Honda Air Blade 150 Barusan Rilis di Vietnam. Layakkah Sebagai Aerox Killer ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah senantiasa menyelamatkan dan mensejahterakan kita selama di perjalanan sampai suatu saat tiba di tujuan

Dan akhirnya lahir pula honda air blade 150 di negara tetangga kita vietnam. Dulu motor ini sempat diharapkan hadir untuk menantang yamaha nmax ataupun aerox. Sayangnya yang hadir malahan honda pcx 150 dan kemudian disusul dengan adv 150.

Saat melihat gambar air blade 150 pertama kali, iwf langsung merasa akrab dengan penampakan headlamp-nya. Dan ternyata jika dilihat sekilas dari depan memang mirip dengan saudaranya yang lahir lebih dahulu di Indonesia, yaitu adv 150. Perhatikan penampakannya jika dijejerkan…

Mirip lah, dual keen, kotak ada alisnya. Bedanya di lampu sein, kalau adv 150 terpisah layaknya motor sport (cb150r). Sedangkan air blade 150 seperti motor skuter matik umumnya menyatu di dek sepan dipisahkan dari headlamp oleh alis.

Tapi kalau dilihat secara keseluruhan bodinya ya jelas beda. Karena karakter sport adventure honda adv 150 sangat kental terlihat dan jauh berbeda jika dibandingkan air blade 150. Bahkan jika dijejerkan air blade jadi terlihat kecil dibandingkan adv 150.

Dan jika dilihat bagian belakang, mulai dari kemiringan sok belakang, muffler maupun stop/tail lamp, benar-benar berbeda. Muffler air blade 150 lebih landai mirip vario 150, sok belakang gandanya lebih miring (menandakan redamannya lebih lembut) dan jog belakang lebih datar. Style seperti ini memberikan kesan bahwa air blade ini adalah motor santai harian, untuk menggonceng orang.

Lampu belakangnya runcing mirip vario 150. Dan tidak bisa dibandingkan dengan lampu belakang adv yang berbentuk “H”. Lihat penampakannya

Dan yang terakhir adalah perbandingan penampakan speedometer air blade 150 dan adv 150.

Memang sih sama-sama digerakkan oleh engine 150 cc, akan tetapi memiliki karakter pengendalian (handling) yang berbeda. Air blade akan terasa lebih nyaman terutama bagi boncenger (pilion). Dan jika performanya sama persis dengan adv 150, maka (menurut) iwf kemungkinan besar akselerasi air blade 150 akan lebih mantab, karena lebih ringan.

Jadi secara performa, mungkin air blade 150 lebih unggul dibandingkan adv 150. Akan tetapi jika didapuk sebagai (yamaha) aerox 155 killer, kayaknya bukan makomnya. Karena bentuk dan style air blade ini kurang sporty, atau malah bisa dikatakan seperti vario 150 bersuspensi belakang ganda.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

3 responses to “Honda Air Blade 150 Barusan Rilis di Vietnam. Layakkah Sebagai Aerox Killer ?

  1. desainnya menurut saya kok malah aneh gitu ya.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan