[DIY] Upgrade Ergonomi Satria Fu 150 Fi : Naik-Turunkan Sok Depan

00 titan-black-RedCW

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pada artikel yang lalu, telah dijelaskan bagaimana memperbaiki ergonomi satria fu 150 fi dengan cara memodifikasi jok. Nah pada artikel ini, merupakan kelanjutannya jika ternyata, ergonomi masih terasa “sedikit” tidak nyaman. Seperti diketahui bersama, segitiga ergonomi memiliki 3 titik, yaitu jok/tempat duduk, footstep depan dan stang. Maka posisi tinggi-rendahnya stang merupakan kelanjutan ubahan untuk memperbaiki kualitas ergonomi di satria fu 150 fi.

Kebentulan semua baut pengikat batang/tabung sok depan satria fu 150 fi terlihat semua (di luar). Sehingga untuk mengendorkannya sangat mudah, cukup sediakan kunci ring/sok ukuran 12. Ke-3 baut pengikat (1 atas, 2 bawah) cukup dikendorkan, tidak perlu sampai terlepas. Setelah batang sok sudah bisa bebas naik turun, tinggal disesuaikan dengan style yang diinginkan.

Jpeg

Baut sok depan satria fu 150 fi

Kalau mau lebih racie sok dipendekkan, tapi kalau mau lebih tegak/nyaman sok ditinggikan. Karena bagi badan motogokil, sok agak terlalu pendek, maka supaya ergonomi lebih nyaman, sok ditinggikan. Perhatikan penampakan kepala tabung sok depan sebelum dan sesudah diubah ketinggianannya.

Jpeg

Jpeg

Setelah ditinggikan, batang sok agak mendem di segitiga atas.

Sekarang ergonomi sudah lebih nyaman, sepertinya sudah pas buat motogokil. Mengenai kekuatannya, sudah dicoba, tidak ada masalah. Karena kalau melihat konstruksinya, kekuatannya ada di bagian bawah setang jepitnya, setebal bagian yang dibaut. Berikut ini penampakannya, depan agak tinggi sedikit.

Jpeg

Jpeg

Selamat mencoba, lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

Advertisements

$where = 0;

14 responses to “[DIY] Upgrade Ergonomi Satria Fu 150 Fi : Naik-Turunkan Sok Depan

  1. foto tampak sampingnya pak guru…

  2. Klo ncb gimana?sudah kubalikconrode belakang.yg depsn turunkan 1 cm.masih kurang gak untuk menyamakan dgn pabrikan.

  3. Tadi pagi ketemu saefufi warna hitam roda merah dari arah sebelum wendit. Bikernya bonceng 2 anak SD sruntul sana sruntul sini… bleyer2 :angry: , Nopol N **** HHH. ridenya gondong dikuncir diselipkan di dalm krah jaket.

  4. menurut ane, sok ditinggikan ada manfaat lain juga, yakni area radiator yg diterpa angin jd lebih luas jd pendinginan lebih baik. walau cuma dikiiit.
    hehehe

  5. motor kado terakhir sijuki kata fifauzi.
    makin nyungsep penjualannya..kasian…hahaha….

  6. di lepas cover bagian depan engin terlihat besar

    wih bikin minder rider kompetitor tuh kalaudi jalan

  7. Matik kalo selap selip biasa aja. Giliran motor Ninja atau Satria. Ya minimal 150 cc lah selap selip dibilang ugal2an alay 😀 Sok sokan lu :p

  8. Mau nanya, situ shock depanya klaim garansi msalah bunyi gtu ga, dan rear grip satria fi sma sonic itu sama ga yah grip nya

    • setelah diganti sok menjadi lebih senyap, tapi kalau terlalu juga masih bunyi (jarang-jarang)
      hanya saja bantingannya menjadi sedikit lebih keras

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan