ganti-oli-bloger

Komparasi Akselerasi Yamaha R15 V.3 VS GSX R150 di Sentul [Test Ride Otomotif]

Diposting pada

gsx-r150-vs-r15-v3

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kedua motor ini (gsx r150 dan r15 v3) telah di test oleh test rider otomotif (sama ridernya), dan sirkuit yang sama (sentul). Videonya pun sudah ada di youtu*e, jadi semuanya bisa diliihat dan dianalisis secara bebas. Motogokil coba berangkum beberapa kejadian yang penting untuk menyimpulkan secara kasar akselerasi masing-masing motor.

Dari test r15 motogokil coba ambil frame ketika motor baru keluar dari tikungan, perpindahan gigi, tercapainya topspeed maksimum dan kondisi di waktu/trek tersisa setelah maksimum. Untuk yamaha r15 v.3 bisa dilihat gambar berikut;

top-speed-yamaha-r15-otomotifs

Berikut ini cuplikan untuk gsx r150

top-speed-suzuki-gsx-r150-aans

Dari gambar-gambar di atas kemudian dibuatlah tabel sederhana untuk menghitung akselerasinya. Dan hasilnya cukup mengejutkan

gsx-r150-vs-r15-v3-acceleration

Terlihat dari tabel r15 v3, menunjukkan akselerasi yang dahsyat, hampir dua kali lebih kuat dibandiingkan gsx r150, di gigi-4, 9500 rpm (menjelang power puncak). Kemudian akselerasinya menurun setelah melewati kecepatan 114 kpj (gigi-5), akan tetapi masih lebih kuat dari gsx r150. Dan pada gigi-6 setelah melewati 135 kpj, akselerasinya terus menurun hingga 0.9 kpj/detik . Dan akhirnya setelah kecepatan mencapai 144 kpj, akselerasinya hilang alias nol.  Meskipun demikian, dengan hasil ini, sepertinya jika adu drag dari 0- 100 kpj, r15 akan mengungguli gsx r150.

Sedangkan akselerasi gsx r150 paling kuat terjadi di pada gigi-4 menjelang 11000 rpm, tapi akselerasi ini jauh lebih kecil dibandingkan r15.  Akselerasinya juga terus menurun, seiring dengan bertambahnya rpm dan naiknya gigi versneleng. Akan tetapi karena memang power band gsx r150 terletak di rpm tinggi, maka masih terasa ada akselerasi, bahkan di gigi-6 di atas 11000 rpm (meskipun kecil. 1 kpj/detik). Dari hasil ini terlihat, jika adu drag di lintasan lurus dan cukup panjang, gsx r150 akan mengungguli r15.

Jadi dua motor ini ternyata masih membawa karakter sejati mereka. R15 overstroke, torsinya kuat mulai dari bawah sampai power puncaknya. Sedangkan gsx r150 yang overbore, akselerasi lebih kalem, akan tetapi powerband nya lebar bahkan gigi-6 hampir sampai redline. Dan kecepatannya masih terus tumbuh meskipun perlahan (tidak sampai rpm berapa akselerasinya nol).

Sementara sampai disini dulu, para pemirsa motogokil. Mohon maaf kalau ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.