Perbedaan Honda ADV 150 – PCX 150 dan Vario 150

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Honda (AHM) sudah tahu dan sadar betul bahwa motor matik (skutik/skuter matik) pasarnya masih akan terus membesar. Peluang ini tidak disia-siakan dengan terus menggelontorkan pasar dengan motor matik terbarunya. Dan yang terahir adalah honda adv 150 yang menyasar pasar pencinta matik dan juga touring, lengkap sudah punggawa motor matik honda di kelas 150 cc.

Jika dilihat gambar judul di atas, kalau ditanya perbedaan antara vario 150, pcx 150 dan adv 150…ya jelas beda. Beda kelas, beda peruntukan juga beda harganya. Akan tetapi jika melihat angka 150 di belakang setiap model, maka timbulah pertanyaa; ” Apakah konfigurasi dan performa engine-nya sama ? ”

Mari kita bandingkan spesifikasinya…

Perhatikan komparasi tabel spesifikasi 3 skutik honda 150 cc ini.

Ternyata engine 3 skutik honda ini memiliki banyak kesamaan. Konfigurasi bore x stroke, pengapian, transmisi, kopling, sistem bahan bakar dan starter sama semua. Perbedaannya pada parameter performa, yaitu rasio kompresi, power dan torsinya.

Performa vario 150 paling rendah dibandingkan pcx 150 dan adv 150. Karena vario 150 memang didisain sebagai motor matik harian yang simple dan efisien. Sehingga hal terpenting bagi pengguna adalah mudah digunakan (ringan dan bodinya pendek) serta irit bahan bakar, makanya powernya dibuat  paling rendah.

Sedangkan pcx 150 dan adv 150 diposisikan sebagai skuit premium honda di kelas 150, jadi wajar owner-nya diberi lebih. Lebih dalam hal prestice, kelengkapan fitur, kenyaman dan tentu saja power. Perbedaan antara pcx 150 dan adv 150 adalah power pcx lebih besar adv, hal ini sangat berguna untuk melaju kencang di jalan raya.

Sebaliknya torsi adv lebih besar dari pcx, dan ini juga berguna dan sesuai dengan karakter adv. Melihat dari disain dan style, sangat jelas bahwa adv 150 didisain untuk mampu melibas medan semi-off road. Sehingga besarnya torsi di putaran rendah menjadi lebih penting ketimbang power.

“By the way, karena engine-nya mirip-mirip dan beratnya beda, siapa yang paling kencang akselerasinya, vario, pcx atau adv ?”

Perbadaan lainnya masih banyak, sesuai dengan style dan fungsinya. Silahkan lihat dan perhatikan lagi tabel di atas, akan ditemukan banyak perbedaan dari 3 skutik honda dengan engine identik ini. Jika ada salah dan kurangnya iwf mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Perbedaan Honda ADV 150 – PCX 150 dan Vario 150

  1. Pingback: Mana yang Lebih Kencang Vario 150, PCX 150 atau ADV 150 ??? | MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan