Pendahuluan Oprekan Mesin NVL (New Vixion Lightning) Menghadapi Regulasi Balap Sport 150 cc IMI [ Draft – 1]

Diposting pada

NVL racing IMI

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Jika memang menginginkan turut serta dalam IP (Indo Prik) kelas sport 150 cc yang sudah ditetapkan regulasinya, maka NVL harus mempertimbangkan durabilitas mesin selain performanya. Jangan sampai membangun mesin dengan power yang luar biasa bahkan melampaui kompetitor, akan tetapi mesin jebol sebelum finish. Oleh karena itu ada baiknya mengetahui lebih dahulu potensi kompetitor, misalnya cb150r yang dioprek untuk mengikuti IP sesuai dengan kondisi spek mesin dan regulasi IMI.

Kondisi standar cb150r memiliki power = 17 ps/10000 rpm, dan ketika di-tune pada spek berikut :

  1. Posisi power maksimum  13000 rpm
  2. Rasio kompresi, CR = 12 :1
  3. Rasio bbm-udara, AFR = 12.6
  4. Efisiensi volumetrik, VE=0.95

Diperoleh power = 27.23 hp, dan oprekan ini termasuk katagori tuned-racing-high performance, berbahan bakar pertamax+.

power cb150r racing IMI

Jika performa CB150r di atas yang dijadikan acuan, maka performa nvl juga harus ditingkatkan setara dengan kompetitor. Berikut ini performa standar NVL.

power vixion stock

Power standar NVL adalah 16.35 hp, jadi harus ditingkatkan sekitar 11 hp sehingga mencapai di atas 27 hp. Dari beberapa variabel yang diberi kotak hijau, masih ada kemungkinan untuk ditingkatkan. Akan tetapi peningkatan variabel2 ini tidak bisa disamakan dengan cb150r, karena konstruksi engine-nya memang berbeda.Ketika variabel2 tersebut di-upgrade menjadi :

  1. Power maksimum diletakkan di 11500 rpm
  2. Efisiensi volumetrik, VE = 100%
  3. AFR = 11.76
  4. CR=12.5

Pada tingkatan ini mesin NVL telah mencapai fully tuned-racing-high performance.

power vixion racing0 IMI

Dengan ubahan seperti ini, tenaga NVL melonjak naik menjadi 27.51 hp, tapi dengan beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu

  1. Pada putaran mesin 11500 rpm, piston speed-nya telah mencapai 22.5 m/s (sedikit di atas ambang batas motor harian 21 m/s). Sehingga harus dilakukan beberapa modifikasi untuk mensuport-nya yang tidak melanggar regulasi IMI, diantaranya radiator di perbesar, liner diganti dengan yang lebih licin, pompa oli diganti dan pada piston sedikit dimodifikasi agar oli bisa lebih melumasi dinding silinder.
  2. Untuk mendapatkan VE 100% maka tuning yang harus dilakukan meliputi saluran intake, profil camshaft dan panjang pipa knalpot.
  3. Penyetelan AFR = 11.76 adalah sedikit boros, hal ini dilakukan selain meningkatkan power, juga untuk membantu pendinginan ruang bakar. Pada pemilihan settingan ini harus diperhatikan apakah bensin yang dibawa cukup untuk digunakan sampai finish atau tidak, BSFC = 0.184 kg/hp/jam.
  4. CR = 12.5, sedikit lebih tinggi dari kompetitor, (menurut ane) nggak masalah karena piston NVL sudah jenis forged, sehingga mampu menahan gempuran kompresi-nya. Hanya saja mapping pengapian harus dibuat dengan hati2, karena salah sedikit bisa membuat power drop.

Setelah mengetahui bagian mana yang harus di-oprek, dan sampai sejauh mana tingkat oprekannya, barulah tunner memulai kegiatan mengoprek mesin. Pada poin2 yang dijelaskan di atas sudah dijelaskan oprekan secara garis besar, mungkin detilnya menyusul pada artikel selanjutnya.

Lebih kurang nya mohon maaf, kepada suhu2 yang lebih kompeten mohon koreksi dan masukannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

44 thoughts on “Pendahuluan Oprekan Mesin NVL (New Vixion Lightning) Menghadapi Regulasi Balap Sport 150 cc IMI [ Draft – 1]

  1. Ya memang nvl bisa buat balap tapi durabilytasnya kurang mendukung kalau diupgrade sampai 27dk walau udah forged piston,tapi kalau buat standaran harian sport ini paling enak untuk saat ini

  2. sippp…biar tbh seru…
    untuk pngapian ini sgt penting meski engine dah dikorek kelas bathara pun jk pngapian gk sesuai ttp aja tiada guna..untuk pngapian pesan aja k Ko Hu aja jd gk repot2 riset sndiri..

    1. bukan cuma material di silinder yang harus dipikirkan, tetapi juga yang ada di head misalnya per klep dan klep nya.
      juga termasuk pengapian dan transfer tenaga (kopling+per kopling, transmisi). Semakin tinggi rpm, semakin sulit setingannya dan semakin rawan rusak jika salah seting.

  3. ya elah……
    hahahaha…….

    bebek indoprix aja dibuat sampai 12rb-13 rb rpm, power dari 10ps dinaikkan sampai 23 atau 24 ps…, powernya naik berapa % tuh om…?

    bebek2 balap kaya beled dan jupes yang sampai 12 rb rpm itu piston speednya berapa om….h??.. wkwkwk….

    1. diliat stroke nya bro.
      bebek yang mana nih ? kalo blade stroke nya 55.6 mm dan pada pd 12000rpm pistonspeednya = 2 x stroke x rpm /60000 = 22.24 m/s
      kalo bebek rada aman karena mesinnya tiduran, pelumasan silindernya bisa lebih baik.

      1. wow….
        wakakaka….
        lebih potensial kah mesin tidur motor unggas dibanding mesin tegak semprot…? ehem….
        dari 10ps naik sampai 24 ps….loh…

        apa gak gila tuh…, mesin bebek yang power standarnya gak lebih dari 10 ps, di tingkatkan sampa 24 ps, atau 140 %.
        kira2 rumus diatas kertasnya om motogokil nyampe gak tuh…?

        1. umur ente berapa bro?
          kalo umur ante sepantar ane, pastinya tau berita tentang oprek mesin bebek yang sampai ratusan juta.
          motornya doni tata, tahun 2004 ditawar 200jt nggak dilepas, artinya ongkos membangunnya lebih dari itu
          sedangkan untuk sport 150 cc, untuk menggapai 27 dk tentunya jauh lebih mudah dan lebih murah. Jika disediakan dana yang sama banyaknya maka powernya bisa tembus 32 dk.
          Untuk menghindari jor2an dana, sehingga terjadi siapa yang “kaya” dia yang menang, maka IMI membuat regulasi agar yang bisa dioprek terbatas.
          faham bro???

  4. seharusnya om motogokil ini dikontrak sama team balap honda karena sepertinya om motogokil lebih pintar dari tuner team balap honda…, buktinya om motogokil selalu bisa membuat motor honda lebih superior dari motor lain, padahal dilapangan, dari sabang sampai merauke, dari kelas kejurda sampai kejurnas MP IP, motor balap honda selalu dipecundangi motor balap tim lain…..

    1. sebenarnya honda membuat mtr bebek tujuan utamanya adalah kenyamanan berkendara bukan utk sport, kalau utk honda membuat CS1 ( City Sport ), oleh karena itu utk mtr bebek honda tidak begitu optimal jika dipake full race.

      1. sy kira moped pbrikan baik h, y, ato s psti mndhulukan knymanan pak. kl smpean blng tiap enjin yg ddesain mmpunyai ptnsi balap, brarti kl dr knyataan bbrapa thn ni msin siapa yg brptensi balap? (msn slnjoran)

        1. mesin tegak-lah
          untuk hasil yang dicapai semuanya tergantung se-ekstrim apa modifnya dan sekuat berapa dananya.
          mesin prima diswapt dengan silinder+head cbr150 dah banyak

  5. yang lebih lucu lagi, di sini diatas kertas hasil tunning motor honda hampir selalu diatas/lebih superior dari motor lain, sedangkan motor lain sepertinya selalu dibatasi kemampuan material mesin…

    kalau kenyataan di lapangan, road race dari kelas kejurda sampai kelas kejurnas, kendala utama mesin motor honda untuk mengejar performa motor balap lain adalah daya tahan mesin, banyak yang overheat dan bahkan banyak yang jebol meleduk ditengah race….

  6. wah berarti kayaknya mesin h hanya menjual potensi tuned racing high performance padahal kondisi asli mesinya sdh pada batas maks pd saat dijual utk pemakaian harian, terutama kondisi materialnya (komposisi material serta ketebalanya mungkin).
    ya……ditunggu sj balapanya. siapa tau nanti si cibi n nvl harus takluk diasapi si bebek hyper underbone.

  7. Bengkel rekomend yg ngerti tentang rumus2 kaya gitu d mna gan? Posisi ane di jawa timur….Ƙªl☺ g da di jatim, jateng ato jabar g papa lah.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan