[DIY] Aplikasi Setang Tiger pada All New CB150R, Semakin Nyaman

ncb150r black doff

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pada artikel sebelumnya pernah motogokil tuliskan sebuah trik agar all new cb150r (ancb150r) lebih nyaman, dengan cara termurah. Yaitu dengan menambahkan peninggi suspensi (sok) depan, yang banyak dijual di pasaran. Akibatnya motor semakin tinggi dibagian depan, dan posisi setang sedikit berubah terhadap ergonomi rider.

Tapi ubahan ini kurang cocok bagi ane karena seat height (tinggi jok) semakin jauh dari tanah. Kaki semakin jinjit, sehingga kurang nyaman untuk ane dan juga untuk rider yang tinggi badannya 165 cm ke bawah. Oleh karena itu kemudian ane mencoba ubahan lain yang menghasilkan ergonomi lebih optimal bagi ane pribadi. Salah satunya adalah meninggikan posisi setang dengan mengganti stang yang lebih tinggi. Ada dua pilihan untuk meninggikan stang, yaitu :

  1. Mengganti raiser dan stang
  2. Mengganti stang saja

Dua ubahan ini punya kekurangan yang sama yaitu, kabel kopling dan dua kabel gas push-pull (A dan B) kurang panjang. Selang rem depan juga terbatas panjangnya, dan harus melepas clamp di bawah headlamp saat menggunakan stang tinggi. Karena yakin, bahwa penggantian stang yang lebih tinggi akan menjadikan kabel gas (A dan B) serta kabel kopling sangat tegang, apalagi saat berbelok, maka dengan sangat terpaksa 3 kabel tersebut ane ganti, dengan milik verza. Harga 2 kabel gas dan satu kabel kopling ori hgp 148 ribu.

Penggantian raiser+setang memiliki kendala, yaitu belum ada raiser yang cocok dengan ancb150r, karena bentuknya miring. Sehingga jika ingin menggunakan raiser yang ada, harus mengganti dudukan stang dengan milik old cb150r (yang lurus) [Tapi mungkin saat ini sudah ada yang langsung pnp dengan dudukan stang ancb150r]. Harganya juga lebih mahal, raiser yang lumayan bagus harganya sekitar 100 ribu (di Malang sekitar 125 ribu), setang fatbar sekitar 50 ribu, jadi total 150 ribuan lebih.

Sedang jika hanya mengganti setang saja lebih murah. Tapi usahakan mengganti stang yang lebih tinggi yaitu milik mega pro, tiger atau verza. Ane pilih yang ada saja saat itu, yaitu stang ori tiger seharga 85 ribu, mungkin di toko lain setang yang serupa jauh lebih murah. Ane pilih yang ori karena terjamin mutunya, setang termasuk fital, bahaya kalau sampai patah di jalan.

Berikut ini penampakan perbandingan stang tiger, kabel-kabel dengan milik ancb150r.

perbandingan stang tiger vs all new cb150r

perbandingan kabel kopling verza vs all new cb150r

Penggantian kabel-kabel ini demi kenyamanan dan fungsi yang optimal, ketika stang ditinggikan. Dan ini wajib dilakukan jika merasa menganggu handling saat berbelok [kemungkinan juga harus dilakukan saat menggunakan raiser+setang fatbar]. Dan proses penggantiannnya tidak sulit bagi yang sudah terbiasa, tidak sampai 1 jam kelar. Berikut ini penampakan aplikasi stang tiger pada all new cb150r

Jpeg

Dari depan

Jpeg

Secara penampilan memang kurang keren dibandingkan penggantian raiser+setang fatbar, tanpa mengganti kabel-kabel.

ancb150r raiser stang byson[sumber]

Apalagi terlihat kabel-kabel kepanjangan tambah terlihat semrawut. Tapi nggak masalah secara fungsi, dan lumayan buat ngiket bendera merah putih saat 17-agustus-an nanti. Kalau mau terlihat agak keren, bisa ditutupi dengan wind shield.

Dan hasilnya sungguh memuaskan, ergonominya nyaman sekali, mirip seperti new megapro. Dan karena posisi stang sudah tinggi, maka sok depan bisa diturunkan secukupnya (2 cm). Kaki semakin nyaman napak di tanah, membuat ane tambah pede saat berhenti di lampu merah.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

35 responses to “[DIY] Aplikasi Setang Tiger pada All New CB150R, Semakin Nyaman

  1. Didol ae sam.. ganti duke200.. mosok ga kepingin? Wkwkwkwk

  2. aku arep ganti stang wedi risere protol… :mrgreen:

  3. pa dosen itu tandanya kudu ganti bpkb, kata wa haji tmc coba pake cbx500 lebih nyaman ga pegel.

  4. Stang stir tiger yg tinggi punya tiger revo,.klo tiger lama ato new tiger lbh rendah

  5. Beginian kalau minta dipasangin di beres, mau kah pak ? Maklum gabisa apaapa ehehe

  6. Pak,, itu kabelnya semua pnp? Gaada yg dipotong?

  7. kadang nyaman-nggaknya tergantung postur badan juga
    kalau tangannya panjang mungkin bisa lebih nyaman

  8. kalo kabel saklar gimana pak dosen? Masih yg asli?

  9. Sebenernya masih bisa pakai kabel gas orinya pak, tapi kabel gas dikeluarin(ngak lewat belakang spedo), kalau yang kopling emang susah ngakalin kalau sdh ganti stang tiger/scorpio, kabel kopling verza bagian bawah yg utk narik tuas langsung pasang apa dipotong dikasih nipel pak?

    • udah nyoba tetap pakai kabel gas ori, tapi saat belok kiri berasa berat, jadi ganti aja sekalian mindahin slosong gas ke stang baru
      kabel verza langsung pasang, agak kepanjangan sih, tapi buat ane nggak masalah

      • Ok deh pak, sudah jalan berapa km ncbnya sekarang pak, apa ada keluhan tuk tuk tuk kondisi mesin dingin dan saat panas hilang, kaya rantai keteng kendor/tensioner lemah, punyaku baru jln km 2700 sdh bunyi mau klaim ganti tensioner ragu karena di group FB pada ganti tensioner, tapi ada yang kumat lagi ada yang dibiarkan saja sampai km 8000 hilang sendiri suara tsb,
        maaf gimana menurut pandangan bapak atas kondisi tersebut. Suwun

        • ncb ane jarang dipake, baru 1841 km
          semua masih orsinil, alhamdulillah (menurut ane) bunyinya normal
          sekarang mesinnya tambah halus, apalagi kalau sering dipakai ngebut
          olinya spx1

    • Biasanya klo kabel kopling kepanjangan terus pake Nipel suka putus mulu ga tahan lama, pengalaman ane begitu, ending nya balik lg orian aja,,

  10. beli kabel gas sm kopling dmn pak? ma psang stir verza di ocb tp ketarik2

  11. di SUMA ya pak? oke trimakasih.muter2 tiap ahass gprnh ready stok

  12. Kabel gasnya saat tarikan ga kepanjangan? Ane baca artikel lain kabel gas kurang pas buat tarikan karena kepanjangan dan mesti dipotong

    • kepanjangan, tapi kalu buat ane nggak perlu dipotong, emang keliahat semrawut, tapi kerenlah

      • Kalo dipakein ke stang fatbat kayaknya keren juga, hehehe
        Makasih pak infonya.

      • hari ini ane baru ngulik old cb ane gan….ganti setang macan revo. kabel gas pake punya verza, tetap pada jalurnya. kelebihan kabelnya (a+b) dibuat melingkar didalam bodi sebelum ke putaran gas di karbu fi…. jadi tidak malang melintang menghalangi tampang ganteng agan. ( note : selongsong kabel b dipotong +- 5mm, selongsong ya… bukan kabelnya). kabel kopling punya megapro, tetap pada jalurnya. setelan bawah mentok abis, setelan kopling atas ganti yang lebih panjang ( sekitar rp 5 rb an). alhasil ….. 98 % perfecto 2% kurang rapih ane motongnya…. inspirasi dadakan sih hehehe …. maklum modal ngulik nekat 🙂 kapan kapan klo sempet ane share poto2nya

  13. Kabel remnya gimana tuh? Gak ketarik?

  14. Pingback: Suzuki GSX S150 Motor Sport Paling Nyaman Bagi Postur Kebanyakan Rider Indonesia | motorgoodness

  15. met siang juragan,,,
    ane mau tny, klo cara pendekin shockbreaker ancb150r gmn y?. turun 4-5 cm.
    Kaki napak 22nya kan lebih nyaman

  16. Bandulnya msh punya cb ya mas?

  17. Bang,emang sama panjang talinya cb150r Ama punya Verza,soalnya ane beli punya Tiger itu talinya kepanjangan Ampe lebihnya 3jari itu solusinya gmna?

  18. Mas boleh liat kode kabel kopling verza nya dong, hehe

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan