[DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Pengenalan Awal dan Persiapan


mega pro primus

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Belum selesai bongkar Pulsar 180 UG4, ketika sampai pada pembongkaran bak kopling dan bak magnetnya, kok malah teringat dengan pengalaman membongkar engine/mesin honda mega pro 160cc (mega pro primus), karena isi mesinnya mirip banget. Berbekal dengan pengalaman lama ditambah dengan beberapa literatur, ane coba tuliskan pengalaman ane tersebut dalam beberapa artikel tahap pembongkaran mesin mega pro. Tahapnya ada 6, yaitu

  1. Mencopot semua yang menenpel di mesin
  2. Membongkar bak kopling
  3. Membongkar bak magnet/alternator
  4. Menurunkan Mesin
  5. Membongkar head dan silinder
  6. Membongkar blok mesin /crankcase.

Sebelum melakukan pembongkaran sebaiknya dipersiapkan dulu, komponen2 yang mau diganti/dimodif, alat2/tools dan bahan. Biasanya yang dipersiapkan adalah

  1. Tempat dan waktu,ย  jelas harus diluangkan, karena bisa berlangsung lama. Apalagi bagi yang baru coba2 (jangan takut mencoba, semuanya pasti ada jalan untuk “bisa”, jika mau usaha)
  2. Motornya harus ada, ya jelaslah.
  3. Part yang harus disediakan, sil2 (untuk kick starter, gir, dan versneling), packing-gasket (bak kopling, bak magnet, blok dll), sealent, oli baru, greese/stempet, bensin, sabun colek, serbet/kain-lap, tisu
  4. Kamera/hp, untuk memotret setiap tahap, agar bisa digunakan untuk membantu saat pemasangan kembali. Bisa juga di-upload sebagai artikel
  5. Alat2/tools terdiri dari palu besi, palu karet, kunci sok (8,10,12,14,17 dan 19), kunci pas, obeng + dan – (kecil dan besar), obeng ketok, tang untuk membuka snap-ring, treker khusus lock-nut, treker magnet, dll.

Sebagai gambaran awal, bagian2 inilah yang akan kita bongkar

mega pro primus mesinMelepas semua bagian yang melekat di mesin, seperti karbu, knalpot, footstep, kabel kopling, kabel speedometer, kick starter, cop busi, soket alternator, gir dan rante, pedal versneling. Masih ada yang kurang nggak bro?

transmisiBak kopling dan isinya

alternatorBak magnet dan isinya

penurunan mesinMenurunkan mesin

head cylinderHead cylinder dan isinya

bore cylinderCylinder /bore dan piston

crank n transmissionBlok mesin/crankcase dan isinya (bandul/crankshaft dan gir rasio transmisi).

Lumayan banyak, ya bro. Akan tetapi nggak perlu berkecil hati melihat banyaknya komponen2 tersebut. Nanti kalau sudah dipegang tangan gampang hapalnya. Ente semua lama2 bisa hapal semua komponen, seperti halnya mekanik handal. Mau tau ente sudah hapal apa belum ???…… Kalau sempat dipraktekkan ya, apa yang harus dilakukan saat mekanaik mau lulus ujian untuk satu motor (silahkan tanya sama mekanik yang pernah kursus mekanik).

Tahapannya kira2 begini :

  1. Calon mekanik diperintahkan untuk membongkar total sebuah mesin utuh sampai bercerai berai. Komponen yang paling kecil juga ikut dibongkar
  2. Semua komponen diaduk dalam wadah besar, dikocok2
  3. Kemudian calon mekanik diperintahkan untuk merakit ulang, sampai komponen di wadah habis, tidak boleh ada yang tertinggal
  4. Motor dinyalakan, bila berhasil, maka calon mekanik lulus untuk motor tersebut. Kemudian pindah ke motor lainnya.

Sampai disiniย  tahap pengenalan dan persiapan membongkar mesin megapro. Mungkin tahap2, teknik dan tip yang dilakukan bisa diaplikasikan untuk membongkar motor2 lain dengan basis mesin yang mirip, misalnya honda gl series (100, 125, 200/tiger, new mega pro) , yamaha scorpio, byson, kawasaki binter mercy, klx 150, suzuki thunder 125, pulsar series (100, 125, 135, 180, 200, 220) dan lain2.

Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan, kepada suhu2 yang lebih ahli dan lebih kompeten mohon koreksi dan masukannya. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wR wB.

 

Advertisements

27 responses to “[DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Pengenalan Awal dan Persiapan

  1. josss bro
    banyak spesial tools gak?

    • nggak, selama tidak membongkar big-end, copot bearing, paling special tool yang dibutuhkan cuma kunci mahkota buat buka lock nut dan treker universal buat nyopot magnet. Yang lainnya bisa diakalin.

  2. Pada dasarnya semua mesin (1 silinder) sama yg beda cuma spec-nya

  3. Komenku neng endi yo..

  4. belajar boleh…. tapi kalau tidak ahli dibidangnya tidak perlu dipaksakan. Bisa-bisa bingung balikin pasangnya ๐Ÿ˜€

  5. Ya mas tapi kok belum berani bongkar sendiri keinginan gede tapi takut ga bisa pasangnya,terus kekencangan mur baudnya kan ada ukurannya berapa kgm gimana caranya ga punya buat torsimeternya mas?

  6. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Copot Semua Yang Terhubung ke Mesin [ Bagian - 1 ] | motorgoodness

  7. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Copot Semua Yang Terhubung ke Mesin [ Bagian - 1 ] – UratMalu

  8. keingetan bongkar megison ndak punya kunci :v

  9. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Belah Crankcase/Blok Mesin [ Bagian - 6 habis] | motorgoodness

  10. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Belah Crankcase/Blok Mesin [ Bagian - 6 habis] – UratMalu

  11. tank’s saran and gambarnya…ane jadi tau seluk beluk mesin

  12. sipp mas,makasih

    kmaren nyoba bongkar mesin megapro, alhmdulillah selesai ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

    ==agak lama juga balikinnya,bongkar_pasang ber ulang2 krn salah ==

  13. Ass suhu saya ingin sekali belajar tentang mesin apa guru buka tempat pelatihan nya kalau ada di mna ya guru trimakasih

  14. askum…
    gan mo tanya, motorku neotech 125 .plat penahan rante kamrat yg di belakang magnet namanya apa? fungsinya apa? karna dimotorku gk ada itunya. apa ada efek buruknya?
    matursuwuuun

    • kurang faham bro, kebetulan ane nggak punya manual service glmax neotech 125. Mohon maaf bro

      • Mas saya mau tanya.. mohon dijawab ya.. motor saya tiger revo th.2007 kalo di selah kaya ada bunyi bletak gitu.. terus kalo di off pas mesin mati juga ada suara itu.. itu dari apa ya? Katanya stang piston kurang balance.. apa iya?

        • Apa yang harus saya lakukan dan.. kalo dibiarkan dampaknya bagaimana? Hatur nuhun

        • coba dengarkan suara bletak nya dari mana ?
          mungkin bukan dari piston, akan tetapi transmisi atau crankshaft

          • Bunyinya terdengar jelas kalau didengarkan di bagian kanan mesin tepat di tengah mesin antara bagian head sama blok magnet ..terima kasih sebelumnya sudah dijawab om.. saya coba konsul ke bengkel.. bengkel satu bilang itu pelor stater.. dan bengkel satunya lagi bilang itu gir primseknya.. dan bengkel yg lain bilang itu craksaftnya.. ko bisa beda2 gitu ya om? Apa masalah seperti ini jarang terjadi.. tadinya saya ingin tahu dulu masalahnya.. jadi saya punya gambaran buat estimasi biayanya.. soalnya saya kapok bengkel sekarang suka sering nebak yg lain2.. bener ga… hehe.. jadi kira2 apanya ya om ?

          • memang kalau cuma berdasarkan bunyi, hanya mekanik handal yang mempu mendiagnosisnya
            yang benar dan presisi bisa didagnosis dengan cara membandingkan suara engine saat baru dan saat sekarang. Dan itu bisa dilakukan oleh diagnostik tool yang sangat canggih yang menerapkan engine sound recognition, dengan mengambil ciri dari proses fast fourier transform. Dulu ane pernah mau bikin alatnya, tapi belum kesampaian.

            Kalau bunyinya disekitar silinder, menurut ane ada 2 kemungkinan :
            1. dinding silinder sudah “nggentong” alias tidak simetris, sehingga saat piston terkena tekanan tinggi piston terguncang dan skirt piston mengetuk dinding piston dengan keras. karena kerenggangan antara dinding silinder-piston bertambah lebar, maka suara bertambah keras.
            2. bertambahnya clearence antara lubang di smallend conrod-pin piston-lubannya di piston, sehingga saat terkena tekanan keras keluarlah bunyi dari benturan pin disekitar daerah tersebut.

            mohon maaf ye kalah ternyata salah.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting