Sekilas Analisis Alasan Mengapa YIMM Tidak Mengizinkan NVL Untuk Balap Indoprix


NVL no Race

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Ternyata YIMM tidak mendukung NVL untuk ikut balapan di indoprix kelas sport 150 cc. Hal ini bagi sebagian pengamat dan komentator menimbulkan tenda tanya, mengapa ATPM sekelas YIMM tidak mau mendukung NVL untuk balapan. Ada yang pro dan ada yang kontra, yang pro dengan pelarangan ini adalah karena YIMM telah mempersiapkan motor lain (YZF R15) yang memang layak untuk balapan, sedangkan yang kontra akan mencibir YIMM takut menurunkan NVL karena takut teknologi motoGP yang dibenamkan di NVL tidak terbukti performanya untuk balapan.

Dari pada ikut ramai dalam pro dan kontra para komentator, lebih baik kita bersama2 memperhatikan analisis dari beberapa spek yang (mungkin) menyebabkan YIMM melarang NVL untuk ikut balapan, yuk kita simak….Dari spek standar mesin NVL kita bisa memperhatikan dan menganalisis beberapa bagian yang sangat penting terkait dengan peningkatan pereforma yang dibutuhkan saat balapan.

  1. Konstruksi noken as yang SOHC menyebabkan posisi sudut klep menjadi besar sehingga membatasi gerakan klep terkait dengan rpm yang tinggi dan profil nokenas high performance (durasi, lift dan overelap yang besar). Jika dipaksakan maka kemungkinan antar klep beradu semakin besar, dan hal ini bisa mengakibatkan kerusakan mesin saat berkitir pada rpm yang sangat tinggi, baca artikel terkait.
  2. Lebar bore yang lebih kecil dari kompetitor, bore-nvl = 57 mm, sedangkan bore cb150r = 63.5mm, sehingga memeiliki keterbatasan dalam meningkatkan VE pada kecepatan tinggi. Dengan lebar bore yang yang lebih kecil, otomatis diameter kelp in dan ex nya juga kecil2 sehingga membatasi eksplorasi di sisi gas speed, baca artikel terkait.
  3. Stroke yang lebih panjang dari kompetitor, stroke -nvl=58.7 mm dan stroke-cb150r = 47.2 mm. Kondisi ini mengakibatkan NVL memiliki resiko yang lebih besar jika peningkatan power dikaitkan dengan peningkatan rpm yang melewati batas aman, baca artikel terkait
  4. Jumlah percepatan NVL setingkat di bawah kompetitor, nvl 5-speed, sedangkan cb150r 6-speed. Kondisi ini menjadikan nvl kurang fleksibel dalam meramu rasio transmisinya menghadapi perubahan2 trek yang ada, baca artikel terkait.
  5. Konstruksi sasis dan bodi yang mementingkan kestabilan, hal ini mengakibatkan nvl menjadi kurang lincah dalam masuk dan keluar tikungan.

Beberapa bagian ini bisa saja di-upgrade untuk mendapatkan performa yang optimal dalam mengikuti balapan, tentunya dengan dana yang (mungkin) lebih besar dari pada yang dikeluarkan kompetitor untuk mendapatkan performa yang sebanding. Sedangkan hasil oprekannya masih harus terus dilakukan monitoring dan evaluasi untuk menghindari kegagalan saat race.

Dengan pertimbangan2 ini yang mana jika hasil balapan tidak moncer, malah justru memberikan “image negatif” bagi motor sport yamaha, maka bisa jadi YIMM lebih memilih untuk menunda keikutsertaannya dalam balap indoprix, sampai yzf r15 diproduksi secara lokal. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan YIMM tetap mendukung tim2 balap yang menurunkan vixion/nvl secara prevateer dari belakang layar, berupa pendanaan dan lain2.

Mengenai gambaran kasar (draft) mempersiapkan vixion/NVL untuk ikut indoprix sudah ane ulas dalam beberpa artikel, monggo dibuka2 :

  1. Perdiksi power yang akan dibangkitkan
  2. Meningkatkan efisiensi volumetrik
  3. Mengoptimalkan profil nokenas/camshaft
  4. Tuning saluran intake/masuk
  5. Optimalkan saluran exhaust / knalpot
  6. Meracik komposisi rasio transmisi /gigi versneleng

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga mermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

135 responses to “Sekilas Analisis Alasan Mengapa YIMM Tidak Mengizinkan NVL Untuk Balap Indoprix

  1. NVL itu commuter, bukan sport sejati. Teknologi MongtorGP tapi lawan Tormax ngap2an. Syedih…
    Maaf tidak bermaksud BC

  2. By the way trus apa bedanya dengan R15? Mesin sama kan bro? Berarti sama2 susah dioprek dong? Cuma unggul di 6 speed aja.
    Banyak yang mencaci karena selama ini rider NVL banyak yang tengil di jalan, berasa paling kencang. CB150 yang klotok2 rompal swingarm patah aja berani, masa NVL yang dianggap motor sempurna oleh FBY ga berani turun? Gimana ga dijadikan bulan2an oleh FBH?
    Di sini pembaca melihatnya sebagai justifikasi klo NVL ga berani head2head dengan CB, padahal perang di dunia maya udah panas banget.
    Para FBY sering BC dengan jargon 6 detik dan 2,2 km, tapi begitu mau diadu head2head malah mengkeret ga berani. padahal… di sinilah saat pembuktian, siapakah yang terbaik. Haha…
    Sayang sekali.

  3. Point 1- 3 apa bedanya NVL dg R15 bro…?

    Bukankan dihampir smua pengetesan, baik di Dyno maupun di jalanan Versi Majalah R2 maupun para bloger selalu menempatkan NLV diatas CBSF…? Ada apa dgn smua ini…?

    YIMM beralasan Sirkuit yg ada tidak safety tuk Race 150cc, lalu mengapa mereka PD ketika memakai R15…bukankah R15 = YIMM beralasan Sirkuit yg ada tidak safety tuk Race 150cc, lalu mengapaYIMM beralasan Sirkuit yg ada tidak safety tuk Race 150cc, lalu mengapa mereka PD ketika memakai R15…bukankah R15 = YIMM beralasan Sirkuit yg ada tidak safety tuk Race 150cc, lalu mengapa mereka

  4. Point 1- 3 apa bedanya NVL dg R15 bro…?

    Bukankan dihampir smua pengetesan, baik di Dyno maupun di jalanan Versi Majalah R2 maupun para bloger selalu menempatkan NLV diatas CBSF…? Ada apa dgn smua ini…?

    YIMM beralasan Sirkuit yg ada tidak safety tuk Race 150cc, lalu mengapa mereka PD ketika memakai R15…bukankah R15 = 150cc…?

    Bukankan sasis dan Frame NVL = Delta Box yg lebih rigid..?

    Bukankan tagline NVL adalah Motor Sport Teknologi Moto GP…?

    • maksd om eko : tidak safety untk mesinnya, bakal malu

    • Maaf ganggu bentar, kalau dikira kira YIMM gak mau produknya ketahuan posisi negatif nya karena akan mempengaruhi pangsa pasar dan harga jualnya. ( NVL rajanya motor sport, teknologi moto GP )

  5. hahaha…..
    mungkin yamaha akan turun dengan nvl kalau sampeyan yang jadi mekaniknya….
    wkwkwk….
    gile men, nvl bisa lari 210 kpj diatas kertas….
    ayam gw aja pada ketawa….wkwkwk…

    oh ya…, mau tanya, piston speed jupiez karbu indoprix yang sampa 14.600 rpm itu berapa m/s..?, atau jupiz1 yang sampai 14.000?

  6. takut ngebul pstiny.

  7. yamaha tidak mengijinkan atau tidak mendukung…?
    turun balap butuh riset dan biaya…, kabarnya yamaha udah fix turun dengan r15, jadi tunggu aja r15. ngapain ngabisin biaya dan tenaga untuk riset nvl kalau cuma mo dipake 1 kali race…? walaupun mesin r15 dan nvl sama, tapi gearbox, aerodinamik, serta whellbase beda. itu masing2 butuh riset.

  8. eh…, kalau cebong yang 32 hp itu bisa lari berapa ….? 250 kpj..?
    hahaha….. motor moto3 aja kalah tuh…
    malah hampir sama dengan moto2 yang larinya 260-280 kpj di trek 1km sirkuit motogp….

    hahaha……

  9. hem….gpp gak turun deh….yg penting gak kalah keren dijalan….

    apa materialnya kurang ciamik yah….

    http://wisnu3ds.wordpress.com/2014/03/05/ducati-motogp-mulai-lapar/

  10. Padahal ikut aja kan sudah tehnologi motogp,dan mau kalah juga ada alasan sohc lawan dohc tapi kalau menang raja pasti ditangan

  11. Jadi intinya kalo dipake balapan bisa rompal ya kawan????

  12. Teknologi MotoGP yg percuma, numpang keren aja ama motoGP. Cerita sales

  13. Teknologi motogp kok takut balap indoprik,malah alasan kurang safeti segala,klo disentul kurang safety kenapa dijalan raya srantal sruntul apa dan gimana arti safety bagi yimm?

  14. Yang katanya ninggalin 6detik per lap itu bukannya ga berani cuma malu sama kecepatannya dijalan raya, semua melongo melihat fby bawa motor dijalan raya,padahal cb udah kalah 6detik per lap kenapa ya?

  15. Sudah ditebak… Komuter akan tetap jd komuter….

  16. intinya, itu utk saat ini NVL udah diset hampir optimal. klo turun balap, bakal rentan jebol kali yah, atau mau ningkatin material bisa mentok regulasi

    lha si CB apa fu, utk saat ini masi punya potensi jauuuh diatas NVL utk dikembangkan lagi buat turun balap, tanpa ketakutan jebol

    gitu ajalah, gak usah ngeles pake safety dll

    klo alasan safety, kenapa jupi z dengan rangka bebek begituan turun dsana 😀

  17. mungkin kalo pake r15, walopun potensi mesin hampir mirip sama nvl, tapi handling jauh lebih sip…daripada nvl harus rubah sana-sini ujung2nya biaya lebih mbengkak…

    http://lovemybike.wordpress.com/2014/03/05/honda-rs125-nova-sonic-pahe-dari-filiphina/

  18. malam pak.dosen, penjelasanya mantap. .!!
    sip dan gamblang. .

    tapi kebanyakan para demit, komentator dari fbh fbk dan fbs pada mengolok olok, nvl karna mereka pada msh ego dan blm brfikir dari sudut pandang yg lain tidak smart dan logis,

    harusnya sdah tau lwat artikel ini. .
    karna pikiran mereka msh awam, asal kenceng kenceng dan kenceng mau dohc pada gengsi dan bergaya, PKOKE BUANTER KENCENG . .
    dan menjelekan nvl, hahaha jelas2 nvl mtor racikan harian komuter yg irit,
    nek dipekso balap yo ajur rek. .

    masak burung disuruh nyelam air?
    masak kapal disuruh nanjak digunung?
    wkwkwkw
    mau race kok mekso mtor harian,
    race ya serahkan cb dohc cbr thailand ama r15. .

    semua sudah ada porsi dan peruntukanya betul gag pak.dosen. .??

    • ya begitulah, semua sudah dihitung teliti oleh pabrikan, dan sudah ada peruntukannya
      jika ingin diubah menjadi motor balap, tentunya biaya akan berbicara, ada uang ada performa

    • Ya jstru lucu dg.. Mereka jualan di segment sport ko.. Msa ngaku motor sport tpi gak mau turun d sirkuit??
      Apa phak yimm salah segment ktka menggelontorkan nvl ke pasar? Hrusnya nvl masuk segmen bebek irit atau sport wanna be dg..
      Bisa kena cekal krna menipu konsumen (blg mtor sport tp fktanya cma motor harian).
      Kan Kasian para fby slama ini…

      • Nggak semua sport di set buat balapan kali……, contohnya verza, sport tapi buat heavy duty work. Lagian dari awal kan emang dibilang NVL itu motor buat komuter, bukan buat race.

        Ane juga masih heran nih, apa yg membedakan NVL sama R-15, soalnya banyak yang bilang NVL=R-15 ga pake baju + ompong 1. Semoga aja balapan gado2 tahun ini cukup menarik untuk dilihat 😀

        • Trus nvl mau disejajarkan dgn versa??
          Versa itu sejatinya motor bebek rasa laki..dgn megapro aj msh dibawahnya. Versa : cs1

          • kapan ane nyama-nyamainnya gan… ane cuma mau bahas statement yg ini

            Ya jstru lucu dg.. Mereka jualan di segment sport ko.. Msa ngaku motor sport tpi gak mau turun d sirkuit??

            ane cuma mau bilang motor sport itu ga mesti race oriented, banyak tipe2nya tergantung kebutuhan.

