Antara Satria Fu FI (K12) dan GSX-R150

satria-fi-vs-gsxr150

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Suzuki akhirnya berniat bulat ikut memeriahkan persaingan motor sport 150cc di tanah air, dengan lahirnya gsxr/s 150. Melihat dari konfigurasi engine-nya, motor sport suzuki 150 cc ini sangat identik dengan engine yang digunakan oleh satria fu 150 fi. Akan tetapi untuk menjaga kewibawaan motor sport dan juga calon konsumennya, maka powernya dibuat lebih tinggi. Jika power satria fu 150 fi hanya 18.5 ps, maka power gsxr150 sedikit lebih tinggi yaitu 19.17 ps.

Setelah dibandingkan dengan rivalnya yang sudah lama eksis [artikel], tentunya dengan power yang lebih besar dan bobot yang lebih ringan, performa gsxr150 sulit dikalahkan. Akan tetapi jika dibandingkan dengan pendahulunya dengan basis engine yang sama (K12), yaitu satria fu 150 fi,….nanti dulu. Meskipun powernya lebih kecil, akan tetapi satria fu 150 fi jauh lebih ringan, sehingga ditinjau dari pwr dan twr-nya masih mampu mengimbangi gsxr150. Mari kita lihat perhitungannya…

satria-fi-vs-gsxr150-spec

Dan ternyata, pwr dan twr satria fufi masih lebih besar jika dibandingkan gsxr150. Dengan demikian jika adu drag jarak dekat dipastikan satria fufi masih unggul. Akan tetapi untuk jarak jauh ketika mendekati topspeed di atas 100 kpj, kemungkinan besar satria fufi akan terkejar dan kalah. Karena aplikasi full fairing pada gsxr150 memberikan koefisien drag yang jauh lebih kecil, sehingga hambatan udara menjadi lebih kecil, dan akselerasi akan meningkat lebih besar dibandingkan satria fufi.

Dari data dalam tabel di atas, juga terlihat bahwa satria fufi power-nya bisa segarang gsxr150. Atau jika dikatakan dengan engine yang identik gsxr150 bisa mencapai 19.17 ps, maka engine satria fufi juga bisa mencapainya. Masih ingat dengan artikel motogokil tentang pengebirian power satria fufi [artikel] ? Nah, pada gsxr150 ini beberapa “ikatan” sedikit diperlonggar, sehingga power-naik (sedikit). Pembahasan lebih lanjut akan motogikil sampaikan pada artikel berikutnya.

Sementara sampai di sini dulu mas bro n mbak sis. Lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

26 Komentar

    • klo ane bang, seandainya bisa fu ane pasang gear box di roda belakang. Jadi gak perlu rpm tinggi tinggi… nyante mirip kelompok kakek saat naik sepeda lawas sambil dengerin musik keroncong. mereka gak ngoyo.. tp sepeda nya tetep kencang.

  1. power on crank boleh gede2..gimna penyaluran tenaga murni ke rodanya om? klo kata Rossi..Honda punya sistem penyaluran tenaga murni yg lbih baik ketimbang pabrikan…

  2. Ikut nimbrung ah,

    PWTR Fu VS GSX emang menang Fu bro, tapi gear belakang GSX lebih gede dibading Fu, so itu ngebantu tarikan bawah GSX jadi lebih sangar,

    sekarang juga udah banyak Fu Fi pakai gear lebih gede, jadi lebih gampang wheelie,

    oya kabarnya injector GSX lubangnya lebih banyak bro, bisa minta tolong di korek kebenarannya bro,
    kan lumayan injektornya bisa buat upgrade Fu Fi, heheh

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Memahami Perbedaan Injector Satria FUFI dan GSX R150 | motorgoodness
  2. Perbedaan Karakter Power dan Torsi antara GSX R150 dan Satria Fu FI, Tidak Banyak. | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan