Bentley EXP 100 GT, Mewah-Cerdas-Canggih. Sekali Charge Mampu Menempuh Jarak 700 KM

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin tanggal 10 juli 2019, merupakan tahun ke-100 bagi bentley, menjadi  tonggak pencapaian yang luar biasa. Dan keberhasilan ini dirayakan dalam bentuk yang spesial yaitu me-launching bentley exp 100 gt, yang merupakan wujud evolusi mobil bentley selama 100 tahun terakhir. Karya ini juga sebagai perwujudan visi bentley sebagai mobil mewah masa depan.

Namanya juga mobil mewah pastilah mahal, dan dipenuhi oleh fitur-fitur mewah, mahal dan poweful. Berikut ini beberapa fitur yang sangat menarik untuk disimak, dipelajari dan dicontoh dari bentley exp 100 gt ini :

  1. Powerful (performa tinggi), pembangkitan daya mobil listrik dengan baterei (BEV), pastinya zero emission. Dengan beberapa keistimewaan yaitu :
    • Dengan bobot 1900 kg, mampu berakselerasi dari 0-100 km dalam waktu 2.5 detik
    • Kecepatan maksimum 300 km/jam
    • Baterei super kuat, dengan kapasitas 5xlebih besar dibandingkan baterei konvensional.
    • Pengecasan (fast charging) dari 0-80%  dalam waktu 15 menit saja dan pengecasan otomatis dapat dilakukan oleh bentley personal assistant. Satu kali cas dapat menempuh 700 km
    • Intake udara pasif dan aktif di grille depan, mendinginkan drivetrain dan baterai yang menggerakkan motor listrik mobil yang kuat. Udara yang tidak diinginkan disalurkan keluar dari mobil di bagian belakang untuk membantu aerodinamika.
  2. Future High Technology (teknologi tinggi masa depan), karena menerapkan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegent/AI) dalam memberikan pelayanan bagi penumpangnya.  Pelayanan cerdas yang mampu diberikannya adalah :
    • Bentley personal assistant, sistem yang terintegrasi yang mampu memaksimalkan kenyamanan, meningkatkan sensasi emosional sekaligus menyimpan kenangan selama dalam perjalanan dan memonitor kesejahteraan penumpang
    • Fully autonomous, alias bisa jalan sendiri. Sistem ini mampu mengelola pengalaman berkendara berdasarkan lingkungan eksternal. Memaksimalkan self-drive yang menggembirakan saat melintasi jalan gunung, atau melepaskan diri dari perjalanan dalam kota yang penuh tekanan (macet).
    • Roda Aero Aktif yang secara dinamis yang mampu menyesuaikan untuk memberikan efisiensi atau nuansa kinerja maksimum, ban Pirelli Cerdas yang mengadaptasi patch kontak mereka berdasarkan kondisi cuaca atau permintaan pengemudi.
    • Tempat Duduk Biometrik yang Dapat Diadaptasi dan tiga konfigurasi yang berbeda.
  3. Luxury (mewah), kemewahan merupakan daya tarik utama dari semua mobil bentley. Karena itu unsur kemewahan ini sangat diutamakan dalam exp 100 gt ini, diantaranya adalah :
    • Eksterior Bentley EXP 100 GT yang ramping dan berotot mengeksplorasi arah desain masa depan merek. Ini menggabungkan DNA Bentley. R-Type Continental yang memukau di bagian belakang, lampu depan bundar yang tumpang tindih dengan Bentley Blower yang anggun.
    • Dibangun dengan aluminium ringan dan serat karbon, Bentley EXP 100 GT berukuran panjang 5,8 meter dan lebar hampir 2,4 meter.
    • Pintu pengemudi dan penumpang memiliki lebar dua meter dan berputar ke luar dan ke atas. Jika terbuka penuh, mereka naik hingga hampir tiga meter.
    • Warna cat eksterior baru dibuat menggunakan pigmen Colourstream khusus yang mencerminkan spektrum warna musim gugur yang indah. Pigmen ini dibuat secara sintetis menggunakan abu sekam padi, sebuah daur ulang limbah industri beras.
    • Pencahayaan eksterior ekspresif Bentley EXP 100 GT dinamis dan dramatis. Titik fokus adalah kisi-kisi matriks cerdas dan menyala dan maskot Flying B yang hidup kembali ketika seseorang mendekati mobil.
    • Di bagian belakang, layar OLED 3D di mana efek pencahayaan dapat berbaur dengan lampu belakang.
    • Di dalam kokpit mewah, pengrajin Bentley telah membawa kerajinan tangan denan bahan-bahan alami terbaik seperti kayu, kulit dan kaca berpadu sempurna dengan cahaya, menciptakan lingkungan interior yang unik yang dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental penumpang.
    • Cahaya diserap dari lingkungan sekitarnya melalui atap kaca inovatif yang tertanam dengan prisma yang mampu mengumpulkan cahaya dan memindahkannya ke kabin menggunakan serat optik.
    • Bentley Personal Assistant adalah bagian tengah dari konsol utama dan divisualisasikan menggunakan kristal menyala dari Cumbria, Inggris.
    • Pencahayaan ambient juga dapat dimodifikasi untuk menciptakan suasana hati tertentu atau lingkungan eksterior.
    • Tempat Duduk Biometrik yang Cerdas dan Beradaptasi dapat dikonfigurasikan dalam tiga cara berbeda, tergantung pada apakah pemiliknya mengemudi atau menggunakan mode otonom. Sensor biometrik memantau suhu, posisi penumpang,dan kondisi lingkungan untuk menghadirkan kenyamanan terbaik. Permukaan kursi reaktif merespons posisi penumpang selama berkendara, mampu melacak pergerakan mata dan kepala, bahkan tekanan darah.
    • Sistem kartrid di tengah menghadirkan barang dan layanan mewah, yang tersimpan di bagian bawah kabin. Fitur utamanya  adalah Decanter Air Murni dan Kacamata Kristal.
  4. Sustainability Inovation (Inovasi yang berkalnjutan). Pada aspek ini bentley melakukan beberapa terobosan yaitu :
    • Pendekatannya keseimbangan pelestarian dunia dan diri penumpang
    • Semua tampilan menggunakan antarmuka yang sederhana dan intuitif yang mencakup tampilan informasi OLED transparan di pintu,
    • Kaca yang gelap secara otomatis, dan layar hiburan depan untuk menampilkan film, video langsung, dan media lainnya ketika dalam mode mengemudi otonom.
    •  Pilihan material interior unik yaitu Copper Infused Riverwood (kayu berkelanjutan dari pohon-pohon tumbang alami yang telah dipelihara selama 5.000 tahun di rawa gambut, danau, dan sunga)
    • Hand and Lock adalah perusahaan bordir yang berbasis di London yang menggunakan teknik tradisional untuk panel pintu yang mampu menciptakan integrasi tanpa batas antara bahan yang berbeda dan pola bordir kontemporer yang indah.
    •  Bridge of Weir Leather of Scotland bekerja membuat dari bahan kulit alami yang lembut dengan hasil akhir Super Natural, ini akan menjadi tolok ukur Bentley untuk material alternatif mewah di masa depan.
    • Fitur kurasi udara dan suara yang mampu meningkatkan kesehatan bagi penumpang, yang meningkatkan kewaspadaan di kabin. Sebagai contoh :
      • Mode Capture; membawa lingkungan eksternal ke dalam kabin, menciptakan pengalaman berkendara terbuka tanpa menurunkan atap.
      • Sistem pemurnian udara terletak di ruang boot untuk memurnikan udara sebelum dimasukkan ke dalam kabin, dengan ventilasi udara yang dapat dipasang di rak penumpang belakang dan ventilasi statis di panel penumpang depan. Ventilasi udara berombak memberi kesan bahwa mobil itu bernafas dan hidup. Kadar CO2 di kabin terus dipantau untuk menjaga kualitas udara.
      • Selain menangkap aroma eksterior, Bentley telah mengembangkan aroma unik yang dibuat atas warisan Bentley yang kaya, menggabungkan cendana dan lumut segar.

Widiih banyak banget ya fitur-fiturnya, maklum mobil mewah berharga (mungkin) di atas 20 milyar rupiah. Intinya bentley mencoba menghadirkan semua konsep baru mobil masa depan yang merupakan perpaduan sempurna antara performa, teknologi dan keindahan seni hasil olahan tangan.

Tonton videonya di sini

Iwf memposting bentley exp 100 gt ini bukan bermaksud untuk mengajak pembaca bersikap hedon. Akan tetapi memotivasi pada para pembaca yang mempunyai visi jauh ke depan, bahwa kita sangat jauh tertinggal. Oleh karena itu harus dilakukan usaha yang sungguh-sungguh dalam mengejar ketertinggalan ini.

Bisa dibayangkan nggak beberapa term berikut; kabin cerdas, kursi cerdas, ban cerdas dan lain-lain yang serba cerdas. Jika kita membuat yang manual saja kesulitan, apalagi membuat yang otomatis dan cerdas ? Tentu yang membuat harus jauh lebih cerdas dibandingkan yang dibuat, iya kan ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Sumber : Bentley

Advertisements

$where = 0;

One response to “Bentley EXP 100 GT, Mewah-Cerdas-Canggih. Sekali Charge Mampu Menempuh Jarak 700 KM

  1. Wih.. teknologinya bikin minder bang dosen…
    Sy br mo bikin sepeda listrik aja mash mumet …

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan