ganti-oli-bloger

[ DIY ] Ganti Stoplamp CS1, Awas Mika Pecah !!!

Diposting pada

My cessy

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan.

Kira seminggu yang lalu, ane baru sadar kalau lampu belakang (stoplamp) mati. Dengan matinya lampu stoplamp, menjadikan kita luput dari perhatian kalau kita melakukan pengereman, apalagi kalau malam, bisa2 kita di srondol/seruduk dari belakang. Iya kalo yang nyeruduk sama2 motor masih mending, kalau truk gimana ?

Tadi pagi ada kesempatan mampir ke toko sparepart beli lampu/dop untuk menggantu yang putus. Sampai di rumah mulailah membuka 2 skrup yang biasanya mudah terlihat, maklum dop stoplamp termasuk fast moving jadi seharusnya mudah menggantinya. Akan tetapi setelah dua skrup lepas, ternyata mikanya nggak bisa langsung ditarik lepas, ada sesuatu yang masih nyangkut. Ada sela2 sedikit coba dicongkel, tapi tetep nggak bisa, wak kalau ane paksa bisa2 pecah nih mika.

Cover body belakang sampai dibonkar semua, untuk mengetahui posisi yang masih nyangkut, maklum bro dari pertama beli tahun 2009, belon pernah ganti stoplamp, awet juga yah. Nggak taunya memang masih ada satu gigi sangkutan yang masih kuat mencengkram

mika stoplamp

Dan ini pasangannya berupa lubang di pangkon stoplamp nya

pangkon stoplamp

Jadi melepasnya adalah dengan menggunakan obeng min kecil mencongkel pangkon ke atas sambil menarik mika ke belakang. Tapi memang agak susah, apalagi 5 tahun nggak dibuka karena ada penyekatnya berupa doubletape yang masin mengandung pelekat, jadi nariknya harus sabar.

penyekat stoplamp

Setelaha terbuka tinggal copot bohlam dengan menekan dan memutar ke kiri, kemudian ganti yang baru dengan langkah sebaliknya.

semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.