    • jadi gini kang, ini semua kan ulah fby sendiri yang sangat-sangat mencibir CB150R. sering banget para FBY nge-BC CB150R. Mereka selalu mengatakan bahwa NVL adalah motor TOB MARKOTOB KELAS DEWA. Nah ternyata setelah ada balapan resmi ini barulah kena batunya. Ternyata motor yang selama ini diagung-agungkan itu gak bisa dan gak boleh buat balapan. Sementara CB150R yang udah diolok-olok dan di BC sana-sini ternyata masuk spek untuk balap.
      Jadi pertanyaane adalah mana yang kemaren gembar-gembor, koar-koar motor paling kuenceng sejagat, motor paling sempurna sejagat, motor paling ngguanteng sejagat..? diajak balapan beneran ternyata under spek. Kelakuan FBH ini sebenernya yang mengawali ya FBY sendiri. Sekarang FBY Kena batunya….
      Mo Ngomong apalagi sekarang wahai para FBY…. He..???

      • Bener bro, yg nyerang motogokil karena oprekan cb bisa 32hp, yg bilang cb ketinggalan 6dtk di sentul. Jadi bener2 kena batunya. Kalo nanrt r15 kalah juga terus gimana dong dg nvl?

    • iya rencananya tahun depan nvl mo ganti model jadi bebek biar ga di suruh balap ma CB

    • bukankah r15 SOHC juga ya ?

  19. sip dan gamblang. .

    tapi kebanyakan para demit, komentator dari fbh fbk dan fbs pada mengolok olok, nvl karna mereka pada msh ego dan blm brfikir dari sudut pandang yg lain tidak smart dan logis,

    harusnya sdah tau lwat artikel ini. .
    karna pikiran mereka msh awam, asal kenceng kenceng dan kenceng mau dohc pada gengsi dan bergaya, PKOKE BUANTER KENCENG . .
    dan menjelekan nvl, hahaha jelas2 nvl mtor racikan harian komuter yg irit,
    nek dipekso balap yo ajur rek. .

    masak burung disuruh nyelam air?
    masak kapal disuruh nanjak digunung?
    wkwkwkw
    mau race kok mekso mtor harian,
    race ya serahkan cb dohc cbr thailand ama r15. . yg jelas spec race

    semua sudah ada porsi dan peruntukanya betul gag pak.dosen. .???

    • Tong lu liat dulu komen2 di blog sblah, yg di-BC aslinya bukan yamaha tp fby + eko n dedengkotnya yg songgongnya minta ampun kek lu, sllu jumawain teknologi motojipi n salam 6 detik… Ahh nyatanya cuman ngedubruss bsanya trek2an di jalan pasar…pembohongan konsumen…
      Yamaha jepang udeh bener tuh emg montor didesain sgtu ya jgn dipaksain…

  20.  

     

    Pengecut ngganya Yamaha n alasan Yamaha ngeles…, tapi menurut gue > mungkin YIMM itu tetap kekeh > kalau balap motor batangan resmi itu harus motor sport full fairing dalam hal ini R15 dan CBR 150 memenuhi kriteria tsb…
    (sayangnya CBR 150 itu CBU)

    gini om…

    mau itu motor batangan / sport cuma 125cc atau 150cc cocoknya yang full fairing bukan naked bike…, kalau CB 150 harus dimodif pakai fairing biar aerodinamis…

    ini lagi regulasi ngaco underbone FU dipaksakan ikut turun pakai modif nambah tangki…

    masalah DOHC / SOHC ngga ngaruh kalau cuma dimotor 150cc…, ingat faktor kemenangan sebuah motor di sirkuit yang meliuk2 itu bukan cuma spec engine di atas kertas, banyak faktor pendukung lainnya..

    di-link ini mungkin bisa jadi pencerahan…
    Mengenal Bentuk Fairing MotoGP
    https://id-id.facebook.com/note.php?note_id=206568722734130

    Terus NVL katanya turun lewat tim privater > ini juga benar apa ngga yang jelas sama ngaconya kalau benar turun…

    Wajar kalau FBH jumawa secara spec mesin CB 150 sudah DOHC di-atas SOHC nya R15 n NVL…

    Tinggal tunggu hasilnya aja !

     

     

  21. pirate of cloud

    bro,bukannya NVL ama R15 HAMPIR SAMA?
    apa bedanya?klo cuma transmisinya ama make fairing itu cuma beda tipis..mgkn NVL g pke fairing kurang aerodinamis buat disirkuit dan transmisinya yg 5speed krg bisa fight sama yg transmisi 6speed..tapi di Indonesia apa sih yg gak bisa??
    noken as,bore dan stroke juga sama..noken as sama2 SOHC,bore 57mm stroke 58,7..di Indonesia klo noken as kan byk mekanik bisa diatur durasi,lift ama LSA nya..
    kecuali,,R15 itu DOHC, overbore..laen ceritanya
    kemungkinan seperti itu tipis

  22.  

     

    Pengecut ngganya Yamaha atau alasan Yamaha ngeles…, tapi menurut gue > mungkin YIMM itu tetap kekeh > kalau balap motor batangan resmi itu harus motor sport full fairing dalam hal ini R15 dan CBR 150 memenuhi kriteria tsb…
    (sayangnya CBR 150 itu CBU)

    gini om…

    mau itu motor batangan / sport cuma 125cc atau 150cc > mungkin kata YIMM itu cocoknya yang full fairing bukan naked bike…, nahh kalau gitu CB 150 harus dimodif pakai fairing > biar aerodinamis…

    ini lagi regulasi ngaco underbone FU dipaksakan ikut turun pakai modif nambah tangki…

    masalah DOHC / SOHC ngga ngaruh kalau cuma dimotor 150cc…, ingat faktor kemenangan sebuah motor di sirkuit yang meliuk2 itu bukan cuma spec engine di atas kertas, banyak faktor pendukung lainnya..

    di-link ini mungkin bisa jadi pencerahan…
    Mengenal Bentuk Fairing MotoGP
    https://id-id.facebook.com/note.php?note_id=206568722734130

    Terus NVL katanya turun lewat tim privater > ini juga benar apa ngga > yang jelas sama ngaconya kalau benar turun > berarti NVL harus dimodif pakai faring juga dong…

    Wajar kalau FBH jumawa > secara spec mesin CB 150 sudah DOHC di-atas SOHC nya R15 n NVL…

    Tinggal tunggu hasilnya aja !

     

     

  23. R15 dan nvl mesinnya sama aja, tapi R15 berfairing, yang artinya lebih pantas untuk turun balapan sport, jadi ngapain pake nvl kalau ada r15..?

    ngapain pake z250 kalau ada ninja 250..??

    • berarti lebih pantas jupiter karena ada tebengnya? atau yimm lagi mumet? jupiter mesinnya sudah diubah sedemikian rupa, tapi nvl malah takut turun? yang kebalik otaknya sapa nih?
      jujur saja kalau yimm takut pamor jualan nvl turun karena kalah balapan di sirkuit. itu lebih logis dan masuk akal

    • klo gitu cabut iklan teknologi motor jipi dll, percuma to digembar gemborkan. yimm harus minta maaf kpd publik. klo r15 gapapa lah pake iklan moto jipi

  24. Apapun motornya,Yang penting minumnya teh gelas(Rp.1000)…. Mantap analisanya…. 😀
    http://warungasep.wordpress.com/2014/03/05/ngobrol-bersama-anak-club-kawasaki-ninja-ciamis-knc/

  25. salah satu team privater atw bengkel di IRS VJ Racing Speed, pke vixion 5 speed overstroke
    Link facebook tambahin https : //
    Link YouTube tambahin http : //

    m.facebook.com/vhanz.vjrs?refid=52

    m.facebook.com/pages/VJ-RacingSpeed/185025054848386
    (ecu yz450f 13rb rpm utk vixi dan ecu ecm 13rb rpm cbsf)

    @vixion vj racing speed 12000++ rpm (krna mentok jarum tachonya)
    m.youtube.com/watch?v=1o4UwShmpDo&hl=en&gl=ID&client=mv-google&guid=

    @vixion 13300 rpm ecu fsrtech di malaysia
    m.youtube.com/watch?v=goG4mZ0t9k0&fulldescription=&1&hl=en&guid=&client=mv-google&gl=ID

    @OMR vixion 2012
    m.youtube.com/view_comment?v=xf9JRyY2Y9Y&client=mv-google&gl=ID&hl=en&guid=

    • materialnya standar ato dah ganti om. macam titanium atau mungkin berrilium. klo gak diganti . apa kuat buat blpn 10 – 15 lap. r15 kmrn ja dah ganti jeroanya. masa ini sdh 13rb msh stdr jeroannya.

  26. Kalau menurut saya ini hanya masalah alasan bisnis saja. Selama NVL masih jadi raja dalam penjualan 150cc kayaknya YIMM masih ogah nurunin buat balap. Kalau nanti kalah dibalapan bisa berpengaruh terhadap penjualan NVL. Apalagi marketnya terus digerogoti pabrikan sebelah. Mungkin beda kasus dengan R15, dimana motor ini disini baru, butuh promosi buat narik konsumen ke penjualan, salah satunya ya diturunin dibalap, kalau menangkan bisa jadi promosi kalau motornya jagoan dibalapan. Kalau alasannya komuter kok buat balap, menurut saya mau itu Ninja 250, CBR250/150, R15/NVL, selama itu motor dijual bebas lalu kebanyakan dipakainya buat harian (sekolah, kepasar, anter jemput anak, dll) sama aja itu motor komuter, bedanya “mungkin” cuma pakai fairing dan telanjang doang.

  27. tenang tim privateer atw bengkel tetep turun full kok di IRS 2014, meski 5 sipit sohc oper sirup sesuai permintaan spaya sudi ngevoor (ngepur) tim lawan dohc 6 sipit operbero 😀

    • seharusnya yimm malu lho ya…masak kalah ma bengkel pinggir jalan yg berani trun dg old vixi.pdhl old vixi gak ada yg livery motogp nya…
      itu sinchan vs jupi z1 oprex indoprix ane ttp jagoin si jupi….

    • ijin komen bro…
      si cb sama fu itu kan dohc n overbore.secara mmg utk explore performa lebih mumpuni di banding sohc krn mesin dpt berkitir di rpm yg lebih tinggi.masalah output power yg didpt sebesar yg dituliskan bro ivan adl hitungan matematis.
      real output yg didapat bisa lebih tinggi ato rendah tergantung settingan(noken as,semprotan bhn bakar dr injektor/karbu dll).
      apakah setiap cb yg turun di race disetting kyk yg bro ivan tulis,kan tidak.tergantung masing2 tukang kilik/mekanik tiap2 team kan…
      bisa saja mekanik menggunakan material yg bagus,dg tujuan output power jg tinggi.kayak penggunaan titanium,berilium,forged piston dll.kan intinya di dana dan regulasi pada akhirnya

  28. Yg penting yamaha ikut balap 150 mau pake apa terserah mereka… Lha honda kok ga nurunin versa atau megapro.. Tanya kenapa..apa karena sohc trus takut hehehehe cb tuwir juga bisa ngacak2 sentul bro….

  29. yg 13300 rpm (ngukurnya pke dynojet) itu pke uma racing 178 cc, klw yg vj racing itu standart block 150 cc vixion (12000+++ rpm krna mentok jarum tacho) kira2 >12500rpm

  30. Pada dasarnya NVL sudah diubah peruntukannya sbg motor touring, berbeda dengan old vixion yang banyak mekanik yamaha sendiri mengakui performa nya lebih baik.

  31. Berarti selama ini telah terjadi “pembodohan otomotif” dong, wkwkwkwkwkwk……
    Yang dibodohi orang2 yang selama ini mengejek / mengatakan orang Indonesia guoblok karena beli merk tertentu, wkwkwkwkwkwk……..

  32. prtmbangan itu bukannya brlaku jg bwt R15 bos? spek enjin nvl sm r15 kn sama prsis kcuali d jmlah gir. kl mnrt smpean knp yimm brni trn dgn r15 tp tdk dgn vixion?

  33. ah bilang aja
    NIH GUE UDAH PUNYA R15 NEEEH
    SEPORT SEJATI
    PIKSEN MAH HARIAN AJE YEEEE

  34. Baru kali ini cheetah gak berani lawan ayam ma cebong…keekekekek

  35. tetep aja….

    cemen …

    hahahaha..

    copot sqja dah stiker mongtogp nya…. 🙂

  36. Innalilahi wainna ilaihi rojiuun… telah tutup usia komedian Jojon karena serangan jantung…
    selamat jalan jojon….

    nvl ga nyentul hooow ga sesuau iklannya donk…
    teknologi motogp,mubadzir cuman ngadepin cebong sama satria fu aja ciut nyalinya….

    masya Allah…,
    ap iya kalau iklan ga ngibul terus dapur ga ngebul…. ?

    • itu bener adanya bro…

      😀

      karena realitanya begitu, udah ngibul masih aja ngibul lagi… sepertinya mereka bangga dengan kebohongannya…

      😀

      Nauzubillah…

  37. motor ganteng yg fenomenal :mrgreen:

  38. Om permad, klw niat bc gak usah bawa Allah (Tuhan) segala, niat aja sudah salah, betul kan beroo….

  39. wkwkwkwkwkwkwkwk

    masak motor dewa gak berani lawan cebong & ayam???
    jangan – jangan versi majalah r2 cuma hoax lagi??
    katanya nvl = r15 non fairing + ompong 1 apa materialnya juga beda???

    salam parkiran sentul

  40. wkwkwkwk seneng banget ngeliat epbeyek pada kalap membela sesembahannya yang gak kuat balap tim privater aja pake ovix

  41. jual tampang v2

  42. tim privateer cebong vs tim privateer OV menang mana ya?

  43. Seneng banget klw sohc 5 sipit oper sirup sudi ngevoor (ngepur) dohc 6 sipit oper bero 😀

  44. Andai aturan IMI gearbox boleh upgrade 6 speed, ada lagi lebih was2.. 😀

    Di voor 5 sipit sohc opersirup emang harus bngga 😀

  45. bamboo runcing

    Sinchan Cacingan kokokok

  46. NovaSonicRider

    analisa 1 2 3 gk acceptable mas.. jika yang jd acuannya R15, tp beda kasus jika YIMM punya opsi sport 150CC yang bener2 beda spek mesin dr NVL/R15.. (dan bukan byson juga..)

  47. Klw prediksi ane sih om gokil, R15 yg lokal itu R15 v 2 yg sdh close loop, jdi tenaganya mngkin naik sedikit (standartny)

    • kalo menurut ane r15 yang akan dilokalkan, sudah mengalami upgrade di cylinder head nya, mungkin hanya sekedar perubahan sudut klep, tapi dampaknya akan luarbiasa terhadap pengembangan dalam meningkatkan performa.
      Yang kayak gini sering dilakukan oleh suzuki baik dalam mengembangkan smash maupun shogun. Oleh karena itu urusan head motor bebek yang paling oke, cuma ada di suzuki.

      • Nah itu dia, ane juga penasaran banget nih sama spek std R-15 indonesia, klo ada peningkatan performance dari R-15 india dan material yg lebih bagus dari NVL mantep juga strateginya.

        Mana gosip harganya diatas 30 jt, klo persis kaya vixi yang cuma dipakein baju sama nambah gigi ya sungguh terlalu…

  48. laa terus yg enam detik itu bgmn..?
    trek 2,2km bgmn…?
    berarti akal2an dong..

  49. 6 detik emang bener kok cuma spek korekannya jauh udah nyentuh mesin dari atas sampe bawah tapi yang 2,2km????

  50. kalo bisa ngomong tuh sinchan pasti udah melas-melas…

    😀

    please gue cuma komediputer, cuma selama ini fby koplak yang bilang gue motor sport…

    😀

    please fbh maklumi fby…
    mereka emang koplak semua, gue kagak mau balap, gue bukan motor balap…

    😀

  51. ratapan sinchan tak pernah digubris fby…
    kasian sinchan selama ini dipaksa berpura-pura jadi motor sport sama YIMM dan fby…

    😀

    sudahlah sinchan kamu tidak usah berkecil hati, fbh pasti memahami ratapan nasibmu…

    😀

    jangan nangis ya nak…

  52. dari beberapa komentar ada̲ yg bilang cabut aja embel2 teknologi moto jipi,
    emang elu tau teknologi moto jipi yg di terap kan di NVL ntu apa aja ?
    kalo lu g tau mending gak usah sok pinter ngomongin mesin,
    setau gue ada̲ beberapa teknologi moto jipi yg diterapkan di NVL,
    dari forged piston, diasil cylinder, smpai low friction,
    dan itu semua memang teknologi yg diterapkan di moto jipi ymh,

    • La iya poorget piston bla bla yg sanggup main di piston speed 22+ m/s kok ngk berani nyentul bijimane hayuoo?
      Atau bijinye eko yg ilang atu jadinya banci ngk berani …

      Nguokkk…

  53. Tp knp ya penunggang vixion sok jago dijalan?

  54. yang fby lagi sakit hati, yang fbh lagi minta pertanggungjawaban yimm, yang fbs .. ha, ha, ha, musuh ayam aja, yang fbk.. nggak punya kategori …..

  55. tu si cb yg kata nya mesin rompal,klotok2,swingarm patah,downgrade cbr aja berani…vixion ama cb dluan mana brojolnya?
    riset balap cb jg baru thn kemaren….
    vixion yg katanya mesin mirip R15,yg konon katanya bisa ninggalin 6 detik sejauh 2,2 km masak mau di adu ma cb mengkeret di baskom?mana omongan petinggi yimm yg sering bilang “loe jual gue beli”…

    soal vj racing ikut si mlh jozz….dari dlu dah riset tu mesin jupi mx n vixion.anak jmkc ato ymci ato yvc dah pd tau kok riset nya.smg bisa menutupi malu nya yimm nanti nya

  56. Pingback: Kenapa YIMM Bersikukuh Hanya Akan Menurunkan R15 Untuk Balap, Kira-kira Apa Kelebihan R15 Dibanding NVL ??? – UratMalu

  57. mau tanya utk yang punya blog, utk CB, emang yang akan dipakai balapan itu apakah seperti CB yang beredar di pasaran..?? kalo gak, ya udah gak usah koar2 karena ini itu

    sampeyan kan udah pernah tes keduanya, nah secara handling lebih sip mana antara CB dan NVL..??

    kalo memang sampeyan pernah tes CB, gigi 6 CB itu berfungsi sebagai apa..??

    apakah sampeyan tahu ramuan bahan/material CB-NVL yang beredar dipasaran..?? karena sampeyan selalu menghitung ini itu tapi kayak nya gak mempertimbangkan dari sisi kemampuan material

  58. kalo misal (misalnya lho) di balapan nantinya CB kalah, sampeyan bakalan bikin postingan gak ya yang sekiranya CB kalah karena faktor fairing atau karena R15 pake fairing..?? atau harga R15 lebih mahal dibanding CB..?? atau apalagi ya…

    • lha kalau R15 yang kalah, kira – kira alasannya apa yaa,,,?lha kalau suzuki yang menang kira – kira alasannya apa ya… ?

      • kalo R15 kalah ya kalah aja karena sesuai dengan artikel. karena berdasarkan artikel ini, CB ini superior dibanding si SOHC. lha kalo kejadian CB kalah, berarti kan gak sesuai dengan artikel. lha bakalan bikin artikel ‘tandingan’ gak..?? itu maksud pertanyaan saya..

        namun dengan catatan jika memang spek R15 dan vixion identik hanya beda fairing dan transmisi

  59. ijin komen bro…
    si cb sama fu itu kan dohc n overbore.secara mmg utk explore performa lebih mumpuni di banding sohc krn mesin dpt berkitir di rpm yg lebih tinggi.masalah output power yg didpt sebesar yg dituliskan bro ivan adl hitungan matematis.
    real output yg didapat bisa lebih tinggi ato rendah tergantung settingan(noken as,semprotan bhn bakar dr injektor/karbu dll).
    apakah setiap cb yg turun di race disetting kyk yg bro ivan tulis,kan tidak.tergantung masing2 tukang kilik/mekanik tiap2 team kan…
    bisa saja mekanik menggunakan material yg bagus,dg tujuan output power jg tinggi.kayak penggunaan titanium,berilium,forged piston dll.kan intinya di dana dan regulasi pada akhirnya

  60. Pingback: R15 Tidak Dizinkan Ikut Balapan Indoprix, Karena Serba-salah Dengan Sirkuit yang Digunakan Indoprix | motorgoodness

  61. Pingback: R15 Tidak Dizinkan Ikut Balapan Indoprix, Karena Serba-salah Dengan Sirkuit yang Digunakan Indoprix – UratMalu

  62. alasan apapun…intinya YAMAHA kalah (ngeri) sebelum perang….seperti siapa menyangka CBR 250 menghajar habis2an ninja 250 2 cylnder di sentul …

  63. FU is the best la sejauh ini kalo d jalanan jumpa r15 dan nvl ..mau ap coba klo jalnan macet??cuma bisa ngeber” doank..

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting