CBR 150R Facelift VS R15 V.3 VS GSX R150, yang Menang Bukan DOHC. Tapi Overbore


gsx-r15-cbr

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Kemarin para vloger dan bloger otomotif sudah selesai menjalani test ride gsx r150 di sirkuit sentul. Karena sirkuitnya sama, bahkan rider yang nge-test ada juga yang sama, maka cukup layak untuk membandingkan r15 v.3 dan gsx r150. Dan yang apling menarik adalah membandingkan performa r15 v.5 dan gsx r150, karena merupakan motor yang masih sangat fresh dan memiliki performa di atas kertas yang mirip, meskipun kapaistas silindernya berbeda cukup signifikan.

Pada test ride r15 v.3 sebelumnya, data yang paling bisa dipercaya (untuk sementara ini) adalah video rekaman rider otomotif. Dari rekaman tersebut, dicapai topspeed r15 v.3 versi speedoemeter sebesar 144 kpj. Lihat penampakan screenshot nya

r15-topspeed-otomotif-sentul

Sementara untuk gsx r150, diperoleh topspeed sebesar 148 kpj, lihat screenshotnya (sayang tidak/belum tersedia videonya)

top-speed-suzuki-gsx-r150

Jika dianggap data tersebut valid (speedometer masing-masing memiliki deviasi yang mirip), maka terlihat bahwa gsx r150 lebih powerfull di lintasan sentul, dibandingkan r15 v.3. Meskipun di atas kertas power r15 v.3 lebih besar, akan tetapi selisihnya hanya 0.2 ps sedangkan r15 v.3 memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan gsx r150. Maka PWR dari kedua motor ini bisa dianggap mirip. Lalu apa yang membedakan performa keduanya ?

Kalau ada videonya, tentu bisa lebih menjelaskan. Karena raihan topspeed di ujung stright sentul juga tergantung berapa kecepatan awal saat keluar dari tikungan terahir. Nah jika kecepatan awal mulai pada kecepatan yang sama kemudian kecepatan ahirnya berbeda, barulah bisa disimpulkan secara lebih komprehensif mana yang lebih.

Jika dilihat speedometernya tampak bahwa saat topspeed masing-masing tercapai, putaran engine gsx r150 lebih tinggi. Dari gambar tersebut juga kecepatan ahir gsx r150 yang lebih tinggi sedikit dibandingkan r15 v.3. Jadi kesimpulan sementara gsx r15 lebih kencang, karena pada putaran engine yang sama (misalnya 10500 rpm) masih memiliki akselerasi sehingga baik rpm dan speed nya dapat naik lebih tinggi lagi. Sedangkang r15 pada 10500 rpm sudah stagnan, powernya sudah tidak mampu mengalahkan hambatan angin untuk menambah speed-nya.

Dari data brosur masing-masing, 3 motor yang akan bertarung memperebutkan pasar motor sport full fairing 150cc ini bisa dikatagorikan menjadi 3 macam engine yang cukup berbeda :

  1. Near square 57.3 mm x 57.8 mm, DOHC yaitu cbr 150r dengan power 17.1 ps @ 9000 rpm
  2. Near square 58 mm x 58.7 mm, SOHC yaitu r15 v.3 dengan power 19.3 ps @ 10000 rpm
  3. Overbore 62 mm x 48.8 mm, DOHC yaitu gsx r150 dengan power 19.2 ps @ 11000 rpm

Terlihat bahwa meskipun dohc, jika power puncaknya diletakan pada putaran mesin rendah powernya akan kecil. Sebaliknya jika engine SOHC berani bermain di putaran tinggi maka powernya akan besar. Dan untuk engine overbore (meskipun SOHC, misalnya CS1), menjadi keniscayaan bahwa kalau mau optimum performanya, maka harus bermain di rpm tinggi. Jadi yang menjadikan performa suatu engine optimum bukan “hanya” SOHC atau pun DOHC, akan tetapi posisi power puncaknya. Nah dengan “volume yang sama”, maka engine overbore akan memiliki potensi yang lebih besar dalam mengail power di rpm atas karena beberapa sifatnya yaitu :

