Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Sebenernya berita ini sangat disayangkan, karena banyak rider nvl dan pencinta produk sport yamaha menginginkan vixion,nvl atau r15 turun untuk berhadapan langsung dengan cb150r dan fu. Sebagai pembuktian bahwa mesin generasi vixion memang unggul dan layak dikatagorikan sebagai “Best Engine”. Alasan utamanya adalah masalah “keamanan dan keselamata rider”, jika sirkuit yang digunakan tidak memenuhi syarat. Jika sirkuit yang digunakan sekelas Sentul dan Binuang, tentunya r15 akan diturunkan oleh YIMM.
Tapi, apa iya karena (hanya) alasan tersebut yimm melarang r15 untuk ikut balap sport 150 cc indoprix ???
Alasan mengenai keselamatan pembalap memang sangat masuk akal, karena yimm sangat berhati2 dalam mempersiapkan calon pembalapnya untuk ikut moto2. Meskipun masih ada beberapa pertanyaan yang akan timbul misalnya :
- Bukankah pembalap yang mahir, adalah pembalap yang mampu beradaptasi dengan segala sirkuit ?
- Bukankah sirkuit bisa dikondisikan supaya lebih aman ?
- Bukankan mesin dan sasis bisa dimodifikasi supaya mendukung performa pembalap di semua sirkuit supaya pembalap bisa berprestasi tanpa mengabaikan keselamatan ?
- Dll
Di luar pernyataan yimm dan beberapa pertanyaan di atas, jika kita mau jujur, mesin motor berbasis mesin generasi vixion memang dirancang sebagai mesin yang “efisien”. Mesin yang kompak, irit, durabilitas tinggi, torsi besar di rpm bawah-menengah. Dan memang mesin vixion bisa kenceng untuk harian, tapi bukan untuk balapan, karena rancang bangunnya memang demikian [analisis mengapa nvl nggak diizinkan balap oleh yimm].
Seharusnya dengan hadirnya r15 yimm mampu meberikan atraksi yang menarik untuk berhadapan langsung dengan kompetitor2-nya pada balap indoprix. Karena r15 sudah dibekali dengan banyak kelebihan dibandingkan dengan nvl untuk turun di indoprix [r15 bisa bersaing di indoprix]. Sayangnya (menurut ane) kelebihan2 tersebut jadi serba-salah jika indoprix menggunkan sirkuit dengan tipe internasional dan tipe pasar-senggol. Berikut sekilas analaisisnya :
- Jika menggunakan sirkuit sentul dan binuang, aerodinamik r15 jelas sangat menguntungkan, akan tetapi keterbatasan diameter bore membatasi optimasi efisiensi volumetriknya. Begitu pula dengan strokenya yang relatif panjang dibandingkan dengan kompetitor, membuat performa di rpm tinggi juga terbatas.
- Jika menggunakan sirkuit pasar senggol (trek lurusnya pendek, banyak tikungan kecil2), r15 memiliki keunggulan torsi yang melimpah di rpm rendah-menengah dan ini sangat menguntungkan dibandingkan kompetitor2nya. Akan tetapi dengan wheelbase yang panjang dan bodi yang lebih berat (ada tambahan fairing) membuat kecepatannya ditikungan sedikit terhambat.
Jadi jika mesin sudah terlanjur dipaksa bermain di rpm tinggi dengan memperhitungkan segala resikonya disirkuit sentul, maka ketika menggunakan sirkuit pasar senggol ubahan mesin dan sasis akan sangat ekstrim dibandingkan sirkuit sentul. Jadi seolah balapan indoprix dengan dua model sirkuit ini, membutuhkan 2 motor yang berlainan spek dan setingannya.
Meskipun demikian, seharusnya semua bagian yang terkait dengan keterbatasan yang membatasi performa di atas “masih bisa diakali”. Karena memang mekanik2 tanah air sangat mahir dengan meningkatan performa untuk motor seperti ini (cc kecil).
Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.
Intinya niat saja. Trus berani kagak. Bukannya yang lain juga menghadapi masalah yg kurang lebih sama?
Toeelll
makanya “we wan’t another great sirkit” harus digalakkan
betul, sehingga adrenalin dan energi liar para rider speed freak bisa tersalurkan.
semoga ketika di jalanan umum mereka menjadi lebih kalem, dan lebih mawas diri.
betoel itoe pak
like this..:D
Masih berani Fu, wakkaka 😉
http://potretbikers.com/2014/04/06/duo-kembar-ini-siapa-ya-yang-jadi-kakak/
😆 EpBeYe
Ora mlayu
sebenernya yang di sentul pun ternyata cuma sirkuit sentul kecil yang dipake kog,,,ya murni pasar senggol lah indoprix ini
r15 batal turun di kelas indoprix 150
http://lovemotobike.com/2014/04/05/mengejutkan-hadirnya-r15-ternyata-tidak-membuat-yamaha-indonesia-ikut-berpartisipasi-di-indoprix-150cc/#comment-4121
Nah…cocok nih
http://rideralam.com/2014/04/06/sirkuit-dianggap-tidak-safety-honda-dan-yamaha-belum-pastikan-turun-di-indoprix-kelas-150-cc/
Intinya, R15 cuma motor “Pajangan” wakakakak
http://tegean.wordpress.com/2014/04/05/aksesoris-motor-matik-touring-ini-sesuatu-bingit/
Bilang aja gk niat ikut, masa cuma msalah yg ky gtu aja YIMM gk bisa ngakalin.
sepertinya masih ada yang tidak transparan dari pihak yimm nih.
ambil contoh motogp. dari semua sirkuit yang digunakan, pasti ada yang cocok dengan karakter M1, ada yang tidak (contohnya Brno, dilibas juga oleh Marquez). Toh di sirkuit yang gak cocok dengan karakter M1, tim Yamaha Factory Racing gak ngeluh pengen mundur aja dari balapan 😀
tau sirkuit pasar senggol ga om?
emang sirkuit pasar senggol ada “gravel” nya kayak di sirkuit sentul ato sirkuit motogp?
yg bahaya bkn dr pmbalap aja tp jg penontonnya klo di sirkuit psar senggol itu
CMIIW
asal kalian tau aja yah
yamaha itu motor hebat bro
Saya tau kog bro
bukan hebat lagi bro tapi kelas dewa yang DOHC aja mentok 151km/j on spido sementara ovix bisa 151,15km/j dan semakn bertumbuh
kebalik kelesss
yg topspeed bertumbuh itu ya cebong
nih dr 148kpj
http://www.astra-honda.com/berita/ketangguhan-honda-cb150r-streetfire-terbukti-di-ekspedisi-nusantara/
lalu masih kurang puas ngibulnya, ditambahin topspeednya cebong jd 151kpj:
http://www.astra-honda.com/berita/ekspedisi-nusantara-honda-bukukan-rekor-baru-touring-injeksi-terjauh-8233-km/
pabrikan yg super duper ngibulnya demi jatohin mtor SOHC doang dr pabrikan tetangga
buakaka
FAKTA
ngoahahaha
emang hebat kok om, jupiz1 ip125 yang lebih kenceng dibanding r15 aja masih dianggap lebih safety. dan r15 yang lebih pelan dianggap gak safety
ni lg idiot
masa lau bandingin z1 oprekan sama r15 standart
-__-
serba salah 😮
Bahaya Melepas Cover CVT
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/06/bahaya-menggunakan-cvt-trondol/
Tips Biar Rem makin Pakem
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/07/tips-agar-rem-cakram-makin-pakem/
penonton kecewa..
http://bintangjati.com/2014/04/06/karena-faktor-keselamatan-r15-batal-tampil-indoprix/
Nyimak aja
Hargai saja keputusannya
http://kobayogas.com/2014/04/06/for-safety-reasons-we-do-not-race-in-indo-prix-2014-yamaha-said/
sebagai fby saya setuju yimm gak ngikutin r15 di indoprix, mengapa? karena kalo sampai kalah sama fu… mo ditaruh dimana muka fby ini? padahal R15 itu motor paling top di dunia maya. cbr aja diasepin coy… jangan sampe deh denger R15 keok ma motor banci FU… dijamin tu NVL ma R15 ga laku, malah yg punya pada dijualin…
awas coy struk ente! huahahaha…
kecewa menak…tapi wajar keknya..
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/04/06/kawasaki-masih-belum-berniat-kembali-ke-moto-gp/
Alasan regulasi kali om.. Dikatkan dgn pemasaran.
Mindset org awam. Bebek inferior dr batangan, fairing paling superior krn mrupakan motor balap.
Motor balap kalah ma batangan biasa dah bencana.. Apalagi kalah ma bebek.
Dua tipe lain datang sebagai penantang yg nothing to lose, R15 digadang sebagai juara dan mutlak harus juara krn tipenya. Klo g juara runtuhlah kekuatan YIMM. Mirip simalakama.
Dr sisi pemasaran mmg lbh baik yimm g ambil resiko dl. Antara manfaat dan resiko jauh lbh besar resiko.
Jika regulasi dah jelas harus fairing v fairing, naked v naked, bebek v bebek
Gini ni klo komen pake hp touchscreen ribet… Jd kepotong dah…
pantesan yamaha di blapan isle of man ra tau juara,beda karo honda lgganan juara!
pmbalap yamha indo karo luar do bae kecinge!
kayaknya gini… sebenarnya YIMM minta ke IMI buat atur regulasi masalah wheelbase yang standar supaya bisa diubah, tapi ternyata ditolak, dan bilang ke media kalo alasan safety…
IMI itu bukan penyelenggara baru, mereka punya banyak pengalaman tentang menyelenggarakan balapan… pasti sudah ada pengamatan jauh-jauh hari…
ane bukan ngebela FBH, FBY atau FBS… cuman ngerasa kayak IMI dikambing hitamkan…
cuman pemikiran konyol saya bukan maksud fitnah… gak usah terlalu di tanggap…
nyimak saja
http://78deka.wordpress.com/2014/04/06/review-paket-internet-unlimited-xl-untuk-ngeblog/
Wheelbasenya kepanjangan klo mau main dipasar senggol, saya rasa itu salah satu faktor utamanya selain safety yg diutarakan yimm
YAMAHA takut kalah bro GITU AJA KOK REPOOT…..@2tak benar di ISLE OF MAN yhomo keok motornya kencng tapi ngk bisa belak belok goyang dombret..HONDA KAMPIUM di ISLE OF MAN TT…..
Disinyalir yimm kurang dana 😀
bisa jadi, seperti yang ane tulis, untuk 2 karakter sirkuit, butuh 2 jenis mesin dan sasis
Septi…septi…
Emang ada iklan yohama yg berbau septi…perasaan ngalay bin pecicilan smua.
Lha ini ajang balap resmi IRS ngga mau ikut pura2 bawa siSepti…
septi tambah “Sanustika” = sana urusin tiket ama parkiran
Jualan es? 😀
intinya R15 jk mnggunakan sircuit pasar senggol lbh besar keoq nya, krn buat cornering enak cb150r krn cb radius cornering lebih sempit…mau mmaksa ikutan?? dkamplengi cbsf jd mnjatuhkan brand emage R15 sama NVL..ujung2nya MS nya megap2
Ngoahahahaa
Namanya juga komedi puter pake baju, tetep aja naluri penunggu parkiran susah hilang
ciehhh gue kena moderasiiii
hahaha
krn balapan bkn hanya mempertaruhkan nama besar, tp juga pertaruhan jiwa. gila aja ya kalo motor yg minimum 30dk balapan disirkuit pasar senggol. kalo celaka bisa ambyar.
mgkn bisa aja tu rider selamat, tp resiko untuk cacat seumur hidup tu sangat besar. lah kn yamaha mau ngembangin bibit balap kalo tu bibit celaka padahal bibit unggul gmn?? belom lagi alasan safety penonton..aduuhh. regulasi terbentuk ketersediaan sirkuit.
mumpung mw ada pemilu kita pilih caleg yg menggalakkan sirkuit internasional aja yuk..itu pun kalo ada.
sport 30 dk dgn bobot 170 kg dibanding bebek indoprix 25 dk bobot 145 kg
gimana ya?
yaelah om, coba cek artikel 6 detik yang lalu, lap time r15 berapa, bandingin ma jupiz1 ip125, kenceng an mana?? jupiz1 kan?
kalo cuma safety, ngapain jupiz1 yang jelas2 lebih kenceng ikutan indoprix?
ente belum pernah lihat pembalap yang kakinya patah sampe muter kebelakang di sirkuit???
pembalap apa om, bebek indoprix ya? lap time bebek indoprix lebih kenceng loh dibanding r15, tapi yimm gak bilang kalo balapan bebek tu gak safety
pembalap motorprix kalo g salah… sayang beritanya cepet hilang…
wheelbasenya mungkin beda bang z1 sama r15. r15 butuh ruang yangg lebih besar buat belok dibanding z1 imho
Semoga cepat direvisi
Wahahaha
Pada ributin safety, ni lg YIMM pake alasan safety buat pembenaran. Gw setuju, safety itu nomer 1, gw megang teguh “budayakan keselamatan dan jadikan keselamatan sbg kebutuhan”
Tp apa IMI sebodoh itu? Gak lah bos, gila kali ya klo IMI bikin kelas pekgo cm buat angkat pamor IP tnp peduliin faktor safety.
Yg jelas pasti udh di kaji matang2 soal resiko, dan CMIIW dlm teory safety itu ada 5 poin utk nghindari resiko dlm keselamatan:
Eliminasi: IMI pasti udh identifikasi hal2 yg bisa ngundang celaka, shg hal tersebut pasti dihilangkan, misal meniadakan lokasi penonton yg letaknya tepat di sisi tikungan tajam atau ujung trek lurus
Substitusi; misal, pembatas ke penonton yg tadinya cuma pager kawat atau tumpukan ban diganti dgn pembatas yg lebih aman dan minim resiko buat rider dan penonton
Rekayasa: jelas contohnya di ketentuan regulasi balapan dan spek motornya itu sendiri, atau penempatan penonton, wartawan dsb
Administrasi; umur, kondisi fisik dan psikis pembalap, pengecekan kesesuaian motornya dll
Safety gear: ini pasti udh pada ngerti..
Jadi, untuk alasan safety, mundur itu memang pilihan, tp tetap join dan mengedepankan hirarki pengendalian resiko bahaya jg patut di acungi jempol..
Sekali lg itu cm opini gw aja.. Bisa cocok bisa nggak..
terus yang mati n nabrak penonton di sirkuit pasar senggol itu gimana om?
itu resmi kan? dan IMI ttd?
Ya pasti imi kena sanksi lah, dimana2 kalo ada kejadian gak mungkin lewat gt aja, Tp masa ga ada perbaikan.. Emg segitu tololnya mereka?
Yah ane mah maklum aja ente skrg ngomong gini, wong sesembahan ente kowar2 septi.. Cb klo nggak, pasti beda lg omongan ente deh om.. Xiixiixix
realita nya masih disirkuit bebek. dan itu sudah…
🙂
bagus.. jangan mau balapan di sirkuit kecil, kapan bisa berkmbang n brsaing dg orang spanyol kalo pke sirkuit kecil terus,.. ,
mbah DARMO mana ya.. ayo mbah.. mana klarifikasinya (ngeyel nya)??
kalo sirkuitnya pasar senggol macem bebek lebih baik ga usah sekalian. balapan bebek aja dihina gimana balapan sport di sirkuit bebek. kalo mau penjenjangan yang baik ya pake sirkuit besar. sirkuit kecil pake anak umur 10-13 tahun macem ngeropah ya terserah. kalo maksa sirkuit pasar senggol dengan geometri sport yang lebih panjang, dan berat jauh lebih berbahaya daripada balapan pake bebek
YIMM ga salah dgn jadiin safety sbg pertimbangan ga ikut. IMI jg serba salah, ada tuntutan pembinaan kelas sport dan jg demi memenuhi antusiasme penonton yg pgn liat kelas sport pekgo, tp dipentokin dgn kurangnya sirkuit yg ideal.
Cuma kita smua berharap nanti akhirnya jadi atau nggaknya nih kelas, perkara safety bisa dikendaliin dan tetep menghibur
idealnya kita punya 3 sirkuit. sekarang baru 2 yang memenuhi syarat.
masa sport batangan balapan di sirkuit bebek? entar keok ama bebek koar2 nya curang lah.. ini lah.. itu lah. kek sport 250cc.
sama kek balap drag race, beat, vario ampe semprot DOHC keok ama mio. yang anti yahomo tereak2 semua. sama kek nova sonic n nova dash. keok ama mio 300cc.
🙂
mio FFA aja bisa menang dr hayabusa ya om…malu dong yg pnya hayabusa.
yg fenomenal asl raider nya mlethiz skrg…waqaqaa
mio mmg juozzz hayabusa aja kalah, asal jgn ngomong durability lho ya??? klu menangnya cuma 1km stelahnya masih awet?? udah uji hayabusa 0-100km kurang dr 4 detik..top speed gk berani deh yg jlas lbh dr 300km/j maklum cc gde 1200cc
@oposisi
sport batangan balapan di sirkuit bebek? dengan embel2 DOHC + MotoGP tapi balapan di sirkuit bebek?
😆
hajar terus om roy
ngoahaha
ahm blg mau majuin balap indonesia, tp motorsportny ikut blap di sirkuit karung goni
naked pula
ngoahaha
Wis ga usah pada ribut kita tunggu pernyataan resmi dari para pembalap smua timpabrikan,klo para pembalap bilang ngga septi brrti pernyataan YIMM benar.
ikut ataw ga ikut nyentul tetep saya jokul cb and beli r15
hehehe,
yang penting keren,gaya and sporty
suara konsumen nih……
cbsf kata nya jga ga ikut ?
http://ridertasik.wordpress.com/2014/04/07/tes-konsumsi-bbm-blade-2009/
Seperti biasa kaum TELMI aka fbh unjuk pekok !! Ngoahahaha… Skalian aja rcv di ajak miring2 disirkuit bebek !! Biar pekoknya kelihatan elegan .. 😀
Ngoahahahah… Kelihatanya para fbh pekok siap jadi karung hidup dipinggir sirkuit !! Ntar kalo kena tubruk minta dana untuk angsuran bletak duorr !! Jleb. Ngemis elegan coy ! 😀
Info Bro Jae JC-284, Ketua Chapter YVCI Jakarta Chapter periode 2014–2016
http://motobikerz.com/archives/3024
sory crut yang pake sirkuit pasar senggol bukannya motoprix ke bawah… indoprix dah pake sirkuit permanen kelessss sentul sencil kenjeran binuang skyland semuanya dah tipe permanen sirkuit meski kecil… bedakan indoprix dan motoprix yeee
emang ada ya korban tewas di indoprix kemaren? kasi tau dong?
mm93 bocah 8 taun dah ngesot pake motorsport di sirkuit karung goni lho… gak septi dong?
Pertanyaan dasar aja nih untuk teman-teman yang jago naik motor, sebenarnya lebih mudah mana mengendalikan motor bebek dibanding motor sport?
Mau berbagi pengalaman pakai ban motor Michelin?
Dapat hadiah sepasang ban Michelin
http://motobikerz.com/archives/3057
hmm, banyak yg melontarkan opini terkait dengan absennya yamaha di gelaran irs 150.. sebagian besar menyayangkan keputusan itu dengan diembel-embeli hujatan dan cacian.. kalo boleh jujur memang fby pastinya pngen pabrikan yamaha ikut serta, namun pabrikan akhirnya enggan ikut dengan alasannya sendiri. semoga memang karena alasan safety, (terlepas dari opini yg mngatakan regulasi tidak memihak yamaha)..
ok, mari kita sama2 bayangkan, gmn hasilnya jika cb150, r15, fu, diadu dengan bebek2 tengil fullspek macam z1, supra, blade, di sirkuit yg biasa dbuat untuk bebek, kira2 mana yg menang? sebagai gambaran kmren saya nemu link event ktm orange day mumbay di trek yg sangat ‘pasar senggol’ dengan pmbatas cuma ban.. ktm (mayoritas) vs 1 cbr 250 (lepas firing) vs r15 (masih firing).. hasilnya?? r15 no 6, cbr 250 no 7.. knp bs bgitu padahal cbr 250 udah lepas firing? apakah spek r15 lbh hebat dari cbr 250? sy yakin cbr 250 mmpunyai spek diatas r15. dan yg menyebabkan cbr ada d blkang r15 adalah krena tidak ad space untuk bermanuver menyalip.. btw tau kan cc nya ktm duke yg brp yg dgunakan??
http://www.youtube.com/watch?v=Ot8ORsNERcc
ini ada juga lingk r15 vs ns 200 d sirkuit kecil yg agak tidak pasar senggo, hasilnya? r15 bs ngudak2 nyalip ns 200.. kalo dari suara exhaust, kduanya sepertinya masih stock…
http://www.youtube.com/watch?v=vEVdDRKWD_g
di sirkuit yang cocok pun, honda cbr 150 (firing) bisa ngudak2 kawasaki 650 (naked)..
di sirkuit yg layak teryata firing bike cc kcil bs menandingi naked bike cc lbh besar, dan tentu saja ini sangat berkaitan erat dengan handling dan ergonomi.. di video berikut bs kita liat cbr ngudak2 kawasaki di cornering, dan begitu straight kawasaki dengan entengnya lewati cbr… tapi d tikungan brhasil d dekati lg…
http://www.youtube.com/watch?v=uhSdwIQB5zE
kmdian bnyak yg mmbandingkan gelaran ini dgn isle of man tt.. well sorry to say but its totally different.. prtma sy kira itu bkn ajang untk pnjenjangan. y walau ad tt untuk beginer tp jrng alumni race ini eksis d gelaran yg lain. gmpangnya beginer ini untuk mmprsiapkn k kelas tt yg lbh tinggi, itu aj. kdua pnonton mlhat dr balik pagar rumah n pgarnya adlh bngunan prmanen atau mlihat dr prbukitan yg agk jauh dr track, kl ad rider yg crash ya biar ridernya aj yg mati.. ktiga race ini adlh time trial, bkn start bareng, mskipun kdang yg blkang bs nyusul n jd grup fight. keempat, course nya adlh pgunungan jd ddominasi lahan hmparan, hutan dan bkn pmukiman. pmukiman mgkin cm brp persen. memang ndk ad gravel, bhkan kerb aj g ad. so intinya kl pmblap crash y biar aj pmbalap yg mati. oiya ngmong2 udh pada tau blm kpnjangannya TT?
Komennya kurang panjanggg bro….intinya YHOMO takut kalah ..gitu aja kok repott
motor ganteng harga terjangkau…ya r15…titik..ga buat balapan…peace
ente bener banget, dah kenceng buat harian, tapi bukan buat balapan