Mesin Matik Honda SH150i Versi Tahun 2020, Mudah Diupgrade Power-nya Jadi 21 PS

my20_HONDA_SH125_Valve_Train

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah menyelamatkan kita semua di perjalanan sampai ke tujuan

Honda memiliki 2 basis engine untuk skuter matik 150-nya. Yang satu mengedepankan efisiensi engine (vario 150, pcx 150 dan adv 150) dan yang satu lagi mengedepankan performa (sh150i). Iwf menyimpulkan ini karena dua engine ini secara konfigurasi beda, yang satu square yang satu lagi overbore.

Menurut iwf, generasi kedua (engine sh150i 2020) berusaha tetap mempertahankan volume silinder 150 cc, akan tetapi ingin menjejalkan 4 klep di dalamnya. Maka sesuai karakter engine 4 klep, bore harus diperbesar. Agar volumenya tetap, ya sebaliknya stroke harus diperpendek. Maka jadilah engine sh150i 2020 overbore 4 klep 156 cc.

Dan tentu saja engine ini punya kelebihan dan kekurangan. Karena stroke-pendek maka torsinya turun, akan tetapi terbantu dengan naiknya volume silinder, sehingga justru torsinya tampak naik. Akan tetapi alih-alih mepertahan torsi, konsumsi bensin pasti naik, apalagi kompresinya tinggi banget (12:1) harus pakai pertamax turbo yang relatif lebih mahal.

Akan tetapi dilain sisi engine ini sangat mudah untuk diupgrade. Karena variabel standarnya masih jauh dari kinerja maksimum. Jadi jika dimaksimumkan akan memberikan peningkan performa yang sihnifikan. Berikut hasil analisis tipis-tipis iwf…

Berdasarkan informasi spesifikasi penting yang dikeluarkan secara resmi oleh honda, maka iwf dapat perkirakan seperti inilah hubungan antar variabel–variabelnya.

variabel performa honda sh150i std

Ada beberapa variabel yang tampaknya sangat rendah nilainya, biasanya dipilih demia mencapai efisiesni dan durabilitas yang tingg. Karena itu masih bisa dioptimasi, bahkan besar besar sekali pengarunya terhadap peningkatan performa. Bagian tersebut adalah :

  1. Power puncang yang rendah, padahal konfigurasi engine overbore, otomatis pistonspeed masih jauh di bawah batas aman. Masih bisa tingkatkan, misalnya 10000 rpm.
  2. Efisiensi volumetrik yang masih standar banget, masih mudah untuk ditingkatkan dengan ubahan-ubahan ringan, misalnya dinaikkan jari 85%
  3. AFR yang relatuf kering, dengan sedikit mengkayakan afr, tentusaja tenaga akan meningkat, misalnya menjadi 12,6.

Sekarang mari kita simulasikan, sejauh mana peningkatan powernya…

variabel performa honda sh150i upgrade

Powernya naik dari 16.86 ps menjadi 22.09 ps, alias naik hampir 30%. Apa yang haru dilakukan untuk mendapatkan peningkatan ini :

  • Untuk meingkatkan VE, maka harus ada modifikasi di sektor filter udara dan porting intake, serta aplikasi camshaft dengan overlap yang sedikit tinggi
  • Seting afr dan posisi peak power pakai ecu racing.
  • Knalpot juga harus dibenahi mengimbangi peningkatan VE.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochamatullohi wa baroaktuh.

 

Untuk melengkapi referensi bacaan mengenai skuter matik kelas 150 di tanah air, simak juga beberapa artikel yang tidak kalah menariknya di bawah ini, in sya Allah bermanfaat :

Dan masih banyak artikel lain yang juga menarik tentang yamaha nmax, yamaha aerox, honda vario 150, pcx 150, adv 150 dan matik lainnya.

 

 

Advertisements

$where = 0;

14 responses to “Mesin Matik Honda SH150i Versi Tahun 2020, Mudah Diupgrade Power-nya Jadi 21 PS

  1. wow. di atas motor sport batangan ya kang iwan

  2. Matic?hitung jg lost powernya

  3. Mantab mbah analisa sampeyan. Tapi aku malah mumet.
    He he . .

  4. 22 PS setara dengan Pulsar 220, Thunder 250 TSCC, Apache 200 4V, Pulsar NS 200

  5. Pengen belajar banyak lagi nih….

  6. Om. Hitung juga kemungkinan power zx25R om.
    Boleh minta rumusan excelnya om ?

    • boleh
      pada dasarnya engine 250 sudah lumaya optimal, tapi kalau kawasaki berhasil memperkecil rugi-rugi gesekannya maka power yang keluar akan lebih besar lagi

  7. lagi dan lagi… aku hanya bisa mengagumi tanpa bisa memahami semua artikel teknis…. but a nice info pak…

  8. Edian… naiknya banyak Om… Sayangnya ini mongtor masih impor… Jadi susah belinya Om… soale harganya nggilani…

  9. mantap nih. andai saja mesinnya dipakai di adv misalnya pasti lebih gampang di oprek

  10. Jadi inget artikel Wak haji taufik kalo typikal artikel teknis gini..
    Btw potensi powernya Ngerihh yak..!

  11. buset sangar bisa jadi 21 ps…
    pengen juga upgrade power ADV…

  12. sangar nih potensinya,. tapi musti diingat, konsumen indonesia masih suka pke BBM busuk,. jadi agak sedikit mubadzir,.

  13. Pingback: Perkawinan Stroke PCX 150 dan Bore SH150i Ver.2020 Lahirkan Engine 165 CC, dengan Power 20 HP | Rider, Mechanic, Engineer, Researcher

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan