[DIY] Meninggikan Sok Depan New CB150R

ncb150r black doff

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sama seperti yang dilakukan pada satria fu 150 fi, untuk “sedikit” memperbaiki ergonomi new cb150r adalah dengan meninggikan posisi stang. Cara yang dilakukan adalah dengan menambah raiser stang seperti yang pernah motogokil lakukan pada nvl. Akan tetapi ternyata penambahan raiser memiliki minimal 2 kendala, yaitu :

  1. Belum ada raiser yang pnp dengan ncb (sampai saat ini), sehingga jika raiser yang ada dipaksakan, akan kurang cocok dan tidak sedap dipandang mata.
  2. Terlalu tinggi bagi bagi perkabelan pada stang. Sehingga jika tetap mempertahan posisi kabelnya, kabel-kabel dan selang-selang akan tertarik. Dan kemudi akan terasa berat serta timbul bunyi-bunyian benda plastik-karet bergesekan. Jika ingin tidak tertarik, maka kabel-kabel tersebut harus dikeluarkan dari posisi standarnya, tampak semrawut. Atau diganti dengan milik motor lain yang lebih panjang (repot)

Oleh karenta itu ada laternatif lain, meninggikan stang tanpa merubah perkabelan. Yaitu dengan meninggikan sok depan. Caranya adalah dengan menambah sambungan/peninggi sok depan, yang difungsikan sebagai baut penutup sok. Beli peninggi sok depan milik tiger atau megapro, diameter luar dan ulirnya sama dengan sok ncb. Lihat penampakannya

Jpeg

Penampakan setelah di pasang

Jpeg
Penampakan peninggi sok depan yang sudah terpasang

Kemudian perubahan penampilan pada new cb150r setelah sok depan menjadi lebih tinggi l3bih dari 5 cm.

Jpeg

Dengan cara ini maka posisi stang akan naik lumayan banyak dibandingkan posisi duduk/jog. Sehingga ergonomi akan semakin santai, rileks dan nyaman. Akan tetapi cara ini kurang sesuai bagi reider yang kurang tinggi, karena jarak jok ke tanah semakin jauh/tinggi. Dan cara ini cocok untuk rider tinggi serta doyan turing off-road.

Karena posisi stang terhadap body tetap, maka kabel-kabel tidak berubah posisinya. Sehingga tetap rapi dan aman seperti kondisi standar. Tapi jangan lupa setelah melakukan ubahan ini tinggi sorot lampu headlamp harap disesuaikan/stel kembali, karena sekarang menjadi lebih mendongak ke atas (ndangak).

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

19 Komentar

  1. Menurut ane lbh safety pke model ulir bgini dari pd raiser. Amit2 dah klo jatuh ga separah yg raiser krn rentan patah disegitiga atas/sekitar raisernya.CMIIW..

1 Trackback / Pingback

  1. [DIY] Aplikasi Setang Tiger pada All New CB150R, Semakin Nyaman | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan