Hati-Hati, Maling Kaliper Rem Mulai Menyatroni Motor Anda

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Berapa tahun yang lalu, iwf pernah buat artikel tetang maling kaliper yang terjadi di malaysia [artikel]. Kaliper yang dicolong maling kebanyakan kaliper moge (motor gede) yang memang harganya lumayan mahal. Dan kali ini, baru saja kejadian yang sama terjadi tapi di Indonesia, yang menjadi sasaran adalah kaliper rem depan honda adv.

Artinya kita sekarang juga harus waspada terhadap motor kita, khususnya kaliper rem cakram. Karena cara mencolongnya tidak terlalu sulit, yaitu tinggal buka 2 baut yang mengikatnya ke suspensi depan (bottom). Selanjutnya selang rem dipotong dengan menggunakan pisau atau cutter.

Jika dilihat harga kaliper honda adv di pasaran online sih tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp. 475 ribuan.

Akan tetapi namanya juga maling, sendal di masjid saja disikat, apalagi kaliper yang bisa dilepas dipasaran gelap seharga setengahnya sekitar 200-250 ribu, kalau mampu pasti dicolong. Kalau kecolongan di luar rumah, selain jengkel juga keki, masak pulang ke rumah naik motor cuma modal rem belakang.

Oleh karena itu sambil menunggu pihak kepolisian bertindak, kita harus mencoba mencaga barang-barang milik kita sebisa mungkin. Dengan demikian harus ada upaya kita melindungi bagian ini (kaliper rem depan), agar tidak/sulit dicuri maling. Banyak cara untuk mempersulit maling mencuri kaliper motor kita, yaitu :

  1. Letakkan motor di tempat yang aman
  2. Ditutupi dengan penutup motor, baik yang lunak (kain), maupun yang keras (garasi)
  3. Gunakan baut khusus
  4. Gunakan kunci pelindung kaliper imobilizer
  5. Gunakan kawat baja pengunci baut.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Materi yang terkait dengan rem cakram dan kaliper bisa juga kunjungi beberapa artikel iwf di sini :

 

Materi yang terkait dengan kejahatan pencurian, bisa kunjungi beberapa artikel ini :

 

 

1 Trackback / Pingback

  1. Hati-Hati, Maling Kaliper Rem Mulai Menyatroni Motor Anda | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan