Ternyata Suzuki Sengaja Mengebiri Power Satria Fu 150 Fi

mesin-satria-fu-injeksi-10

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam artikel sebelumnya sempat motogokil ulas bahwa dengan konstruksi leher kenalpot pada satria fu 150 fi, terlihat bahwa suzuki sengaja menahan power engine-nya agar tidak terlalu besar. Nah saat motogokil membuka part-part yang lainnya, ternyata selaras dengan pengecilan diameter leher knalpot tersebut. Yaitu jalur masuknya yang disediakan dibuat kecil, makanya wajar jika jalur keluar (knalpot) dibuat kecil juga. Meskipun demikian power sudah begitu besar, paling besar di kelasnya.

Mari kita perhatikan part tersebut…

Part tersebut adalah fiter udara, sekarang mari kita perhatikan dimensinya

Jpeg
Dimensi filter udara satria fu 150 fi

Jika dilihat luas penampang filter udaranya, kira-kira ukurannya adalah 14 cm x 7 cm, jadi luasnya adalah 98 cm2. Mungkin ukuran ini termasuk luas jika dibandingkan motor bebek lainnya. Akan tetapi jika dibandingkan dengan motor sport (misalnya ncb150r) dengan power yang lebih kecil, filter udara satria fu 150 fi terlihat lebih sempit. Perhatikan ukuran penampang filter udara ncb150r

Jpeg
Dimensi filter udara ncb150r

Gambar di atas memperlihatkan ukuran filter udara ncb150r. Panjangnya sekitar 13 cm sedangkan lebarnya 9.5 cm, sehingga luas penampangnya 123.5 cm2. Jauh lebih luas dibandingkan dengan penampang filter udara satria fu 150 fi.

Menjadi sesuatu yang bisa dijadikan acuan/pelajaran, jika ditabelkan

Jpeg
Komparasi leher knalpot dan filter udara dan pengaruhnya terhadap power

Kalau menurut motogokil, ncb150r dengan stroke-nya yang panjang sudah pasti torsinya besar. Untuk mengail power pada rpm tinggi, maka saluran filter udara dan leher knalpot di-tune pada rpm tinggi. Sebaliknya satria fu 150 fi dengan diameter piston dan diameter valve in yang lebih lebar, jelas sangat mudah mendapatkan power besar di rpm tinggi. Akan tetapi (mungkin) dengan pertimbangan efisiensi, ditahanlah agar power tidak terlalu besar sehingga lebih irit.

Jadi kalau mau power satria fu 150 fi lebih gahar lagi, maka bagian filter dan leher knalpot perlu sedikit dioprek, Tentunya dengan didukung oleh setingan ECU dan noken-as yang memadai, baru power bisa bertambah optimal. Nanti kita bicarakan di artikel lain.

Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

95 Komentar

  1. Nahh itu sempat kepikiran.. Ga mungkin cuma knalpot dikebiri, soale power lebih gede, bobot leeeeebih ringan. Power segitu demi dapat market. “Potensi” dikebiri demi efisiensi dannnnn ada pengaruhnya kah agar versi batangannya gak malumaluin ? Brrti veri batangannya mungkin power dan torsi ga beda jauh ya pak , cuma “potensi” nya lebih di keluarkan saja ?

  2. ooo…. om, suzuki satria fufi ada aisnya ga?
    ais juga ngaruh lho om… kan ngejar euro3 emisi gasnya… mungkin juga catalytic converternya…

    trus misalkan radiator pump pake yg elektrik, ganti knalpot, ais non aktif, filter open, kira kira menurut om gokil tenaga dan torsi satria bisa naik berapa?

    seru juga nih punya satria, buat temenin r25 ane… hehehe

  3. siapa yang mau di lawan pak de ,
    itu si fufi power 18,5 ps di 10000 rpm,sedangkan raungan engin masih bisa berkitir di 13000 rpm ,kalau kita ambil tengahnya sangat mungkinlah dengan kondisi standar saja sudah pasti bisa bermain di 11500rpm ,itu artinya di 11500 rpm power kurang lebih sudah 23ps,hampir setara dengan kawasaki bajaj pulsar,,.

    gila gak tuh

  4. wisnu@ ngoahahahaha peak power itu ya yg meraih power tertingginya.. setelah itu power malah cnderung turun.. nggk ada ceritanya misal peak power 10k rpm power 18 hp tp pas di 12k rpm power naik jd 20 an hp.. malah power turun nggk ada 18 hp lagi..

  5. vixioner007 | 17/03/2016 pukul 8:16 am

    mngkanya pas di tes sportisi powernya cm 14,2 dk.. ternyata kena sunatan jugak

    ==============================================

    emang fufi @dyno sportisi 14,2 dk itu di rpm 10ribu?
    coba pastikan lagi bro sebelum BC produk orang

    #salam_mikir

  6. faddz@ ane bukan fansboy yg suka bc sana sini om.. ane berani komen gitu karna emg udh ada yg share.. dites di mesin dyno dynojet250i hasilnya ya cm 14,24 dk.. cm beda tipiss sm sonic yg dpt hasil 14,1 dk dimesin dyno yg sm.. kalau nggk percaya coba join grup fb fu fi.. ubek2 noohh disana.. ada yg udh share..

  7. Ekekwkwk yg post di grup fu fi itu gue tong tpi gue cuman ngesahare itu karena tim swat tidak adil dlm melakukan test dyno logika aj dah power fu fi 14 dk itu di rpm 98500 padahal power max itu di rpm 10rbu yg di test oleh rat motor surabaya, dan juga di test di pnp dapet 16 ,5 dk di rpm 10000an dan bandingkan yg saya share di grup fu fi power sonic dan torsi itu seperti on crank padahal di dynoasli pwer dapet 14 wjej jgn suka mem bc yg gk tau aslinya

  8. Vixioner007#

    Perlu di ingat lads satria fi cma di geber di 8950rpm lads..
    Knpa cma di geber di 8950Rpm bkn di 10,000rpm ato 13000rpm?
    Ini data kibul team swat lads

    Salam geber

  9. SyecherMania@ beda mesin dyno beda hasil tong.. emgnya power klaim pabrik peak power kena di 10k rpm harus sm juga 10k rpm di dyno ?? noohh lihat hasil tes2 motor lain kyk cbr 150 yg klaim peak power kena di 10500 as di dyno cm kena 10400 an.. bahkan terkadang ada yg kema 10600 an rpm.. di pnp dulu motor udh ganti ban, velg, dan gear set.. bukan full orisinil.. dan mesin dyno pun nggk pake mesin dyno yg sm.. pnp pake mesin jenis dynomite bukan dynojet250i.. bandingin power dyno kok pake mesin dyno yg beda.. ya kgak akurat.. tuuhh dites d mesin yg sm hasilnya dpt segitu.. ya trima ajaa..

    • Eh bro bisa bandingin gk? Gue post itu fufi dapet 14 dk dan sonic dapet 15,8dk lu gk teliti atau lu newbie? Lihat noh masak power on the whell sonic 15,8 on crank sonic aj juga 15,9 pada dyno yg sama padahal rata2 kalo perbedaan on the whell dan on crank sekitar 2dk, meskipun kalo di test beda dyno itupun tdk akan berbedah jauh lah itu fu fi dapet 14 dk test fu fi yg lain dapet 16dk keatas pada rentann rpm 10000 an laj itu cmn 89500 beda jauh udah kelutan toh

  10. di dynomite juga sonic cuma kebaca 14. sekian kok.. beda 2 hp

    dan beda 2hp emang ga bohong

    diracelogic sonic top speed 119 km/jam
    fu 132 km/jam

    dengan data yg sama r15 127 km/jam

    ga percaya? yg protes sono ke tabloid yg bikin artikel

  11. adjie@ naaahhh kalau yg di dynomite emg bedanya segitu.. yg jadi pertanyaan ane kok pas dites di dynojet250i hasilnya 11 12 sm sonic ya.. apa terjadi sunatan power apa gmn ?? soalnya pas dulu ane ngetes fu fi sndiri nih motor emg powerfull dibanding 150 cc lain.. mngkanya ane sempet kaget pas di tes di dynojet250i hasilnya kok cm 11 12 sm sonic..
    bukannya pas duites di dynomite itu udh nggk std ya bro ?? udh ada ban, velg dan gear set yg diganti ?? ngaruh lo itu di dyno..

  12. jadi gini broo.. ganti gear, ngaruhnya dikitt bngtt.. 0,0 sekian.. kenapa?? naekin 0,5 dk dimotor 4 tak tuh susah lho.. pengalaman fu karbu. tak ganti karbu pe28 .. itu cm naek 0,3 sekian.. dan fu fi selain di dinomyte juga pernah di test punya e rat motosport .. tembus 16. 5 jg lho..dan yg di test di rat punya e rat sendiri lho,. hayoo.. klo cuma selisih 0,1!. ga bakal selisih sampe sejauh itu di racelogic

  13. yah, mw power segede apa juga jarang2 bisa dapet peak power kalo dijalan umum( inget JALAN UMUM bukan sirkuit ) yang mana jarang2 bisa nyentuh kecepatan >100kmph. terlebih peaknya di kitiran tinggi 10K rpm. intinya be wise aja kalo masih makai jalan umum, jangan ugal2an. power boleh gedhe tapi ngga boleh sombong, kecuali ada yang “main2” baru keluarin kemampuan sebenarnya (tetep liat keadaan sekitar juga sih hehehe). be a smart rider, keep safety riding, respect the other.

    udah gitu aja.

    • Macacih

      Logika aja bro,,,klo power di dyno<sonic on dyno,,,ya gk mungkin unggul aksel+topspeed+menang kejurda pamekasan???..huayooo..
      Jangan ada dusta diantara kita.

    • peak power FU Fi di 8700 atau di 10rb rpm? itu aja dulu. klo CBSF di 10400 padahal klaim pabrikan 10500 masih masuk akal. klo 8600 ke 10.500 kok rasanya aneh yah… beda nya sampai 1900 rpm lho. ini angka bukan main2.

      klo menurut ente Fu Fi banyak kortingan jangan ente beli bro. ente pake vixion aja. atau ente mw ngebece biar dagangan sonic laku?

      :v

  14. roy@ ngoahahahaha.. ane cm bicara berdasarkan hasil tes dyno di mesin dynojet250i om.. dan kpn ane bilang peak power hasil dyno di 8000 an rpm ?? nooohh buka link2 yg ada di komen ane.. ada tulisan jugak disana hasil dyno fu fi..
    dan sory om ane bukan salles apalagi fansboy :v

  15. @Vixioner
    Sonic klaim pabrikan 15.64 tp pas di test Dynojet 250i malah jadi berapa? 15.8 dk?

    kok naik ya? apa kasus nya sama kek OCB n Verza vs Vixion dimana OCB n Verza power on wheel sama dengan klaim pabrikan?

    :v

  16. pake logika aja lah. masa sih klaim pabrikan di 10.500 lebih jatuhnya di 8600. atau si Fu Fi nya gak di geber maximal. atau ente berpikir klo Honda makin panas makin kencang?

    situ pake motor batangan kan? pake motor laki kan? klo gt berpikir lah kritis jgn telan mentah2

    mana ada on crank = on wheel.

    :v

  17. roy@ yakin hasil dyno sonic di mesin dynojet250i hasilnya kena 15 an dk ?? browsing2 dulu sanaa.. cari hasilnya.. jgn asal ngejeplak tnpa bukti :v
    dan ente masih bilang hasilnya kena di peak power 8000 an rpm itu udh buka link yg ane beri blm om :v

  18. halah

    r25 aja waktu di test blogger xx hp, yg produksi massal u/ di jual diturunin hp,

    jual pemanis awal doang.

    sama kaya org baru jual, barang pertama gede, entar lama-lama dikecilin

  19. nih hasilnya si sonic
    mansarpost.com/2015/08/16/review-lengkap-test-ride-honda-sonic-150-r-oleh-majalah-otomotif-grafik-dyno-test-konsumsi-bbm-top-speed-dll/

    yg fu fi lihat link2 ane dikomen sebelumnya

  20. SyecherMania@ hadeeehhh ini lagii.. ane cm ngebahas hasil dyno dg mesin dynojet250i kalau pun itu utak atik tim swat ane perlu bukti.. jgn cm koar2 tnpa bukti karna atas dasar fansboy.. itu malah bikin bc an kagak jelas.. kalau pun itu bukan hasil real dan memang benar2 ada amplop terselubung ya ane nrima aja hasilnya.. org ane bukan fansboy.. disini ane cari kebenaran aja.. gmn benarnya dengan segala bukti2 yg ada.. bukan asal koar2 tanpa bukti kyk fansboy apalagi sales.. kalau memang anggapan ente itu hasil kagak real ya monggo beri bukti2nya..

  21. Otomotif edisi no. 14 : XXV 13 – 19 Agustus 2015
    kemudian merefer ke link otomotifnet diatas yg gw kasih, itu emang euro 3 tp bukan Fu Fi.

    mbok jd laki2 itu yg cerdas. liat tanggal nya, liat artikel nya

    :v

  22. udah koar2 Fu Fi keok ama Sonic di Dyno gak taunya Fu Karbu Euro 3.

    alamaaaaaaakkkkkk…. ente mikir jgn kek mesin vixion yg bolot lah. berpikir kritis ala two stroke. gak perlu colek emang udah kenceng duluan

    :v

  23. Sebut saja bunga@ hadeehhh lihat hasilnya sonic pake dynojet250i.. hasilnya cm 14,1 dk.. jika ada dyno yg sm buat bandingin ngapain ngebandingin dgn dyno lain.. setiap dyno kalibrasinya beda2

  24. atau Honda sudah menemukan cara bagaimana caranya agar power ke roda belakang loss nya bisa lebih kecil dr pabrikan lain? 15.6dk ke 14.5dk? power loss kurang dr 1dk, sedangkan suzuki power loss sampai 4dk.

    tp anehnya kenapa top speed dan akselerasi lebih kencang dr pada yg power nya lebih besar?

    :v

  25. roy@ sejak kapan ane bilang sonic lbh kenceng dari fu fi ??
    soal loss power kurang tau jugak om.. nyatanya hasilnya gitu.. mirip kyk kasus cbr lokal dan cbu.. cbu om brosur unggul tp on whell lokal yg ganti menang

    SyecherMania@ mangkanya itu om.. mari kita diskusikan bareng2.. yg ane takutin kasus r25 terulang.. pas dites oleh media begitu digdaya tp pas ke unit konsumen powernya 11 12 sm ninfi..

  26. ada 1 dino yg hasilnya segitu.. dan ada 2 dyno yg hasilnya 16. sekian2

    menurut rekan2 gmn?? yang 2 salah atau yg 1 salah

    yang 2 dyno terbukti di artikel kobayogas yang top speed dan akselerasi menang fu fi telak

  27. Ini apa masalahnya kita diskusi aja.
    Satria fu menang mutlak baik akselerasi & topspeednya krn teknologinya lbh tinggi dari sonic.
    Tanpa gw test udah tau kok hasilnya.

  28. Test dyno juga kalo cuma grafik ngak ada videonya sulit dibilang valid dan netral.
    Ada datanya ngak sonic & satria dapet power segitu di gear berapa?

    • hasil real nya kan dah ada.. yaitu fu fi unggul jauh.. kalau bener selisih 0,1 dk menurut rekan2 masuk akal ga?

      119 vs 132 tuh bumi langit klo dijalan..

      masuk akal mana selisih 2 dk vs 0,1 jika diliat dr data salah satu tabloid..

      heran w.. hasil racelogic bilang gt– hasil 2 dyno bilang gt.. tp masih aja ada yg percaya selisih 0,1 dk..

      dan dari spesifikasi mesin aja udah ga jelas kok. duh duhh

    • Ooh gitu masalahnya.
      Biasanya jika peak torsi didapat dirpm yg lbh tinggi biasanya powernya besar.
      Tp ada peak powernya dirpm tinggi belum tentu torsinya besar, malah cendrung turun.
      Artinya jika topspeed racelogic satria 132kmh sedangkan topspeed sonic 119kmh berarti peak torsi satria ada dirpm lbh tinggi dan otomatis powernya lbh besar.
      Jd bisa ditebak hasil test dyno yg salah yg mana?

  29. adjie@ bukannya nggk percaya sm hasil dari tes pas fu unggul jauh dari sonic bro.. tp pas diuji di dynojet250i hasilnya segitu.. jgn sampai kejadian r25 terulang yg pas unit tes powernya gila diatas ninfi pas udh beredar kena sunat..
    ini dari ultraspeed yg disinyalir adalah satria fu fi vs new cbr k45g

    https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=1125030317515759&substory_index=0&id=159401710745296&refid=17&amp;ft=top_level_post_id.1125030317515759%3Atl_objid.1125030317515759%3Athid.159401710745296%3A306061129499414%3A69%3A0%3A1459493999%3A-1288376113290891125&tn=%2As

    kenapa ane ngira ini fu fi ?? karna limitnya nembus segitu panjangnya.. dan yg satunya udh kecekik di 10 rb an yg disinyalir new cbr k45g
    note:: ultraspeed seinget ane pake mesin dynomite

  30. Sonic performa kalah jauh tapi kok konsumsi BBM selisih 0,3 liter doang per KM nya ya pak dosen? menurut postingan om kobay

  31. kepada visioner itu mah tabloid motorplus ya???. hahaha kebiasaan emplus rmang kumaha nu mere d…
    sudahlah. jgn ngotot. tuh bandingin sama tabloid otomotifnet..
    dan org2 bloger yg lebih netral..

    ente kayak sedang bc atau menjatuhkan.
    fbh ya? atau tim gaswat

  32. auf13@ emg ane sdg bc ?? emg ane bilang kalau sonic lbh kenceng dari fu fi ?? ane disini cm niat diskusi berdasarkan hasil yg udh ada.. noohh lihat lagi link yg ane beri dari fanspage ultraspeed.. lihat brp HP powernya.. jgn cm suudzon sm org aje ente.. coba bljar bedain mna yg niat bc, mna yg niat ngajak diskusi..
    bgaimana ane nggk ngotot, org yg ane ajak diskusi kagak ngebahas hal yg sm kyk ane.. koar2 hal2 yang sbenarnya ane nggk bilang..
    dan soal tabloid.. kalau ente udh sering ngikutin tuh ke 2 tabloid pasti tau gmn hasil dari tes ke 2 tabloid itu.. inget2 aja daahh gmn kasus cbr lokal vs r15..

  33. wlakakak@ emg ente aja yg fansboy kelas berat.. nggk bisa diajak diskusi dan nggk paham apa yg dibahas.. dan dari bahasa komen ente.. kliatannya ente yg PEKOK.. ngoahahahahaha..

  34. vixioner007,

    pake logika aja. di mesin dyno yg cuma muter bongkahan besi tanpa efek gesek ban depan, angin etc aja turunnya sampai 4dk. apalg di real jalanan? selisihnya pasti lebih besar bisa sampai 5-6dk. melihat data yg lu kasih sonic cm turun 1dk, di real paling mentok 2dk seharusnya akselerasi melebihi satria fu apalg dengan peak power yg beda2 dikit.

    aneh aja power kalah di dyno tp dijalanan menang telak.

    :v

  35. roy@ mangkanya ane ngajak diskusi om.. kenapa bisa begitu.. apa memang ada perbedaan antara unit tes dan unit konsumen.. atau gimana.. kalau bedanya dijalan jauh kyk gitu normalnya kan power beda jauh.. tp kok ini faktanya cm 11 12 sm sonic.. itu yg jadi perdebatan.. emg yg paling fair ya buktiin real sonic vs fu fi dgn sama2 unit konsumen dengan pengambilan sample secara acak.. jujur aja om dulu aje ngetes fu fi powernya emg gila .. bahkan diatas cbr150 sekalipun..

    • paling enak sih beli terus test sendiri. kalo menurut lu takut suzuki cem R25 kekx Suzuki gak sgoblog itu. klo lu mw diskusi sharusnya liat sumber lain.

      media cem otomotifnet jg pst pny produk sonic. dan di test bersamaan. diliat dr resultnya ya dah kliatan kan?

      kalo masih keukeuh bahwa Fu Fi terjadi sunatan massal mending ente coba test ride aja di dealer suzuki adu ama sonice. gampang kan?

      kecuali ente gak mw org beli Fu Fi biar pada pindah ke sonice nah itu beda lg

      :v

    • Vixioner@
      ” kok ini faktanya cm 11 12 sm sonic.. itu yg jadi perdebatan.. emg yg paling fair ya buktiin real sonic vs fu fi dgn sama2 unit konsumen dengan pengambilan sample secara acak.. jujur aja om dulu aje ngetes fu fi powernya emg gila .. bahkan diatas cbr150 sekalipun..”
      =========={{{{{{{=======°°°°

      Itu udah lu jawab sendiri???
      Btw,,,tgl brp lu ngetesnya???

  36. Kesimpulan 150cc tercepat saat ini Satria FU FI
    250cc tercepat saat ini R25

    Yang koar2 ngeBC pasti belum pernah naikin kedua motor diatas

  37. roy@ ngoahahahaha.. ane kan udh bilang kalau ane udh test ride om.. kalau dibanding sonic waktu ane ngetes ya jauh om performanya.. cbr aja tepar apalagi cm sonic om :v
    ane kagak keukeuh fu fi sunatan masal om.. cm mempertanyakan aja hasil dynonya cm segitu.. bukan mau bc fu fi.. catet ane disini cm bertanya2 knapa powernya cm segitu.. tidak ada maksut lain apalagi sampe mau ngejatuhin pamor fu fi.. nggk ada untungnya om buat ane..

    • Haduh kasihan amat si agan ini. saya paham yang anda maksud. agan bilang Sonic > FU FI di dyno sedangkan di jalan FU FI menang telak dibandingkan dengan Sonic. lalu yang agan persoalkan kenapa bisa begitu. apakah mesin dyno-nya yang bermasalah atau ada hal lain yang mempengaruhinya.

      Fanboys memang sudah keterlaluan gan. kemampuan memahami mereka mungkin kurang. ditambah lagi mereka dibutakan dengan merk motor tertentu. bukannya membaca dan memahami komen agan dengan benar, malah mengambil kesimpulan yang jelas2 bukan maksud dari komen agan.

      Salam netral

  38. Not a Fanboy@ kalau kagak dibutakan merk atau apalah itu pasti paham apa yg ane maksut om.. kecuali emg udh fansboy kelas berat :v oke kalau ane emg koar2 tanpa bukti mau dibully oke2 aja.. lha ane aja komen berdasarkan fakta yg ada bahkan ane lampirkan beserta bukti2 nya.. dan bahkan ada yg mengira kalau ane bilang sonic ngalahin fu fi dari power, dll.. emg sejak kpn ane bilang kyk gitu ?? :v
    ngoahahahahaha padahal disini ane cm niat ngebahas hubungan antara unggulnya performa fu fi d bndg sonic yg begitu telak dengan fakta hasil dyno yg cm beda2 tipis atau unggul tipis dibanding sonic.. kejauhan kalau ngira ane mau bc kyk fansboy.. nggk ada untungnya buat ane.. mau sonic penjualannya 0 (nol) sekalipun kagak ada ngaruh2nya buat ane..
    salam netral juga bro

    abaydmz@ udh di post di ultraspeed kok bro..

8 Trackbacks / Pingbacks

  1. Power Satria Fu 150 Fi Bertambah, Hanya dengan Melepas Filter Udara | motorgoodness
  2. Wajar Sonic150r dan Mx King Takut dengan Satria Fi 150 Fi…..Inilah Salah Satu Penyebabnya… | motorgoodness
  3. Karakter Performa CBR250RR Seperti Satria 150Fi | motorgoodness
  4. Suzuki Mengais Asa dengan Sport 150CC GSX-R150. | motorgoodness
  5. Antara Satria Fu FI (K12) dan GSX-R150 | motorgoodness
  6. Beberapa Langkah Up-Grade Ringan Agar Power Satria FuFI Bisa Setara GSXR150 | motorgoodness
  7. Upgrade Power GSX R150 dengan SARP Full System Exhaust, Mudah dan Tidak Menggugurkan Garansi. Kok Bisa Ya ??? | motorgoodness
  8. Upgrade Power GSX R150 dengan SARP Full System Exhaust, Mudah dan Tidak Menggugurkan Garansi. Kok Bisa Ya ??? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan