Tidak Ingin Ketinggalan BMW Juga Riset Motor Superbike Listrik, BMW E-Power Roadster Concept

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua selagi di perjalanan sampai ke tujuan.

Ternyata semua pabrikan besar sudah mewaspadai alih teknologi kendaraan (termasuk sepeda motor) dari penggerak motor bakar menuju motor listrik. Begitu pula dengan pabrikan besar asal jerman seperti bmw, para insinyur mereka sudah menyiapkan superbike dengan penggerak motor listrik dengan nama bmw e-power roadster concept (masih dalam konsep/prototipe). Dan akan terus disempurnakan menuju produksi masal beberapa tahun ke depan.

Motor listrik ini menginngatkan kita pada motor bmw s-1000r. Dan memang desain awalnya dari motor tersebut, terlihat dari headlamp-nya yang sama. Sementara gardan penggerak roda belakang menggunakan milik bmw r 1200 rs. Desain yang spesial adalah kerangka multi tubular, yang memang khusus didisain untuk mampu menggendong batrai dengan ukuran yang amat besar.

Motor konsep bmw ini terlihat gambot dan memang masih cukup berat, yaitu 290 kg. Dan menurut para perancangnya, bobotnya masih bisa dikurangi sampai 30 kg (menjadi 260 kg) pada tahap produksi masal. Dan baterenya disiplai oleh divisi mobil yang telah lebih dahulu melakukan riset.

Beberapa spesifikasi yang ingin dicapai adalah :

  • Power 134 hp
  • Torsi 200 Nm
  • Akselerasi 100 km / jamĀ  dalam 2,9 detik (kurang dari 0,2 detik dari S 1000 RR)
  • Kecepatan maksimum pada 160 km / jam
  • Bobot sementara 290 kg, tetapi bisa diringankan menjadi 260 kg dalam model produksi di masa depan.
  • Tipe pengisian daya fast charging batere full dalamĀ  1 jam dan mampu digunakan untuk menempuh jarak 200 sampai 300 km.

Yang mungkin jadi pertanyaan adalah :

” Motor listrik kok pakai radiator ? “

Ternyata untuk kedaraan listrik bertenaga besar dengan akselerasi yang kuat, batere akan mengalami peningkatan suhu yang sangat tinggi dengan sangat cepat. Suhu yang tinggi dapat memperpendek umur batere bahkan bisa membuat batere rusak. Padahal harga baterenya sangatlah mahal, mungkin setara dengan harga 1/22 motornya. Sehingga untuk mendinginkannya tidak cukup dengan aliran udara segar, tapi harus dibantu dengan radiator.

Saat ini kita terjajah oleh motor-motor merek jepang dengan penggerak motor bakar jadul. Kita asyik menikmati motor-motor baru mereka, padahal kebaruannya sangat minim dan tidak esensial. Nah sekarang tinggal kita nih bro….apakah kita akan ketinggalan lagi dalam penguasaan teknologi motor listrik ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Tidak Ingin Ketinggalan BMW Juga Riset Motor Superbike Listrik, BMW E-Power Roadster Concept

  1. Pingback: Tidak Ingin Ketinggalan BMW Juga Riset Motor Superbike Listrik, BMW E-Power Roadster Concept | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan