Beberapa Langkah Up-Grade Ringan Agar Power Satria FuFI Bisa Setara GSXR150


satria-fi-vs-gsxr150

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Lahirnya gsxr150 memberikan gambaran bahwa engine satria fufi (k12) masih bisa ditingkatkan performanya. Jika dilihat perbedaan performanya yang hanya sedikit, sekitar 0.67 ps tentunya tidak sulit untuk dicapai engine satria fufi. Karena peningkatan powernya hanya sekitar 3.62 %, maka langkah yang dilakukan agar power satria fufi setara dengan gsxr150 tidak ekstrim, bahkan sangat sederhana.

Sebelumnya mari kita mengingat kembali beberapa eksperimen, yang dilakukan oleh beberapa modifikator/tuner saat satria fufi baru lahir. Berikut ini ubahan yang dilakukannya adalah melepas filter udara, power naik 0.48 hp, posisi power puncak naik 248 rpm [artikel]. Kemudian dengan hanya mengganti saluran pembuangan dengan knalpot racing, satria fufi mampu mengungguli satria karbu yang diracik untuk balap SIC (Suzuki Indonesia Challenge) [artikel]. Dari dua eksperimen di atas menunjukkan bahwa, tidaklah sulit untuk menaikkan performa satria fufi setara bahkan melebihi performa gsxr150.

Baiklah, sekarang mari kita lihat kira-kira bagian mana dari engine gsxr150 yang berbeda jika dibandingkan dengan satria fufi ?…

satria-fi-vs-gsxr150-spec

Perbedaan yang terlihat jelas adalah pada bagian power puncak dan rpm-nya. Jadi dengan menaikkan posisi power puncak satria fufi ke 11000, maka powernya akan melejit melebihi power gsxr150. Lihat tabel berikut

satria-fufi-like-gsxr150

Dengan menggeser power puncak satria fufi pada 11000 rpm seperti pada gsxr150, powernya naik dari 18.5 ps menjadi 20.34 ps (sudah di atas gsxr150). Bagaimana caranya ? …Berikut ini penjelasan sederhana mengenai cara peningkatan power dan posisi rpm power puncaknya :

  1. Seperti pada artikel sebelumnya [power satria fufi dikebiri], maka melancarkan saluran udara masuk adalah jalan terbaik. Bisa dengan memodifikasi filter udara sehingga lebih besar, menggunakan filter racing atau sekalian dilepas (cuma untuk test).
  2. Sedikit memodifikasi saluran intake, diperpendek 1 cm.
  3. Kalau ada dana, bisa tebus knalpot racing.

Jpeg

Sementara ini motogokil belum mencoba, akan tetapi secara teori langkah ini sangat tepat [teori pengaruh panjang intake runner]. Sampai saat ini, menurut motogokil pwr dan twr satria fufi sudah sangat mengerikan, jadi jika ditingkatkan lebih besar lagi, maka mau nggak mau untuk menunjang safety, kaki-kaki harus di-upgrade, minimal pakai bannya newcb150r.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

22 responses to “Beberapa Langkah Up-Grade Ringan Agar Power Satria FuFI Bisa Setara GSXR150

  1. Jossss fu fi makin mengerikan. Klo untuk ncb 150 ubahan sederhana pendongkrak power seperti apa?

  2. klo k45 buar setara gsx apa yg hrs dilakukan, sama2 pure overbore ?

  3. Fufi knalpotnya bs diganti silencernya aja gak sih kayak Fu lawas…

  4. lembiru saja k45 ne..coba rr mono

  5. NGERI om,,,

    nunggu upgrade ringan performa GSX nya

  6. Ajib fu fi.. NGERRIII, artikel yg ane tunggu nih. Pak dosen fu fi nya. Sudah di upgrade apa aja nih ???

  7. Pak, kalau memotong jalur intake bisa berefek ke naiknya tenaga, kenapa motor produksi massal ga pake intake pendek pendek aja ?

  8. kalau ECU nya ditukar bisa ga om ? atau mendingan pakai ECU rascing sekalian biar joss limit dibuat 14rb rpm

  9. Menurut saya karet intake diameter & panjang karet intake disamping ada rumusnya yg paling penting itu menyesuaikan dgn luas filter udaranya.

    *Jika filter udaranya kecil maka diameter karet filternya lbh kecil dan atau lbh panjang. Sebaliknya jika filter udaranya besar maka diameter karet filternya lbh besar dan atau lbh pendek.
    *Diameter dan panjang karet intake menentukan “kekuatan hisap mesin” udara yg melewati filter.

    Boleh lah iseng² motor standard karet filternya dipotong/dipendekin. Makin kencang atau justru drop, silahkan di buktikan…

  10. Sebenarnya menganti knalpot GSX-S150 sudah cukup meningkatkan performa satria fu fi.
    Coba perhatikan knalpot GSX-S150, headernya lbh besar dan lbh panjang dibandingkan header satria fu fi.
    Coba analisa pake rumus konversi pipa header/ karet intake.
    P1/P2 = d1/d2, P=panjang d=diameter
    (misalnya) diameter dalam pipa satria fu fi 24,5mm, panjang 1m. Sedangkan (misalnya) GSX-S150 diameter dalam 26,5mm.
    Maka seharusnya panjang header GSX-S150 adalah 26,5mm/24,5mm x 1m= 1,08m (supaya performanya sama). Tp Ternyata header GSX-S150 lbh panjang lagi, nah….

    Jd wajar jika GSX-S150 torsinya lbh besar. tekanan backpressurenya lbh tinggi krn diameter header lbh besar shg powernya lbh besar.

    • Seperti apa tuh pak. Pro capacitor .. bisa beri contoh

      • Pro capacitor itu alat penambah tenaga yang bisa merubah sifat bensin, oli dan bunga api. Sehingga setelah dipasang akselerasi jadi meningkat dan top speed nambah. Di beberapa mesin CB old dari yang asalnya mbrebet di 11500 jadi bisa mencapai 12000. Terasa bila berboncengan atau tanjakan.

  11. Pak Dosenn kalau Fu Fi dengan Teori Upgrade ini bisa tembus 20+ HP berarti Dengan Teori yang sama untuk menaikan power Fu Fi Maka GSXR150 Bisa 21+ Hp dong Ya? Bukannya Secara Mesin Basis nya Sama Beda Di Injektor ? sama Kalau GSXR Pasang Open Filter ( Model Kerucut ) + Knalpot Racing Harus ada Settingannya ? kalau Tidak setting apakah ada Efeknya Pak ? Terima KAsih

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan