Apa Kehebatan Hypersport Pro Electric Superbike Bikinan BlackBerry-Damon Motorcycle ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah senantiasa menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua di manapun kita berada.

Perkembangan kendaraan listrik semakin pesat dan sulit dibendung. Banyak yang melihat masa depan (visi) yang menguntungkan jika menjadi leader di sektor ini. Termasuk perusahaan telekomunikasi yang pernah jaya dengan blackberry-nya ini. Blackberry (qnx) menggandeng sebuah startup pengembang motor listrik demon motorcycle untuk membangun sebuah motor listrik yang “anti crash”, alias anti kecelakaan, yang dinamakan

” Hypersport Pro Electric Superbike “

Lalu apa kehebatan spesifikasi dari motor ini sehingga bisa memiliki kemampuan anti crash ? Perhatikan gambar yang dicuplik dari flyer

Jadi ada banyak instrumen yang mendukung motor listrik hasil kolaborasi blackberry-demon ini, yaitu :

  • Performa motor listrik nya mantab (powerful)
  • Ergonomi rider yang bisa diatur secara elektronik
  • Ditanamkan sistem co-pilot yang mengolah informasi dari radar, beberapa kamera dan sensor yang banyak jumlahnya untuk mengetahui kecepatan, arah objek bergerak di sekitar motor. Sehingga dengan informasi ini, co-pilot mampu membangun sistem peringatan dini (warning system) secara menyeluruh 360 derajad. Sistem ini dinamakan (sudah dipatentkan) Advanced Warning System for Motorcycles (AWSM)

Kira-kira fitur cangguh yang ditawarkan Hypersport Pro Electric Superbike ini bisa dibayangkan dari gambar ini :

Selain itu, yang mungkin tidak terbayangkan adalah motor ini memiliki algoritma  yang mampu belajar berdasarnya informasi yang diserapnya melalui sensor-sensor dan kamera. Jadi awalnya motor ini ditanamkan suatu algoritma cerdas (AI). Kemudian motor ini dibawa (dikendarai) sejauh beberapa ribu kilometer untuk menyerep informasi. Dari informasi ini kemudian diuji untuk mengetahu tingkat kecerdasan sistemnya.

Dan hasilnya sistem ini mampu mendeteksi dan mengantisipasi kecelakaan pada semua sisi dan semua kondisi lingkungan dan lalulintas. Bersamaan dengan itu dengan koneksi selular,berbagai  skenario terjandinya kecelakaan akan direkam. Data ini kemudian akan dikirimkan ke paltform cloud yang telah ditentukan. Kemudian sistem yang dibangun blackberry akan memberdayakan AI (artificial intelegent) yang dapat secara terus-menerus mempelajarinya dan membangun algoritma baru. Kemudian secara berkala akan dikirimkan kembali ke motor untuk meng-update algoritma yang sudah ada sebelumnya. Sehingga sistem AWSM pada motor akan menjadi lebih cepat dan memuaskan dalam memberi peringatan ke rider akan adanya potensi bahaya disekitarnya.

Jadi initinya motor listrik yang dibangun oleh blackberry qnx dan damon motorcycle ini punya misi khusus. Yaitu mengoptimalkan faktor kenyamanan dan keamanan baik bagi rider juga bagi pengguna jalan lainnya. Mengenai apa itu motor listrik bisa lihat di artikel ini dan apa itu artificial intelengent bisa dilihat di sini. Oh ya motor ini akan dipamerkan di CES 2020 tanggal 7 januari 2020 besok di las vegas.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Simak juga beberapa artikel mengenai motor/mobil listrik yang tidak kalah menariknya, sekaligus melengkapi referensi bacaan yang bermanfaat :

Motor Listrik :

Mobil Listrik:

Teknologi Kendaraan Listrik :

 

Advertisements

$where = 0;

3 responses to “Apa Kehebatan Hypersport Pro Electric Superbike Bikinan BlackBerry-Damon Motorcycle ?

  1. Wow keren juga desainnya mirip Yamaha R series

  2. Wowww… canggih bang dosen….
    Btw.. knpa ya si motorcycle Kings.. honda yamaha suzy n kawak sepertinya tdk serius masuk di segmen electric motorcycle.. ??
    malah seakan2 selalu menunjukkan ribetnya n kelemahanya drpda kelebihanya..
    contoh PCX listrik yg cmn mahal doang tp power “sak-uprit”, yamaha juga cmn bikin sekelas sepeda listrik, kawak jg bikin segede ninja tp power jg mini… seakan HYSK cmn demo kelemahan electric bike drpda potensi yg bs diperolah…

    lihat aja Tesla, Energica, Zero motorcycle… mantep bnr kendaraan listriknya..

    • mereka riset dan develope
      tapi nggak rame
      selama sepeda motor berbasi spark ignition engine mereka laku, yang akan terus begitu

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan