ganti-oli-bloger

Januari 2014 Sport Yamaha Ditumbangkan Honda, Justru FBY Akan Untung

Diposting pada

00 motor sport honda

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Berdasarkan data AISI pada bulan januari 2014,  penjualan motor sport nasional tercatat sebanyak 70.938 unit (turun 6% dibanding tahun 2013). Dan yang menjadi kabar yang heboh adalah honda berhasil menumbangkan yamaha di segmen sport pada bulan januari 2014. Honda berhasil mendistribusikan 32.399 unit atau 46% total motor sport, raihan ini meningkat dari januari 2013  yang hanya 21.698 unit.

Apakah data ini penting ? Ya tapi tidak terlalu, karena masih ada 11 bulan untuk pembuktian siapa sebenernya yang menjadi raja motor sport tahun 2014. Tapi bukan ini yang sesungguhnya menjadi permasalahan, yang jadi permasalahan adalah siapa yang dirugikan dan diuntungkan dengan keadaan ini (pencapaian market sport 46%). Mari kita obrolkan bersama…Yang dirugikan adalah :

1. Difisi Sales yamaha, pastinya kena damprat big-bos dari jepang

2. YIMM, sebenernya nggak rugi, cuma untung yang seharusnya dicapai berkurang, jadi tetep untung tapi rugi ???

3. FBH, (mungkin) ahm akan mengendurkan inovasinya sehingga up-grade teknologi tidak akan dilakukan secara signifikan terhadap motor yang sudah dirilis. Tapi mungkin di pertengahan-ahir tahun baru akan keluar lagi inovasinya untuk motor baru (cbr150 lokal, atau tiger reborn), itu juga jika melihat pangsa motor sport kembali lagi di rebut yamaha, jika tidak maka mungkin tahun 2015 baru dikeluarkan.

Dan yang diuntungkan adalah :

1. Honda jelas untung karena harga motor sport relatif lebih mahal, sehingga (seharusnya keuntungannya juga lebih besar) apalagi mesin yang digunakan adalah mesin2 turunan, verza, NMP, NMP Fi merupakan turunan crf 150. Sedangkan cb150 turunan cbr150, jadi jelas ongkos produksinya murah, apalagi di-downgarde, tambah murah.

2. Sales honda/ahm juga kecipratan keuntungan

3. FBY, terutama yang sedang menunggu “motor baru” yang akan dirilis yimm. Yimm tidak akan main2 dengan motor sport barunya, jika posisinya terancam. Kalo adu tenaga/otot/finansial, Yimm jelas bakalan berat, tapi kalo adu “inovasi” mungkin yimm bisa memenangkan hati konsumen. Saat itulah kemenangan FBY diraih, karena akan memperoleh motor sport yang bisa diandalkan untuk melawan keroyokan motor sport keluaran ahm.

yamaha-r25-2

yamaha-r15-version-2-2w

Wassalamu’alaikum wR wB