  1. Stroke nya pendek, maka pistonspeed di rpm tinggi cukup rendah dan relatif masih aman bagi ring piston, piston dan dinding silinder.
  2. Diameter silinder yang lebar, akan memberikan keuntungan berupa lobang porting intake dan exhaust yang lebih lebar, sehingga sangat mendukung untuk mendapatkan VE optimum di rpm tinggi.
  3. Dengan diameter silinder yang lebar juga memberikan sedikit keuntungan dalam hal sudut antar klep yang lebih kecil, sehingga klep lebih tegak. Hal ini memungkinkan engine dapat bekerja pada putaran tinggi dengan lebih aman, kemungkinan klep berbenturan semakin kecil. [Untuk bahasan sohc dan dohc secara lebih rinci bisa dilihat di sini]

Apalagi jika engine overbore dilengkapi dengan penggerak klep DOHC, klep bisa lebih tegak lagi. Maka keunggulan disisi performa pada gsx r150 ini, lebih disebabkan oleh karakter overbore-nya. Sedangkan dohc hanya memberikan kontribusi sedikit untuk masalah sudut klep dan pergeseran timing buka-tutup klep saat ingin upgrade VE. Sisanya mungkin malah menjadi kelemahan dibandingkan sohc, yaitu masalah rugi-rugi mekanik dan gesek di sekitar rocker arm, camshaft dan timing gear.

Dan dengan konsruksi engine overbore + dohc, gsx r150 mampu menandingi r15 v.3 yang powernya lebih besar, padahal volume silinder gsx r150 hanya 147.4 cc sedangkan r15 v.3 volumenya 155.2. Jadi kalaulah engine gsx r150 disamakan kapasitasnya dengan r15, menjadi 155c maka gsx r150 bisa lebih unggul lagi.

Bagaimana dengan cbr 150r facelift ? Karena dari perhitungan pwr paling kecil, maka jika dianggap koefisien drag ketiga motor-motor ini setara, tetap saja sulit bagi cbr 150r menyamai performa kedua rival-rivalnya. Apalagi power puncak cbr 150r diletakkan di rpm yang paling rendah, maka meskipun trek yang disediakan cukup panjang akan percuma, karena pada power disekitar limiter yang rendah 11000 rpm, powernya sudah turun tidak akan mampu memberikan akselerasi lagi.

Bagaimana caranya cbr 150r facelift menyamai performa r15 dan gsx r150 ? Tunggu artikel berikutnya…

Jika ada kurang dan salahnya, mohon maaf. Mohon masukan bagi suhu-suhu yang lebih ahli. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

54 responses to “CBR 150R Facelift VS R15 V.3 VS GSX R150, yang Menang Bukan DOHC. Tapi Overbore

  1. Satu DOHC Overbore, satu DOHC Overstroke, Satu SOHC Overstroke. Kalau ada SOHC Overbore juga seru kali ya

  2. Berarti kelihatannya ya pak kalau DOHC Overstrokenya AHM serba salah ? Dohc mendukung rpm tinggi tapi ketahan sama piston speed. Sementara mau dipaksa ketahan sama rugi rugi gesek yang lebih banyaj

  3. Yang dibahas kok top speed melulu ya? padahal yang penting kan pada jarak tertentu berapa kecepatan dan waktu yg diperolehnya. Sedangkan pada harian yg digunakan kan bukan top speed tapi akselerasi dlm “menabok” kendaraan yg akan disalib.
    Sedangkan top speed hanya berguna jika jalanan sepi dan jarak yang panjang minimal 700mtr.

    :mancing mania:

    • biasa mas, bloggernya speed freak yang mentingin top speed. cuma dari top speed saja dia bisa bilang gsx-r150 yang menang. aspek motor cuma speed doang bagi si blogger. padahal si gsx-r150 lepas spion dan jauh lebih ringan dari r15.

      • Ralat lagi.. Bobot r15 37 kg lebih berat ckup jauh di banding rival… Dan beban ban dan pelek lbih besar 4inch/140/70 untuk ban… Ibaratnya sprty race irs sprty di banduli barbel berat.. Coba kalau kedua riva beratnya sama atau gak beban ban dan pelek sama.. Ane ykin r15 yg pling unggul

        • tapi mas blogger beralasan kalau r15 memiliki kapasitas lebih besar 7.8 cc dari gsx-r150. jadi gsx-r150 > R15

        • segala berat disuruh kurang2in, namanya motor standar yaudah standar gitu, kok coba begini coba begitu? minta aja sana sama produsennya suruh nyamain berat kaya gsx.. segala lepas spion bisa lebih enteng, yailah spion 1kilo kaga adee….

          • Waduuhhh…sampeyan nyindir yg punya warung???
            Doi kan lagi berandai2 juga… Seandainya cc nya gsxr bla bla bla… So, intinya saat ini unggul ya unggul…perkara besok ko ya akui lagi…ngono tho…??
            Ekekekekekekekekek….

          • Seandainya GSX dibuat plek sama persis R15, pasti hasilnya imbang. Dah biar puas semua.

  4. Dari vidio test mas iwb limiter tembus 1300rpm ada pengaruhnya dgn tenaga mas

  5. overbore e mantep yo…

    Honda CBR150 jadi paling cemen: http://wp.me/p7LBn5-2r2

  6. Dari video terlihat jika R15 kluar tikungan terakhir sangat lambat sekitar 80an KPJ karena tidak boleh mendahului sweeper di depan, idealnya sudah diatas 100 KPJ. Namun diujung straight masih bisa dapet 144 KPJ. Jadi akselerasi R15 bisa jadi lebih baik dari GSX R150

  7. maklum.. honda kan gak punya jati diri, buat ngalahin vixion bikin engine DOHC Overbore yg katanya superior (old CB150) . ealah trnyata kurang greget ato apalah dg alasan ndk jelas brubah lg liat merk ttngga gesit ngikut bikin mesin square. eeh … skrng malah di kamplengin ama real DOHC (GSX) & SOHC superior ala Yamaha. & skrng galau lg mau ngrubah mesin yg kek gmna, facelift lg .. ngoahaha..

    • Gw curiga AHM mainnya bikin metik 150 cc kelas wahid pol2an.. Buat ngamplengin nmax sekaligus sport 150 yg kebetulan CBR jadi inferior begini..

      Grup astra ngga mungkin diem aja..

      • Oiya ada satu lagi.. Apa mungkin kondisi Mesin 150 cc nya honda jadi bahan olokan dia bakal ngasih tiger reborn buat maksa orang2 pindah naik kelas.. Tiger 200 cc dohc overbore stroke 55mm..

  8. Jangan bandingkan dngn R15 yang masih prototipe, setengah tahun lg baru produksi, ingat kan kasus R25 , waktu tes pake prototipe joz,waktu maspro sampai konsumen malah disunat… kemarin Yamaha cuma panic launching, menjual “harapan” agar orang nahan beli GSX yang kencang dan murah

    • Enggak lah.. Intinya r25 kalau dites lawan ninja 250 kn menang r25 jgn samain cbr250rr.. Di juga nnti bakal di bantai sma r25 facelift…brty kalau r15 di tes lwan cbr150 psty mnang r15

      • Wkwkwk, yakin lu r25 ngebantai cbr250rr, mo dikasi power brpa? 40 ps?? Gnti desain mesin dlu baru bisa 40 ps standar

        • CBR250r menang apa >> drag apa circuit >> mesin standaran apa oprek ?? belom tentu
          lets see di irs dan arrc 2017 ini bagaimana kiprahnya mesin baru cbr250rr

          • Ngomongin.standar mas.rralnya memang cbr250rr terbaik dikelasnya. Klo r25 mau ngalahkan.cbr250rr jangan nambah cc.nanti ujung2nya jadi 300 cc.sudah dijelaskan klo.ko lawan.cbr250rr paling ganti mesin

  9. kalo treknya sama ,bahas topspeed otomatis menunjukan akselarasi juga, yang nyinyir coba kalian plajari fisika dasar wkt smp… beda kalo topspeednya beda tempat,y memungkinkan jarak tempuh berbeda #mikir

  10. Karakter overbore mah gitu.. harus pinter-pinter gantung RPM.
    kalau shiftingnya salah malah jadi tenaganya ngedrop..
    good job suzuki..

  11. ini pak dosen video dari otomotif

  12. Kok near square mas? Setahu saya itu bahasa marketing.

  13. GSXR150 apakah mungkin bakal ada upgrade lagi, pak? facelift mungkin disebutnya. Karena melihat rivalnya R15 V.3 dengan fitur yang lebih unggul dan juga power yang beda tipis.

    Saya ada rencana untuk beli gsxr150 soalnya. Kalau emang bakal ada upgrade lagi, lebih baik saya tunggu dan pakai motor lama dulu si FU.

  14. CS1 12.8 dk @ 10.000
    GS 13 dk @ 7500 -> Geser ke 9500 dah dpt 16.4dk (teori)

    huehehehe

    :v

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting