ganti-oli-bloger

Perbedaan Karakter Power dan Torsi antara GSX R150 dan Satria Fu FI, Tidak Banyak.

Diposting pada

satria-fi-vs-gsxr150

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Lahirnya suzuki gsx r150 menyemarakkan pasar motor sport full fairing 150 cc ternyata cukup menarik perhatian. Karenanya gsx r150 sering dikomparasikan dengan rival-rivalnya yang telah eksis lebih dahulu yaitu cbr150 dan r15 [1]. Bahkan karena didukung engine dengan basis yang sama dengan satria fu fi (k12), layak juga untuk dibandingkan untuk diketahui perbedaannya.

Dan motogokil berusaha melengkapi komparasi antara satria fu fi dan gsx r150 [2], yang pernah ditulis sebelumnya, dengan tampilan hasil pengukuran dyno. Hasil ini merupakan gabungan dari hasil pengukuran yang dilakukan oleh kru otomotif di atas mesin dyno sportisi. Jadi karena mesin dyno nya sama, maka kedua hasil ini masih memadai untuk dibandingkan.

Berikut gabungan hasil dyno antara satria fu fi dan gsx r150…

dyno-satria-fufi-vs-gsx-r1150[sumber 3,4]

Terlihat perbedaan yang tidak signifikan pada grafik di atas, antara performa satria fu fi dengan gsx r150. Bentuk profilnya hampir sama, akan tetapi capaian maksimumnya berbeda. Begitu pula dengan power band-nya. Jika di tabelkan, komparasi hasil pengukuran mesin dyno dan spesifikasi resmi, power dan torsi kedua motor tersebut, sebagai berikut

dyno-table-satria-fufi-vs-gsx-r1150

Ada yang menarik dalam hasil pengukuran dyno ini, yaitu selisih performa antara gsx r150 dan satria fu fi menjadi lebih besar. Kalau sebelumnya dalam spesifikasi resmi, power gsx r150 lebih besar dari satria fu fi sekitar 0.7 hp, maka hasil pengukuran dyno selisihnya menjadi 1.39 hp. Begitu pula dengan torsinya, yang tadinya torsi gsx r150 lebih besar sekitar 0.2 N.m, di atas mesin dyno selisihnya menjadi 1.6 N.m.

Perbedaan lainnya adalah power gsx r150 pada rpm tinggi tidak mengalami penurunan yang berarti saat mendekati limiter. Dan dari grafik tersebut juga dapat diketahui bahwa power band gsx r150 lebih lebar dibandingkan satria fu fi. Kombinasi power yang lebih besar dan bodi yang lebih aerodinamis gsx r150 dibandingkan satria fu fi, menjadikan top speed nya bisa lebih tinggi. Tetapi karena pwr satria fu fi masih lebih besar dibandingkan gsx r150, maka dalam urusan akselerasi setelah lampu merah, satria fu fi masih di atas gsx r150.

Jadi jika suka berkendara laju dikecepatan tinggi di jalan panjang membelah angin, maka gsx r150 lebih ok. Sedangkan jika ingin selap-selip di jalan padat merayap, satria fu fi lebih lincah dan menyenangkan. Mau lincah dan kencang, ya beli dua-duanya.

Sementara sampai di sini dulu bro-sis pemirsa motogokil yang tercinta. Jika ada kurang dan salahnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.