengetahuan, yaitu ternyata memang mesin dengan konfigurasi V memiliki sejumlah keunggulan dibanding mesin segaris/inline. Berikut sedikit komentar dari Troy Corser, mengenai kemenangan Max Biagi yang sudah cukup gaek/tua dengan menuggangi Aprilia RCV4, padahal lawannya masih muda2, semangat dan kuat. Corser mengatakan,

“Mesin V4  memiliki power delivery yang halus dan merata, power bandnya lebar, ya kaya mesin Honda gitu deh (mungkin maksudnya rc212v). Dengan power band yang lebar dan rapih, pembalap mendapatkan kemudahan, tidak terlalu kedodoran dan kerepotan akibat menjaga rpm mesin”.

Karena kelebihannya tersebut mesin V sering digunakan untuk motor2 turing/cruiser seperti VFR, HD, V-max dll. Selain itu  mesin dengan konfigurasi V memiliki  kelemahan, yaitu getarannya lebih besar (biasanya diakali dengan balancer), lebih berat, lebih banyak komponen dan lebih mahal.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

14 responses to “Paten Motor Superbike Honda V-4 Terungkap, Bisa Jadi Sebentar Lagi Akan Diproduksi

  1. Pertamax

  2. sangarr.. kapan ya vtr 250 bs dijual resmi disini (ngayal dulu)

  3. Kayak’y bakal di bikin CB250F 2Cylinder konfigurasi V tuh, awas awas ah…

  4. Mungkin inilah yang akan jadi cikal bakal motor sport yang dijual di tanah air nantinya…mungkin kelas 250 cc suatu saat bisa mengaplikasikannya.

    Ijin titip artikel sederhana saya kang, nuwun…

    http://www.ototips.com/rumor-demi-performa-suzuki-satria-f-enggan-tinggalkan-karburator.html

  5. Pantesan vtr mahal! 😀 motor korea aja bisa mahal gara-gara mesin v, apa lagi honda? 😀 haha…

  6. kalau dari segi teknis gimana analisanya masbro? antara inline sama V?

    • Sepertinya sudah ditulis bro :
      “Mesin V4 memiliki power delivery yang halus dan merata, power bandnya lebar, ya kaya mesin Honda gitu deh (mungkin maksudnya rc212v). Dengan power band yang lebar dan rapih, pembalap mendapatkan kemudahan, tidak terlalu kedodoran dan kerepotan akibat menjaga rpm mesin”.

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan