ganti-oli-bloger

[DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Bongkar Bak Magnet/Alternator [ Bagian – 3 ]

Diposting pada

alternator

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampaik ke tujuan.

Melengkapi literatur bongkar2 mesin megapro sebelumnya [1, 2, 3], kita lanjutkan membongkar bak magnet beserta isinya. Berikut langkah2nya :

1. Lepas bak megnet, dengan melepas semua baut pengunci dengan menggunakan kunci sok 8. Perhatikan ada baut yang panjang dan ada yang pendek, saat memasang kembali jangan sampai tertukar, crankcase bisa jebol.

20 lepas baut tutup magnetDan inilah penampakan tutup bak magnet bagian dalam20 tutup magnet dan stator koilBiasanya pada bagian inilah (spul/stator) dilakukan modifikasi untuk merubah pengisian dari half wave menjadi full wave.

2. Mengendorkan mut pengunci magnet, dengan menggunakan alat batu magnet holder

21 lepas mur magnetJika tidak ada magnet holder, bisa menggunakan stud/baut panjang untuk menggajal. Tentukan bagian mesin/motor yang kuat menahan baut tersebut (misalnya footstep atau as swing arm), tahan pada bagian magnet yang menonjol, pulser.

tahan magnet pake stud[Sumber : auto-champion.blogspot.com]

3. Copot magnet dengan menggunakan treker/puller magnet yang cocok (drat-nya beda2 antar motor)

21 copot magnetKalo mau irit mending pake treker/puller universal kaki 2 atau kaki 3.

puller kaki 2 n 3

4. Jangan sampai terlewat dengan menyimpan spie magnet, karena bentuknya kecil jadi rawan hilang. Letakkan saja di magnet biarkan menempel nempel.

21 spie

Nah sampai langkah ini, rante mesin/kamprat sudah kelihatan. Jadi bongkar bak magnet dan isinya juga merupakan salah satu langkah dalam mengganti rante kamprat, selain membongkar head.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.