[AISI] Mengapa Verza Bisa Bertahan Sementara yang Lain Tumbang ???


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Di awal kemunculan yamaha vixion, terjadilah fenomena tumbangnya sang raksasa. Bagaimana tidak honda megapro dan tiger yang begitu digjaya akhirnya tumbang. Begitu pula dengan suzuki thunder 125 yang juga perkasa berhasil menumbangkan mega pro, akhirnya juga ikut tumbang.

Menurut motogokil, ada beberapa penyebab diantaranya adalah modernisasi teknologi. Motor sport seperti mega pro, tiger revo dan thunder 125 masih mengusung teknologi lawas, yaitu sistem pendingin udara, sistem pengabutan radiator dan sok belakang ganda (double shockbreaker). Sedangkan vixion datang dengan begitu banyak teknologi baru, yaitu :

  • Sistem pendingin cairan
  • Sistem pengabutan injeksi (FI)
  • Monoshock
  • Plus frame deltabox

Pantaslah motor-motor berteknologi jadul bertumbangan.

Kemudian berganti tahun, baik honda maupun yamaha masih ingin tetap mempertahankan motor sport mermesin jadul dengan beberapa sentuhan. Maka lahirlah byson dengan monoshok dan kegagahannya. Juga lahir new megapro dengan monoshock dan rem belakan cakram, yang ingin menampilkan kebaruan dari model megapro lawas.

Tapi dua motor berpendingin udara ini tidak punya waktu yang cukup untuk eksis. Karena keburu lahir yamaha new vixion lightning dan honda cb150r. Dua motor ini sebenarnya beda segmen dengan nvl dan cb150r, akan tetapi tetap saja terkena imbasnya. Semakin lama semakin layu, bahkan setelah disematkan sistem pengabutan injeksi sekalipun. Hal ini karena yamaha juga terus berinovasi dengan new vixion advance-nya dan honda dengan all new cb150r nya.

Di tengah kelesuan pasar motor berpendingin udara, honda melahirkan verza dengan fitur minimalis layaknya megapro lawas. Tambahannya hanya sistem penagbutan yang sudah injeksi (pgm-fi). Dan meskipun terseok-seok di awalnya menghadapi pertempuran vixion vs cb150, lama-kelamaan verza mulai eksis mengambil pangsa pasar yang tidak tersentuh 2 jawara di atas.

Karena harganya paling murah di kelas motor sport dengan fungsionalitas yang tinggi, lambat laun verza mulai banyak peminatnya. Apalagi verza menawarkan style yang tidak jelek, konsumsi bensin yang sangat irit untuk sebuah motor sport serta performanya yang cukup, menjadikannya tiada lawan di segmen tersebut. Sehingga verza masih terus eksis sampai saat pasar motor nasional mulai menurun secara keseluruhan.

Melihat hampir semua segmen motor sport turun pangsa pasarnya (tahun 2017), honda (ahm) menyajikan facelift sehingga verz 150 berubah menjadi cb150 verza.

Style dari verza lama berubah drastis menjadi lebih segar dengan model retro (headlamp bulat). Dan ternyta direspon positif oleh pasar dengan menguatnya permintaan domestik. Pangsa pasar verza semakin menguat sementara beberapa motor setipe yang dulunya jawara mulai bertumbangan. Berikut ini gambaran distribusi motor-motor sport 150 cc berpendingin udara januari sampai mei 2018.

Bahkan saat ini cb150 verza sudah mengungguli vixion yang dulunya sangat perkasa sebagai raja motor sport 150cc [artikel].

Barangkali ada mas bro n sis yang penya pemikiran lain. Mengapa verza bisa terus eksis, sementara new mega pro fi dan byson fi mulai mati ?

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

4 responses to “[AISI] Mengapa Verza Bisa Bertahan Sementara yang Lain Tumbang ???

  1. Sebagai pemilik dr megapro injeksi dan verza. Mnrt saya megapro itu desain headlamp kurang apik, shock belakang keras, akselerasi kurang, slebihnya OK. Klo verza irit, dual shock empuk dan nyaman, kurang apik desain knalpot, akselerasi bawah ampe menengah nampol.

  2. desain lumayan
    torsi lumayan
    perawatan mudah
    irit bbm

  3. Minal aidin walfaidzin,, mohon maaf lahir dan bathin pak dosen,, Mungkin udah nyampai titik jenuhhh,, di vixion dan sport yg lain yaa..

  4. Alasannya cuma harga. Itu aja

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan