Heboh Honda Mau Merilis PCX Hybrid !!! Apa Itu Teknologi Hybrid ???


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Santer terdengar bahwa sebelum lebaran honda (ahm) akan merilis skutik bongsor pcx model baru. Penampakannya sama dengan new pcx 150 yang baru saja rilis, akan tetapi dengan penggerak hybrid dan full elektrik. Sesuai dengan informasi resmi saat tokyo motor show 2017 tahun lalu.

Nah, mungkin masih jarang yang tahu, apa itu teknologi hybrid yang dicangkokkan pada pcx. Apa keunggulannya dan bagaimana kompleksitasnya serta apakah cukup fisibel digunakan di Indonsia…mari kita bahas bersama

Seperti yang sering kita lihat bahwa teknologi engine dan elektrik sangat berbeda, dan seakan terpisah. Ada motor elektrik seperti yang ramai digagas saat ini, dan ada motor berpengerak engine yang saat ini masih dominan penggunanya. Lalu kemudian honda akan membangun pcx hybrid yang menggabungkan 2 sistem penggerak ini.

Dikatakan bahwa honda akan membangun sistem hybrid original terbaru. Di mana akan mengaplikasikan baterei daya tinggi dan starter ACG untuk menghasilkan performa riding yang torqueful (penuh torsi). Dan sesungguhnya honda sudah lama memiliki penggerak sistem hibrid. Sistem ini dikenal dengan nama integrated motor assist (IMA) yag sudah diaplikasikan pada mobil honda civic 1999.

Dan seperti inilah bagian motor-dynamo/generatornya

Kemudian honda terus mengembangkan ima dan mulai diterapkan pada sepeda motor yang kita kenal dengan acg starter di honda vario 125. Perbedaannya pada ima rotornya berada di dalam, sedangkan pada acg starter rotornya berada di luar.

Sepertihalnya ima, pada sistem acg starter perangkat kumparan (stator)+magnet permanen (rotor) mampu difungsikan sebagai generator ac, juga sebagai motor starter. Tentunya dengan mekanisme tertentu dengan menggunakan perangkat rotor dan satator yang sama. Saat acg starter difungsikan sebagai motor, maka kumparan u, v dan w diberi tegangan +, netral dan – secara bergantian oleh inverter. Prinsip kerjanya mirip dengan bldc (brush less dc) motor.

Sehingga medan yang dihasilkan mendorong dan menarik magnet permanen yanga ada di rotor.

Penentuan pemberian tegangan +, netral dan negatif dilakukan oleh ecu berdasarkan masukan dari hall sensor, untuk setiap kumparan u,v dan w.

Ketika motor telah berjalan maka acg starter difungsikan sebagai generator. Yaitu dengan cara mematikan suplay tegangan dari inverter, karena kumparan sekarang berfungsi sebagai penghasil tegangan. Karena punya tiga jenis kumparan uvw, maka tegangan yang dihasilkan adalah tegangan 3 fasa. Melalui regulataor dan rectifier (kiprok) tegangan tersebut disearahkan untuk mengisi aki.

Nah pada pcx hibrida (hybrid), fungsi acg starter sebagai motor ditingkatkan. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbesar daya aki (battery), inverter dan konstruksi mekanis-elektris dari acg-nya. Makanya jangan heran kalau nanti aki pcx hybrid ini lumayan gede. Kemungkinan besar untuk full electric 2 battery sedangkan hybrid hanya satu battery.

Sehingga crankshaft secara paralel bisa digerakkan dengan power yang berasal dari engine, juga dari motor. Menurut motogokil prinsip kerjanya akan mirip dengan yang ada pada mobil honda yang sudah menerapkan ima, yaitu seperti tampak pada gambar ini.

Dari gambar di atas terlihat bahwa pada saat tertentu tidak difungsikan. Kelebihan dari teknologi hybrid bisa dilihat dari gambar di atas :

  • Penggerak roda belakang murni dilakukan oleh motor listrik. Saat itulah terjadi pengiritan penggunaan bagan bakar. Dan otomatis polusi juga berkurang
  • Pada saat tertentu baik motor listrik maupun engine bekerja bersama, maka saat itulah torsi meningkat dengan signifikan. Otomatis akselerasinya juga meningkat drastis jika dibandingkan pcx konvesional.
  • Dan pada saar tertentu, terutama saat deselarasi terjadi pengisisan aki, jadi tidak perlu membuang bahan bakar karena engine off, dan gaya yang terjadi pada saat pengisian bisa dijadikan sebagai gaya pengereman (brake) sebagai pengganti engine brake.

Semoga informasi ringkas ala motogokil ini bisa bermanfaat. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

5 responses to “Heboh Honda Mau Merilis PCX Hybrid !!! Apa Itu Teknologi Hybrid ???

  1. Penggerak roda belakang murni dilakukan oleh motor listrik. Saat itulah terjadi pengiritan penggunaan bagan bakar. Dan otomatis #polisi# juga berkurang

    Polisi apaan yg berkurang ya? Polisi tidur kah??

  2. acg motor pxc hybrid hanya buat nambah tenaga pas akselarasi saja
    tidak bisa hanya motor listrik saja yang bekerja

    • Masuk akal sih, toh kalo mau rotornya bisa bantu di low speed pasti rotornya lebih besar lagi, sementara ini motor
      Setidaknya bantu aksel itu udh lumayan dan cocok buat stop-go, bisa iritan laah

      • Motor listrik 1 hp dah cukup buat ngehajar 4 klep VVA

        Motor listrik sepertinya lebih fokus di rpm rendah, yang jadi kelemahan mesin bakar
        Ingat motor listrik itu torsinya udah max di 0 rpm, dan akan flat hingga setidaknya 5000 rpm
        Tambahan 1-2 NM di rpm rendah akan sangat membantu konsumsi bensin dan akselerasi

  3. berarti motor listrik nasional Gesit sudah siap di distribusikan tahun ini ya

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan