ganti-oli-bloger

Akselerasi All New R15 di Gigi-6….Loyo

Diposting pada

r15-topspeed-otomotif-sentul

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah mengetahui spesifikasi performance all new r15 (r15 v.3), kemarin test rider otomotif menyampaikan rekaman topspeed nya. Top speed yang dicapai di sirkuit sentul international tersebut, cukup bisa dijadikan acuan untuk mengukur performa r15 v.3. Karena lintasannya memadai, dan test rider nya juga sangat terlatih.

Raihan topspeed r15 v.3 cukup tinggi, mencapai 144 kpj (versi speedometer). Dan top speed ini jauh di atas r15 v. yang hanya mencapai 133 kpj. Topspeed ini juga sudah berada di atas all new cbr150r 2016 (k45g) yang hanya mencapai 138 kpj. Berikut ini data hasil tes sebelumnya.

data-test-otomotif

Jadi jika hasil topspeed-nya lebih besar, ya wajar karena powernya juga lebih besar (lebih dari 2 ps). Tapi jika dilihat videonya di sini, maka kita dapat melihat dengan seksama, bahwa r15 v.3 kali ini karakternya tetap mirip seperti motor harian. Yaitu biasanya gigi-5 akselerasi kuat, dan gigi-6 loyo, itulah yang terlihat dalam video. Mari kita lihat tabel hasil kompilasi waktu-rpm-kecepatan nya.

 

r15-akselerasi-otomotif-sentul

Grafiknya

r15-akselerasi-grafik-otomotif-sentul

Pada gigi-5 akselerasi rata-ratanya mencapai 10 kpj/7 detik, atau sama dengan 1.428 kpj /detik. Sedangkan pada gigi-6 akselerasinya turun drastis menjadi 0.9 kpj/detik. Dan setelah mencapai 144 kpj, kecepatannya sulit nambah meskipun sudah nunduk dan mungkin juga full throttle selama 3 detik. Jadi pada gigi-6 r15 yang ditunggangi test rider otomotif gagal menyentuh redline, apalagi limeter (limiter ada di sekitar 11500 rpm).

Menurut motogokil, agak sedikit disayangkan, mengapa pada gigi-6, r15 v.3 ini gagal menyentuh redline. Karena posisi power puncaknya berada di 10000 rpm, tetapi pada gigi-6 tersebut hanya mampu naik sedikit (500 rpm). Hal ini menunjukkan bahwa yamaha sengaja mengatur kurva power r15 v.3 ini, ketika telah mencapai power puncak 19.3 ps, kurvanya langsung turun drastis. Mungkin sengaja dibatasai untuk alasan tertentu.

Jangan dibandingin sama satria fu fi ya, karena “katanya” lain kelas. Karena satria fu fi motor underbone ayam jago, bobot nya lebih ringan, jadi wajar kalau lebih kencang. Bahkan lebih kencang dari all new r15 v.3. Kalau dibandingkan gsx r150 bagaimana ? Kita tunggu hasil test ride siang ini.

satria-fufi-topspeed[sumber]

Pastinya raihan topspeed r15 v.3 yang mencapai 144 kpj sudah lumayan tinggi untuk kebanyakan jalan umum di Indonesia, sudah cukup. Dan lagi kebanyakan rider di Indoensia, terutama fby, tidak akan terlalu memusingkan masalah top speed. Yang terpenting akselrasinya mantab untuk menyalip bis dan tampang/style nya ok, bisa meningkatkan kegantengan rider-nya.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.