[DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Bongkar Bak Kopling [ Bagian – 2 ]


transmisi

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Setelah menyelesaikan tahap sebelumnya, yaitu mencopot semua part yang melekat di mesin, kita lanjutkan untuk membongkar bak kopling. Seperti terlihat di gambar bagian atas bagian bak kopling beserta isinya termasuk banyak, jadi kita harus mempersiapkan kunci2 yang dibutuhkan dan wadah khusus untuk baut dan mur, agar tidak “ketlisut”.

Mari kita mulai membongkar bak kopling, dengan beberapa tahapan yaitu :

1. Lepas semua baut pengunci bak kopling, kemudian copot bak dengan menarik keluar. Kalau sulit (lama tidak dibuka), diperlukan pengungkit pada cupingan2 yang sudah disediakan. Ungkit pelan2 dan hati2, jangan sampai cupingannya pecah.

12 lepas baut bak koplingPenampakan bak kopling dari sisi dalam, biasanya yang sulit terlepas adalah pada bagian pin dowel. Gasket biasanya rusak, sedikit atau banyak, karena itu siapkan sealant atau gasket baru.

12 bak kopling

2. Lepaskan 3 baut tutup filter sentrifugal, kemudian copot tutupnya. Bandingkan dengan isi bak kopling pulsar 180 ug4, mirip kan ?

12 lepas baur filter sentrifugal

3. Jika diperlukan, pompa oli juga bisa dilepas, dengan melepas 2 buah baut menggunakan obeng +. Jika sulit gunakan obeng ketok (impact driver) secara hati2.

12 lepas pompa oli

4. Lepas lock nut (mur pengunci) di dalam filter sentrifugal dengan menggunakan treker khusus (kunci mahkota), putar ke-kiri untuk membuka. Beri penahan antar gir reduksi primer dengan sesuatu yang kuat tapi tidak membuat gir cacat.  Kalau dibengkel besar ada alat khus (gear holder), berbentuk potongan gir/besi kecil.

14 lepas lock nut filter sentrifugalCopot rotor saringan oli sentrifugal, hati2 jangan sampai ring/washer pengunci hilang.

14 copot filter sentrifugal

5. Lepas plat penekan/pengungkit kopling beserta per kopling dengan melepas 4 buah baut, minimal dalam 3 tahapan pengendoran. Langkah ini sama jika kita hanya ingin mengganti per kopling yang lebih kenyal, tanpa harus melewati langkah 2-4.

15 lepas baut rumah kopling

6. Lepas lock-nut pengunci rumah kopling dengan menggunakan kunci sok mahkota, sama seperti saat melepas lock-nut di filter sentrifugal

16 lepas lock nut rumah koplingPenampakan setelah kampas-palt kopling dicopot, sampai langkah ini bisa digunakan ketika kita ingin mengganti kampas kopling aftermarket yang lebih baik dari std.

16 rumah kopling2Penampakan setelah rumah kopling dicopot

17 poros spindle versneling

7. Tarik sampai copot poros spindel pemindah gigi keluar

17 copot poros spindle versneling

8. Lepaskan bubungan (bintang) pemindah gigi (terhubung dengan shift drum dalam crankcase), dengan melepas baut penunci.

18 poros shift drum dan stopperPenampakannya setelah dilepas

19 bubungan shift drum

Apa ada yang masih kurang bro ???

Demikan langkah pembongkaran bak kopling dan isinya. Mohon maaf kalau ada salah dan kurangnya, bagi suhu2 yang lebih ahli dan lebih kompeten mohon koreksi dan masukannya. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

25 responses to “[DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Bongkar Bak Kopling [ Bagian – 2 ]

  1. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Copot Semua Yang Terhubung ke Mesin [ Bagian - 1 ] | motorgoodness

  2. Saya cuma bisa bongkarnya aja masangnya ga,kan harus pakai torsi mungkin mas gimana ukuran kekencangannya.

    • kalo mau gampang, sebelum dibongkar bautnya/mur diberi tanda bisa pake spidol waterproof atau lainnya. jadi waktu ngencengin, diliat aja sdh balik ke tanda tsb apa belum.

  3. Ingin sih bongkar macan tua cuma yaitu takut ga bisa balikin,rasanya ragu pengin bersihin ruang bakar

  4. Saya bisa pinter kalau abis bongkar pasang lagi tapi mas iwan harus mendampingi jd klo salah kan bisa mas iwan ingetin kalu ekali dua kali tiga kali mungkin masih keder, tapi kempat kalinya mungkin masih keder juga hehehe….

  5. Saya bisa pinter kalau abis bongkar pasang lagi tapi mas iwan harus mendampingi jd klo salah kan bisa mas iwan ingetin kalu sekali dua kali tiga kali mungkin masih keder, tapi kempat kalinya mungkin masih keder juga hehehe….

  6. dulu bongkar megison, ndak punya kunci buka kopling :v

  7. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Menurunkan Mesin [ Bagian - 4 ] | motorgoodness

  8. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Bongkar Head dan Silinder [ Bagian - 5 ] | motorgoodness

  9. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Bongkar Head dan Silinder [ Bagian - 5 ] – UratMalu

  10. Pingback: [DIY] Bongkar Mesin MegaPro, Belah Crankcase/Blok Mesin [ Bagian - 6 habis] | motorgoodness

  11. hhehee.. ane baru sadar, pas di kasih tau sama mekanik ane,, ternyata kampas kopling megapro sama kaya C series yaa 🙂

  12. sportifer.ss@gmail.com

    seru ni ilmu lengkap sama gambar nya. Kalau honda tiger revo baud baud nya sama ga dengan megapro.

    • menurut ane sama, karena satu generasi kazen. perbedaan besar antara tiger dan megapro, cuma pada stroke dan transmisinya, tiger strokenya lebih panjang dan transmisinya 6-speed

  13. sportifer.ss@gmail.com

    brarti rumah kupling nya sama,soal nya pengen ganti pake rumah kupling nya nmp fi atau verza bisa ga untuk tiger revo

  14. mantaff bang artikelnya lengkap dan jelas beserta gambarnya, kebetulan kemarin baru ganti kampas kopling ma rantai keteng gl max tersayang…
    kata temen bengkel katanya klo ganti kampas kopling lebih baik ganti kelimanya (spring jaddlenya dilepas). itu lho yang ring 2 biji posisi terluar dr kampas kopling, dan diganti dengan kampas kopling yang sama besar.
    tapi setelah dipasang kok rasanya agak kasar ya bang klo pas oper gigi. memang sih sentakannya lebih yahud.
    yg pingin saya tanyakan prodo kopling yg diganti seperti yang saya jelaskan diatas ada pengaruh negatif ga terhadap mesin.

  15. Suhu motor sy gl neo tech.klo masuk gigi prtama ko nyentak ky gk di kopling pdhal damper kopling dh di gnti bru.apa dri rasionya ada yg aus.mhon infonya trm ksh

  16. mantap gan artikelnya jadi tambah wawasan lg

  17. askum mas minal aidzin walfaidzin.
    mas aku ada pertanyaan yg berhubungan dg gl neotechku
    apakah wajar kalo kopling set bisa geser2 maju mundur kira2 1cm-an(posisi saya ngadap kopling yg msh nempel dimotor)
    apakah wajar juga waktu masuk gigi kopling ditarik full rodanya msh berputar dan berat untuk menghentikannya dg kaki,pdhl setelan kopling udah rapat dan kadang stut kopling saya congkel pake obeng biar lebih bebas koplingnya.

    segini aja mas pertanyaan saya karna klu saya nanya bengkel di bilang gpp aja
    trimakasih sebelunnya mas

    • wa’alaikum salaam warohmatullohi wa barokatuh
      harusnya setelan kopling yang bener, kalau ditekan full, ban free
      kalau tidak makan akan cepet aus/slip kopling

  18. berarti kopling saya bermasalah ya. trus apa karena bisa bergeser2 gitu rumah koplingnya. kira2 apanya yg rusak ya mas.
    trimakasih mas ama jawabannya

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting