ganti-oli-bloger

Maksimalkan Efisiensi Volumetrik NVL (New Vixion Lightning) Sesuai Regulasi IMI [ Draft – 2]

Diposting pada

VE optimization

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kita semua tahu bahwa jika ingin menang balapan, salah satu faktor utamanya adalah memiliki motor dengan power sebesar mungkin. Sedangkan besarnya power dipengaruhi oleh minimal 5 faktor yaitu :

  1. volume engine (cc)
  2. efisiensi volumetrik (VE)
  3. rasio bensin-udara (AFR)
  4. rasio kompresinya (CR)
  5. kualitas pembakaran (homogenitas, time ignition, swirl dll)

Pada saat membangun sebuah motor balap, tujuan utama memperoleh power sebesar mungkin dibatasi oleh regulasi juga oleh konstruksi dasar mesinya yang tidak boleh dirubah. Dari empat faktor di atas, poin no.1 tidak boleh dirubah, jadi yang boleh diakali/diupgrade adalah VE, AFR, CR dan aspek2 yang mempengaruhi kualitas pembakaran. Dari empat faktor ini yang menjadi kontributor utama dalam mendokrak power adalah VE, sedangkan lainnya sebagai pendukung.

Untuk meningkatkan VE dari NVL banyak yang harus dikerjakan (yang tidak melanggar regulasi IMI), yang secara garis besar bisa dibagi dalam beberapa tahap berikut :

  1. Memaksimalkan diameter klep
  2. Porting ulang saluran in dan ex sesuai dengan diameter klep yang baru
  3. Ubah sudut klep (jika diperlukan)
  4. Atur ulang profil nokenas/camshaft (lift, durasi, overlap, LSA )
  5. Optimasi saluran intake (port in, throttle/karbu, mainfold, runner, volocity stack dan air filter)
  6. Optimasi saluran exhaust (knalpot)

Banyak juga ya kerjaan mekanik dalam membangun motor bertenaga besar, padahal baru disektor head saja. Nah sekarang mari kita bahas bersama bagian pertamanya yaitu ” Memaksimalkan diameter klep”.Diameter klep std/ori NVL/vixion/mx sama yaitu klep-in = 19 mm dan klep-ex=17 mm. Kemudian mari kita coba memperkirakan besarnya gas-speed pada power maksimumnya dengan menggunakan persamaan ini

gas speed formula

gas speed NVL std

maka diketahui gas-speed standar NVL = 268 ft/sec, ternyata gas-speed dari head NVL telah memasuki level full-race, perhatikan tabel level gas speed ini.

gas speed level

Dan untuk menggeser power puncak ke putaran mesin (rpm) yang lebih tinggi yang masih (mudah) dioptimasi adalah lebar klep-in nya. Sekarang mari kita melihat beberapa panduan menentukan lebar-klep in optimum sesuai dengan diameter bore yang ada, bore NVL = 57 mm.

rasio lebar klep

Rasio diameter klep-in/bore standar = 19/57=0.333, jadi rasionya masih bisa ditingkatkan menjadi 0.39 sehingga diameter klep-in nya menjadi 22. 23 mm, bisa dibulatkan menjadi 22.5 mm.

upgrade klep-in diameter

Ketika diameter klep-in yang baru, 22.5 mm dimasukkan ke dalam persamaan gas-speed, dengan mempertahankan nilai gas-speed standarnya, maka power puncak bisa digeser pada 11920 rpm

gas speed NVL up

Dari hasil di atas menunjukkan bahwa NVL dengan diameter klep-in 22.5 mm sudah mencukupi untuk menggeser power puncak ke 11500 rpm, (seperti yang direncanakan pada artikel terdahulu) untuk mencapai power 27 hp. Dari nilai diameter klep-in in bisa dicari diameter klep-ex = 0.9 x 22.5 = 20.25, dibulatkan 20.5 mm, begitu pula dengan porting-nya  juga mengikuti.

Selanjutnya yang perlu di-oprek adalah profil camshaft, karena peran camshaft sangat besar dalam menentukan besarnya VE pada rpm yang ditentukan. Karena pembahasannya bisa panjang, akan ane tuliskan pada artikel selanjutnya.

Mohon maaf kalau ada keliru dan kurangnya, kepada suhu2 yang lebih ahli mohon koreksi dan masukannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.