Shifting Gear yang Pas Buat CB150R

CB150RFuriousRed

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pada artikel yang lalu telah diulas mengenai shifting gear yang optimum buat nvl, rasanya nggak adil kalau cb150r nggak ikut di ulas. Sama halnya dengan motor terdahulu, untuk mengetahui shfting gear yang pas untuk cb150r juga harus diketahui dulu data2 mengenai :

  1. Rasio transmisi
  2. Kurva torsi dan power

Jika kita tetap menggunakan kurva yang sama yang disediakan otomotifnet, maka grafiknya seperti ini.

Kurva NVL dan CB150R

Dan rasio transmisi serta keliling ban cb150r adalahrasio cb150r

Dari data ini kemudian kita hasilkan topspeed per gigi yaitu

performa cb150r

Nilai2 topspeed di atas adalah nilai maksimum topspeed-nya, berdasarkan rpm, rasio dan keliling roda belakang. Dan nggak ada hubungannya dengan speedometer, jadi nilaianya bisa berbeda. Kemudian kombinasi dari rasio dan torsi bisa digambarkan dalam grafik berikut.

kurva torsi cb150r

Dari kurva ini maka pilihan shifting gear yang optimum adalah di kecepatan 42.5 –  67  – 86 –  102 –  117.5 kpj. Atau pada 11490 – 11400 – 11310 – 10970 – 10720 rpm. Jika ini kita lakukan maka kita akan memperoleh kurva akselerasi yang smooth yang memungkinkan perolehan waktu yang optimum. Bentuk kurva akslerasinya

kurva akselerasi cb150r

Dan jika berpedoman dengan nilai2 torsi yang diberikan otomotifnet, maka perolehan waktu untuk drag 200 m untuk bobot motor + rider = 200kg, adalah

kurva drag 200m cb150r

Hasilnya lebih lambat dari kompetitor, ya sesuai dengan kurva torsi dan power yang disediakan otomotifnet. Jika shifting gearnya lebih rendah atau lebih tinggi, waktu tempuhnya bisa lebih lambat lagi. Dan jangan lupa nilai2 kecepatan posisi shifting gear- nya berdasarkan “dyno”, jadi pada riilnya harus “dikurangi” karena kita terhambat oleh drag force udara.

Lalu, mungkin bagi yang mengikuti perkembangan “cb150r vs nvl”, pasti teringat artikel terdahulu, yang mana ane naik nvl kalah adu drag dengan rekan yang naik cb150r. Sebenernya kalau dicermati dalam ertikel tsb, sudah ane nyatakan bahwa temen ane lebih pendek dan lebih kurus, mungkin perbedaan beratnya bisa sampai 20kg. Lalu apakah ngefek perbedaan berat tsb dengan capaian waktunya ??, jelas sangat berpengaruh lihat grafiknya jika sekarang bobot totalnya menjadi 180 kg

kurva drag 200m bobot180kg cb150r

Dan kenyataan ini tidak terbantahkan, dibuktikan dengan even dragrace nasional, pemenangnya selain skillnya yang sangat mumpuni, berat badannya juga sangat enteng. Catatan Eko CHodox pada even drag eksebisi menggunakan cb150r std mencatatkan waktu 10.307 detik untuk 201 meter, kenceng ya, padahal di jalanan riil (bukan dyno) yang harus melawan angin.

Itulah hasilnya sesuai data yang ada. Tapi jika kita menggunakan kurva torsi dan power dari sumber lain misalnya (Motor+), maka hasilnya akan berbeda. Lalu bagaimana dengan lintasan yang lebih panjang, misalnya 400 meter atau bahkan 2.2 km (yang sempat heboh beberpa minggu yang lalu) ?  ….Kapan2 kita bahas lagi.

Sampai disini dulu obrolan kita tentang shifting gear yang optimum untuk cb150R, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

63 responses to “Shifting Gear yang Pas Buat CB150R

  1. telat 6 detik 😀

  2. wah harus high rpm y…

  3. Wah manteb nih, pencerahan, mungkin NVL gaya geseknya lebih besar, karena gesekan ban dengan aspal lebih gede dari CB, makanya sesuai data otomotifnet akselnya sedikit dibawah cb 😀

    Es Duren, Uenaak!
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/02/01/makan-makan-men-es-duren-pak-saya-beyond-imagination/

  4. smua motor batangan mulai dri scorpio,tiger,vixion,cb150 r,byson,mega pro..smua di kepret cs1 di track lurus…

    • Ovan @ : R15 vs cb150r versi yg telat 6 detik ga imbang modifannya, pembalapnya pun beda, lokal dg yg nonlokal (kmampuan joki) , klo tes d jlanan arah bandara ternyata tidak jg..cb150r tdk 6 dtk bhkan berani adu ( mngkin wlaupun sm2 standar pbrik tp bs beda2 ) tp gw prnah tes justru cb150r vs R15 vs new cbr150r vs NVL , yg menang adlah new Cbr150r lalu cb150r !!!
      Real , fakta d track lurus !!!

      @ calana : mana mngkin Cs 1 standard vs scorpio vs tiger vs cb150r vs byson vs vixion vs megapro ( mtor standard semua) yg menang adlh CS 1 , hahahahaha…Lebayy deh Loo..
      Ketauan ngalem mtor dewek !!!
      Jelas yg menang Scorpio !!!
      Gw yg punya cb150r aja ngakuin , cz REALITA udah d tes !
      Dasar Goblok lo !!!
      Masa 125 cc standard menang lawan 225 cc standard…hahahahahaaa…Ngimpiiii…

  5. smua org menyangsikan cs1 padahal cs1 memiliki mesin terbaik dan terkencang se indonesia……125 cc…super power…

  6. Artikel yang sangat bagus.
    Tapi kenapa ya performa engine motor ini kok lebih kecil dari kompetitor, padahal kalau dilihat dari spefikasi TB dan Klepnya lebih besar.

    • kayaknya sengaja dikebiri oleh ahm, tapi kalau mau upgrade gampang kok

      • Maaf ini apa hanya untuk jarak 201m pak?apa tuk jarak yg lebih jauh beda cara shifting gear-nya?mohon pencerahannya..

        • teknik shiftingnya cuma dipake kalo adu drag jarak pendek. Kalo turing mah biasa2 aja nggak masalah, kecuali nge-drag mau nyalib bis, baru ke pake lagi
          Biasanya kalo jarak nya cukup selama pwr memadai, trus kita bisa mengurangi drag force dengan nunduk, topspeed pada tabel bisa tercapai.

          • Nah yang ane bngung,pas d gear 5 kalo pindah gear 6 sblum rpm 11000 biasanya cb150r kayak ogah2an naeknya angka d spido,tp kalo d atas 11000 naeknya angka d spido lbih gampang naek…

  7. Tapi pas nyari top speed kalau gigi 5 kalau gak lwat 11000 rpm kok gigi 6 lama naeknya..?gak kyk “maksa”in gigi 5 lewat 11000 yg lbih mudah naeknya.

    • krn dah overdrive lbh bro…
      gk peduli 6speed ato 5speed..gigi terakhir overdrive kelewat..5speed sblm gg5, jk gg4 nya putar sampai rpm red line maka gg5 ya udah sgitu juga naik berat bgt krn torsi ma power tdk mncukupi untuk mmutar lbh cpat lagi. yg 6speed jg bgitu gg6 ya berat jk gg5 dbejek sampai rpm redline..jd hitungan topspeed pasti meleset jk dbuktikan dilintasan..

      • sudah torsinya semakin kecil, harus melawan angin lagi

        • Maksut ane pindah dri gigi 5 ke 6..jdi kalo pindah sblum redline(<127km/h.on speedo) di gigi 6 nya ogah2an naeknya,malah kadng g mau naek…beda kalo gigi 5 d paksain sktr rpm11000 lbh(132km/h lebih on spedo) trus pindah 6 bru d gigi 6 spedo bisa/gampang naeknya..

          • mungkin harus dilihat korelasi antara angka yang ane tuliskan dengan angka2 yang di speedometer. Mungkin ada deviasi antara nilai rpm real dengan speedometer, begitupula dengan kecepatannya.
            Kalau kecepatan bisa dicek deviasinya dengan menggunakan racelogic atau gps yang bagus,
            Sedangkan rpm bisa dikalibrasi dengan menggunakan tachometer sentuh langsung ke as magnet

        • cb pake nvl nya bos, gigi 4 shift di 9rb rpm, kira2 gigi 5 gimana? saya kira masih akan enteng nyampe 10rb rpm. gak kayak sport sebelah yg berat bnget nyampe limiter d gir terakhir..

          • memang betul enteng sampe 10000 rpm, tapi langsung di-blok oleh limiter, padahal akselerasi masih lumayan nendang
            sering banget, kalo kelupaan, langsung mbrebet.

  8. kemarin ane naik2 kepuncak gunung pake CBSF … dan enak2 aja tuh …. shifting dan nahan emang paling enak di rpm atas …. beda kyk NVL….

  9. bro,bedah new cbr 150 dg motor sekelas nya dong atau dengan yg old?masih penasaran sm ini motor.

  10. Top Speed CB150R 125 KPH OTR di Pantura antara Cirebon – Indramayu.

    Spec :
    BB = 77 Kg
    Fuel = 8 L Premium + 2,5 L Pertamax
    Ban Belakang = 130/70/17
    Berat Ransel = 8 Kg
    Shroud di copot
    Yang lain standar

    Bagaimana menurut anda ?

  11. ukuran klep sama throtle body itu rumus kuncinya dari diameter piston..jd jk mau mmbandingkan besar kecilnya (mngenai engine bkn matematika) dg kubikasi (cc) sama besar itu berdasar percentage..jd menghitungnya diameter klep atau throtle body d bagi diameter piston..mmbandingkan dg cara mengukur diameter A lbh besar dr diameter B ini hit matematis bkn ilmu otomotive…klep dg percentage yg terlalu besar akn merugikan….semoga tbh smart,, jaga kesehatan dan keselamatan berkendara

  12. itung-itungan itu apa sampe rpm redline?
    *masih bingung, perlu baca dari awal lagi nih, heheheh
    http://ulidblog.com/2014/02/01/jawab-dulu-pertanyaannya-baru-baca-ulasannya/

    • sudah bro, tapi versi dyno, kalo nvl di 10000 rpm dan cb150r di 11500 rpm

      • salam.saya baru beli motor cb150r tapi belom ngerti aarah masukin giginya gimana ya..dari mau masukin gigi satu dan seterusnya….tolong arahannya ya bang…..terimakasih

        • salam juga bro…, kalau motor masih baru, mending saat inreyen diperlakukan dengan baik, sesuai dengan aturan dalam buku pedoman pengguna, kalo nggak salah (untuk sementara) rpm maksimumnya 7000 rpm
          ane selama punya motor, kalau inreyen nya bagus, maka mesin akan halus sampai lebih dari 5 tahun
          gigi 1 ke depan
          gigi 2-6 ke belakang (congkel pake jempol)
          netral antara gigi 1 dan dua

  13. Motor kencang! Ane dah coba Test sama nvl punya sepupu hasilnya cbsf emang lebih lincah atas bawah om padahal ban belakang dah ane ganti pk ukuran 130/60

    salam wong solo om 🙂

  14. mind gmna cara menaikan torsi dan power cbsf supaya gear 5 dan gear 6 bisa cepat naik rpmnnya??

    • sebenernya torsi besar di rpm tinggi pada gir 5 dan 6 adalah milik cbr150, jadi jalan paling gampang adalah ganti camshaft cb dgn cbr. tapi putaran bawahnya akan menjadi lebih lemot.
      cara lain juga bisa dengan mengganti filter udaranya dgn spec racing, dan minta disetting ulang injensinya.

  15. gan kmrn2 hbs ambl cb, kok kta ptgasnya udh reyen duduk, jd gausah reyen lg, brarti bs lgsg gaspol y?
    Ato ttp nunggu smpe servis ptama?

  16. di buku ga ada ptunjuk ryen sam,
    Max rpm brp?
    Ow ya, servs ptma 1rb km skrg om

    • kalo ane, 500 km dah ane ganti dengan oli mineral, misalnya enduro. nanti 1000 km baru diganti lagi dgn oli gratis dari deler.
      kalo nggak salah semua gigi harus dipake sacara normal dan halus perpindahannya, nggak boleh sering2 engine brake atau nge-gas spontan alias harus di-urut secara linier. rpm maksimum nya di rpm-min torsi-max misalnya 8000.
      mungkin yang lebih berpengalaman di bawah ane bisa ngoreksi dan nambahin…

  17. Wah sulit juga ya kalo spdo bwa’an rpmnya bda ma real? Brarti gk bs d aplikasi-in pas nyata ya bro hsil itung2n dyno dr otomtfnet d atas?

    • Wah sulit juga ya kalo spdo bwa’an rpmnya bda ma real? Brarti gk bs d aplikasi-in pas nyata ya bro hsil itung2n dyno dr otomtfnet d atas? Oea skdar info.. D cb ane kpentok limiter hmpir nyentuh 12000 pak,sktr 11800rpm..smua standart cm oli ganti bm1.

    • jangan sampe di-pas2 in, selain ada deviasi pengukuran, adalagi faktor/pengaruh negatif dari drag force (gaya perlawanan udara) yang turut memberikan penyimpangan.
      Dan lagi kita nggak boleh lengah berkendara hanya karena ingin ngepasin itung2an tsb, apalagi keceptan tinggi. Sangat berbahaya bro.
      Sekali dua kali nggak apa jika memungkinkan untuk sekedar referensi., selanjutnya pake feeling aja, cari posisi shift yang saat pindah ke gigi berikutnya torsi-nya masih berasa nendang (masih ada akselerasi)

  18. Oke bro,.. Mantaf ne artikel n bang motogilnya,..jd tambh fham tntang mtor.. Lanjutkan!!
    Tp kalo bisa sering2 yg agk ringan gni,kalo yg berat2 slaen sulit dfhami, d terapinnya juga sulit..ma’lum bru ngerti mesin.

  19. Pingback: Perbedaan Karakter CB150R dan NVL di Lintasan Drag | motorgoodness

  20. sang_pemimpi_yang_pingin_punya_motor_10_biji

    mau tanya dund broo , gigi transmisi cb150r cbr old ama cbr150 new kira kira sama apa gag yaa rasionya , soalnya dulu pass pake cbr 150 old ban 130/70 100/80 cm goncengan cewe jalan puncak bogor keteteran abis ( bobot 2 orang 110 kg ) kudu pake gigi 1 rpm haruuusss tinggi banget kalu langsung ganti gigi 2 di kecepatan 20 pasti gag bisa jalan tue motor , ngeden banget ( kalah jauh ma bebek athlete dengan bobot sama malah entengan athlete bisa langsung ngebut ) klu jalan rombongan pasti jalan paliing belakangan naek cbr 150 old.

    • sama bro, tapi
      dari gir belakang dan diameter ban belakang saja sudah ketahuan bahwa reduksi old cbr150 jauh lebih berat dari cb150r. Jadi konsekuensinya akselerasi diputaran rendah cbr150 sudah pasti lebih lemot dari cb150r, sebaliknya topspeed cbr150 lebih tinggi dari cb150r

  21. Pingback: Perbedaan Karakter CB150R dan NVL di Lintasan Drag – UratMalu

  22. salam motogokil,

    mau tanya pak.bro. .
    seumpama niH nvl pake ukuran klep dan thortle body yg sama dg cbr??
    apakah akan lbh ganas dari cB 150 standar??

    nvl tu enak bgt naiknya rpm kadang lupa kena brebet limiter di 10,5rb rpm
    itu masiH aman??

    • sebenernya torsi nvl sudah lebih ganas dari cb, hanya saja limiternya itu lho yang bikin bete’
      kalau ubahan seperti itu sulit, karena pembesaran klep yg optimal tergantung dari diameter bore-nya.
      jadi menurut ane kalo mau lebih nendang torsinya, dan topspeed-nya naik sedikit, ya tinggak ganti filter racing dan gunakan gir belakang old vixion, itu juga dengan syarat ridernya enteng, mks 60 kg

      • ow . . gt yah, emang rasane kalo dah kena limiter brasa pgend naek lg

        wah, ane kagag brani pak.bro. . ntar nek ngebuT benjuT. .hehe keluarga menanti,
        ntu kmarend bner2 sepi bgt. .

        yg ptg tau dan dpat pencerahan ilmu dr master, jd stidaknya jg blajar otomotif. .

  23. wah aku sukanya full high rpm shift 😀 . kalo pas santai kena limiter baru ganti tapi santai gantinya . kalo pas ngebut mulaideh trik ga ngendurin gas cuman tarik kopling .

    sakit hati kesalip vixion lawas 🙁

  24. menyimak om, hgassssssssss

  25. mantap, izin share ya, buat melengkapi artikel shift gear optimal buat cb150r di http://autocibi.blogspot.com/2015/07/cb150r-vs-matic-150-cc.html

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan