ganti-oli-bloger

Shifting Gear yang Pas Buat CB150R

Diposting pada

CB150RFuriousRed

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pada artikel yang lalu telah diulas mengenai shifting gear yang optimum buat nvl, rasanya nggak adil kalau cb150r nggak ikut di ulas. Sama halnya dengan motor terdahulu, untuk mengetahui shfting gear yang pas untuk cb150r juga harus diketahui dulu data2 mengenai :

  1. Rasio transmisi
  2. Kurva torsi dan power

Jika kita tetap menggunakan kurva yang sama yang disediakan otomotifnet, maka grafiknya seperti ini.

Kurva NVL dan CB150R

Dan rasio transmisi serta keliling ban cb150r adalahrasio cb150r

Dari data ini kemudian kita hasilkan topspeed per gigi yaitu

performa cb150r

Nilai2 topspeed di atas adalah nilai maksimum topspeed-nya, berdasarkan rpm, rasio dan keliling roda belakang. Dan nggak ada hubungannya dengan speedometer, jadi nilaianya bisa berbeda. Kemudian kombinasi dari rasio dan torsi bisa digambarkan dalam grafik berikut.

kurva torsi cb150r

Dari kurva ini maka pilihan shifting gear yang optimum adalah di kecepatan 42.5 –  67  – 86 –  102 –  117.5 kpj. Atau pada 11490 – 11400 – 11310 – 10970 – 10720 rpm. Jika ini kita lakukan maka kita akan memperoleh kurva akselerasi yang smooth yang memungkinkan perolehan waktu yang optimum. Bentuk kurva akslerasinya

kurva akselerasi cb150r

Dan jika berpedoman dengan nilai2 torsi yang diberikan otomotifnet, maka perolehan waktu untuk drag 200 m untuk bobot motor + rider = 200kg, adalah

kurva drag 200m cb150r

Hasilnya lebih lambat dari kompetitor, ya sesuai dengan kurva torsi dan power yang disediakan otomotifnet. Jika shifting gearnya lebih rendah atau lebih tinggi, waktu tempuhnya bisa lebih lambat lagi. Dan jangan lupa nilai2 kecepatan posisi shifting gear- nya berdasarkan “dyno”, jadi pada riilnya harus “dikurangi” karena kita terhambat oleh drag force udara.

Lalu, mungkin bagi yang mengikuti perkembangan “cb150r vs nvl”, pasti teringat artikel terdahulu, yang mana ane naik nvl kalah adu drag dengan rekan yang naik cb150r. Sebenernya kalau dicermati dalam ertikel tsb, sudah ane nyatakan bahwa temen ane lebih pendek dan lebih kurus, mungkin perbedaan beratnya bisa sampai 20kg. Lalu apakah ngefek perbedaan berat tsb dengan capaian waktunya ??, jelas sangat berpengaruh lihat grafiknya jika sekarang bobot totalnya menjadi 180 kg

kurva drag 200m bobot180kg cb150r

Dan kenyataan ini tidak terbantahkan, dibuktikan dengan even dragrace nasional, pemenangnya selain skillnya yang sangat mumpuni, berat badannya juga sangat enteng. Catatan Eko CHodox pada even drag eksebisi menggunakan cb150r std mencatatkan waktu 10.307 detik untuk 201 meter, kenceng ya, padahal di jalanan riil (bukan dyno) yang harus melawan angin.

Itulah hasilnya sesuai data yang ada. Tapi jika kita menggunakan kurva torsi dan power dari sumber lain misalnya (Motor+), maka hasilnya akan berbeda. Lalu bagaimana dengan lintasan yang lebih panjang, misalnya 400 meter atau bahkan 2.2 km (yang sempat heboh beberpa minggu yang lalu) ?  ….Kapan2 kita bahas lagi.

Sampai disini dulu obrolan kita tentang shifting gear yang optimum untuk cb150R, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.