Kerjasama Energica dan Samsung Lahirkan Proyek Motor Elektrik Smart Ride


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar di korea. Dan tentu saja pikiran langsung menuju produk smartphone sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Sedangkan energica adalah sebuah perusahaan penghasil motor listrik tidak perlu diragukan lagi pamornya. Karena ialah yang ditunjuk secara resmi oleh FIM sebagai pemasok motor sport elektrik untuk kejuaraan dunia moto-e.

Dan ketika kedua perusahaan raksasa ini berkolaborasi, maka lahirlah proyek “smart ride”. Yang merupakan kombinasi motor elektrik konsep bolid-e dan teknologi baru yang dikembangkan samsung. Teknologi yang dikembangkan dalam proyek ini adalah :

  • Penggunaan kamera high-definition cameras yang terintegrasi pada bagian depan dan belakan bolid-e. Tampilannya dapat dilihat dalam dua divais samsung yang terpasang di dashboard motor laksana kaca pintar (intelligent mirrors). Jadi bisa berfungsi layaknya kaca sion dan juga bbisa berfungsi sebagai divais HUD. Dengan kamera yang terpasang di depan rider bisa menganalisis penghalang dan ancaman di depan.
  • Koneksi bluetooth dan NFC antara motor elektrik Energica Bolid-E dan jam samsung galaxy. Owner/rider dengan jamnya dapat melakukan :
    • unlock motor
    • mengetahui posisi motor
    • memperlihatkan peta/map secara live dengan mengirimkan data ke spartphone

CEO Energica, Livia Cevolini menjelaskan :

“…We have gone beyond the status quo offered by current technology, creating a new know-how. By creating innovation. I hope that the Energica and Samsung visions connected in this new Smart Ride project can be an inspiration for electric mobility in Italy and beyond its borders.”

Berikut ini beberapa detil lainya dari bolid-e smart ride

Orang sono kalau mendisai motor serius banget ya. Pantas saja hasilnya keren-keren. Semoga saja menginspirasi builder di tanah air. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan