ganti-oli-bloger

Memahami Karakter dan Mengoptimasi Performa New Vixion Lightning

Diposting pada

NVL gold

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua. semoga kita semua selamat di perjalanan samapi ke tujuan.

Setelah membahas perbedaan performa 5-speed dan 6-speed, kebetulan ane masih punya data mengenai performa new vixion lightning (NVL), yang masih bisa berguna untuk memnadu kita memahami karakter engine dan transmisinya, sekaligus bagaimana pengoptimasi performa yang ada. Artinya jika kita faham dengan karakter torsi NVL, kemudian ditindak lanjuti dengan shifting gear yang optimal, maka kita akan mendapat topspeed dan perolehan waktu yang optimum.

Bagaimana langkah-langkah mengenali karakter engine nvl dan cara mengoptimasi shifting gearnya ? …Yuk kita diskusikan sama21. Langkah awal adalah mengenali reduksi nvl :

Reduksi NVL

2. Mengetahui kurva torsi dan power, biasanya disediakan oleh media cetak, pada saat beritanya sedang menghangat. Dan untuk NVL seperti ini.

Kurva NVL dan CB150R

3. Dari data kurva tsb diketahui bahwa limiter nvl (versi mesin dyno) bekerja di 10000 rpm, maka kita bisa memperkirakan topspeed setiap giginya, yaitu

5speed NVL

Jadi topspeed riil nvl mengacu pada spek resmi yang ada dan hasil pengetesan dyno adalah 126.56 kpj. Jika kita tes di jalan nggak mungkin kita mendapatkan kecepatan riil tersebut, karena kita harus melawan hambatan angin, yang besarnya terus bertambah seiring dengan pertambahan kecepatannya.

4. Dari data kurva dan kecepatan optimum per giginya kita bisa memprediksi berapa torsi per-gigi-nya. Untuk nvl sebagai berikut

kurva torsi NVL

5. Kemudian kita tentukan posisi kecepatan saat shifting di gigi 1-2-3-4, misalnya di 42.5 –  63 –  83 –  103 kpj. Maka kurva akselerasi yang bertautan tiap giginya akan diketahui.

kurva akslerasi nvl std high shift

6. Juga bisa diketahui waktu yang dibutuhkan untuk drag 200m

drag 200m high shift

Bagaimana jika shifting gear dilakukan di rpm yang lebih rendah misalnya 42.5 –  55 –  77 –  90 kpj, ternyata waktnya lebih lambat untuk drag 200m

drag 200m low shift

Trus kalo ketinggian bagaimana, misalnya di 42.5 –  64 –  84 –  105 kpj ? sama bro akan molor juga waktunya.

drag 200m over shift

Begitulah optimasi shifting gear dari nvl, kalo tepat maka perolehan waktunya akan paling baik.

Hitungan di atas adalah hitungan dengan mengabaikan efek drag force dari udara. Jika efek tsb diterapkan maka perolehan waktunya akan lebih lambat, hasil tes tabloid otomotif untuk nvl = 11.3 detik. Gimana bro cocok kan?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.