Harley Davidson Rilis Motor Cruiser Elektrik Pertama di Dunia

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin baru saja pabrikan motor cruiser paling terkenal di dunia asal amerika serikat merilis motor listrik cruiser pertamanya. Motor ini sekaligus menjadi motor cruiser elektrik pertama di dunia, yang kemungkinan besar menjadi kiblat pabrikan motor cuiser lainnya. Motor ini dilepas dengan harga paling rendah 29.799 usd, waduh mahal banget ya, entah sampai tanah air jadi berapa.

Beberapa spesifikasi yang disampaikan adalah :

  • High-voltage battery (RESS; Rechargeable Energy Storage System) , baterei tegangan tinggi jenis Lithium-ion cells dengan rumah alumunium cor (cast-aluminum). Mampu menempuh jarak 235 km lancar atau 152 km stop and go (macet)

  • DC Fast Charge untuk mencapai 80% membutuhkan waktu 40 menit dan untuk 100% dalam 1 jam.

  • Power setara dengan 78 kW (105 hp) dengan top speed 177 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3.5 detik. Hampir 100% torsi yang dihasilkan motor listrik dapat disalurkan ke ban belakang dalam waktu yang sangat singkat, karena tanpa gearbox.

  • Dilengkapi Reflex™ Defensive Rider Systems (RDRS) yang mampu memberikan kepercayaan lebih pada pengendara dan pengontrolan yang mumpuni mendekati kondisi ideal. Sistem ini mampu melakukan pengaturan  saat menikung dengan memberdayakan ABS (Anti-lock Braking System), Traction Control System (TCS) and Drag-Torque Slip Control System (DSCS) dengan cara merubah torsi pada roda belakang. Prosesnya dibantu oleh inertial measurement unit (IMU) 6 aksis and ABS sensor technology.
  • Menyediakan 7 mode (karakteristik performa) yang bisa dipilih secara eektronik. Setiap mode terdiri dari kombinasi power, regenerasi daya, respon throttle dan seting-an kontrol traksi. Mode yang bisa dipilih adalah merupakan kombinasi 3 mode dari mode sport, road, range, and rain, yang bisa diprogram sesuai keinginan.

  • Terkoneksi dengan dunia luar melalui telekomunikasi selular (LTE) yang didukung oleh Panasonic®. Rider dapat menghubungkan smartphone-nya dengan aplikasi Harley‑Davidson™ App. Dengan sistem ini rider dapat mengetahui kondisi bagian-bagian fital dari motor, misalnya kondisi baterei, lokasi dalam peta (GPS) dan beberapa peringatan keamanan (treking posisi ketika motor dicuri).

Beberapa fitur lain yang fiatnya umum sebagaimana sepeda motor tidak iwf sebutkan. Bisa langsung lihat di situs resminya di sini. HD electric livewire ini siap dipasarkan di tahun 2020 nanti, sepertinya akan ada orang kaya Indonesia yang akan membelinya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Harley Davidson Rilis Motor Cruiser Elektrik Pertama di Dunia

  1. Rider Kalem99

    Ngerihh….
    teknologi kita jauuhh di belakakng

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan