ganti-oli-bloger

Perbedaan Karakter CB150R dan NVL di Lintasan Drag

Diposting pada

cb150r damai new vixion2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Menuntaskan keingintahuan mengenai hasil analisis waktu tempuh cb150r dan nvl di lintasan lurus, ane mencoba menggabungkan hasil dari dua artikel sebelumnya [1,2]. Kemudian ane tambahin panjang lintasannya mulai dari 100, 200, 400, 800 dan  2200 m. Dan yang terakhir (2.2 km) sempet mengundang perdebatan, bahkan memunculkan beberapa artikel dari blogger lain untuk memberikan verivikasi.

Untuk meminimalisir kesalahan dari operator/rider dan juga modifikasi “diam2” yang dilakukan. Maka kita coba gunakan hasil pengukuran dyno dan spek teknis (dari manual service) dari masing2 motor tersebut.

Kurva NVL dan CB150R

dan rasio masing2 cb150 dan nvl

tabel reduksi cb150r dan nvl

Ketika perhitungan yang sama diterpakan untuk masing motor tersebut, dengan spek masing2, dengan bobot total 200 kg dan dengan “mengabaikan rugi drag”, inilah yang diperoleh.tabel drag cb150r dan nvl std

Jika melihat hasil di atas adalah logis, sesuai dengan bentuk kurva dan torsi hasil pengukuran dyno, bahwa nvl akan memiliki percepatan yang luar biasa pada detik2 awal, sehingga mampu mengungguli cb150, bahkan sampai jarak 400 m nvl masih unggul. Selanjutnya karena nvl sudah terbentur limiter dan kecepetannya sudah maksimal sesuai dengan reduksi transmisinya, sedangkan cb150r masih bisa menambah kecepatannya sedikit-demi sedikit, pada jarak 800 m cb150r sudah bisa menyusul nvl. Hasil ini bisa berbeda jika limiter nvl bisa tembus 10500 rpm.

Jadi wajar saja ada dragster pada even eksebisi drag nasional cb150r di senayan yang mengatakan ” Saya punya vixion di rumah dan akselerasinya lebih ok dari cb150r”. Itu sepertinya masuk akal untuk jarak 200 m.

Lalu bagaimana jika ban nvl dan cb150r ditukar, hasilnya adalah sebagai berikut

tabel drag cb150r dan nvl tukar ban

Hasilnya juga sangat logis, cb150r semakin lemot di detik2 awal 100-400 m. Tetapi sebaliknya nvl semakin beringgas dengan percepatan yang lebih tinggi lagi, bahkan lebih cepat dari nvl dengan ban std, apalagi cb150r. Tetapi setelah menginjak jarak 800 meter cb150r mulai menyusul nvl. Hal ini dikarenakan masing2 sudah hampir mencapai kecepatan maksimumnya. Sementara itu cb150r topspeed-nya naik dan nvl justru topspeed nya turun, hal ini disebabkan perubahan diameter roda belakang.

Dan memang hasil ini sesuai dengan konfigurasi engine masing, seperti yang pernah ane tulis dalam artikel mengenai perbedaan karakter nvl dan cb150r dalam penggunaan sehari2, bukan buat balapan.

Demikianla sekilas analisis mengenai perbedaan karakter nvl dan cb150, dilintasan lurus “versi dyno” (tanpa drag force). Jika drag force ingin diprhitungkan maka analisisnya lebih rumit lagi, karena menghitung drag force untuk satu motor saja bisa jadi satu skripsi.

Semoga bermanfaat, dan menjadi penjelasan yang mampu memberikan penawar baik rider cb150r maupun nvl, untuk tidak adu kebut di jalan. Sehingga masing2 rider  saling menyadari kelebihan dan kekurangan motor masing2. Tidak mungkin cb menang di putaran rendah dan tinggi, begitu pula dengan nvl. Masing2 menempati posisinya sendiri2.

Wassalamu’alaikum wR wB.