Perkiraan Biaya Ikut Balapan di MotoGP, Luar Biasa Besarnya !

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baraokatuh

Semoga Allah menyelamatkan kita semua saat di perjalanan dan mensejahterakan kita saat tiba di tempat tujuan

Masih banyak pencinta otomotif yang bertanya, mengapa tidak semua pabrikan motor besar dunia ikut dalam ajang balap motor motogp saat ini,  seperti kawasaki misalnya ? Salah satu yeng menjadi kendala dalam balapan paling bergengsi di muka bumi ini adalah “biaya” yang sangat besar. Dan mungkin juga tidak berkorelasi secara signifikan terhadap penjualan (untung), makanya mereka tidak ikut, karena secara finansial rugi.

Memangnya seberapa besar sih biaya untuk balapan di motogp ? Mari kita selidiki dari tim honda…

Harga sebuah (segelondong)  mesin kelas-1berkisar antara € 200 000 dan € 250 000, atau sekitar ( 3.13 – 3.9 milyar rupiah).

Menyewa sepeda motor lengkap dapat menelan biaya hingga 2 juta euro (sekitar 31.3 milyar rupiah) per musim per pengendara untuk tim satelit. Ini hanya untuk 2 motor yang mereka butuhkan untuk setiap rider beserta perbaikan dan pengembangannya. Akan tetapi biaya ini masih bukan termasuk suku cadang apa pun.

Sedangkan untuk motor tim pabrikan, biasanya menghabiskan biaya 3 juta euro (atau sekitar 47 milyar rupiah).

Untuk memberi mengenai biaya tinggi yang terlibat, yaitu :

  1. Bagian elektronik sepeda motor MotoGP dapat berharga lebih dari € 100 000 dengan sensor, kabel, dan panel, dengan yang terakhir saja seharga € 2500. Tidak ada komponen elektronik yang harganya kurang dari € 1000.
  2. Remnya juga mahal, tetapi biayanya tidak cukup tinggi. FIM telah membatasi harga kit rem depan sebesar € 70.000 (tidak termasuk pajak), termasuk tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon, dan 28 bantalan. Jika sebuah tim membutuhkan lebih banyak bagian untuk menyelesaikan musim, mereka harus membelinya secara terpisah.
  3. Kecelakaan bukanlah hal yang bisa dianggap lelucon.
    • Kecelakaan ringan ketika sepeda diseret pada salah satu sisinya selama beberapa meter biasanya melibatkan biaya antara € 15.000 dan € 20.000 untuk memperbaiki penutup, pijakan kaki, tuas, rem belakang, atau elemen lain yang mungkin rusak.
    • Jatuhnya yang keras di mana sepeda motor terbalik dapat berarti biaya € 100.000 untuk memperbaiki ban, rem cakram, suspensi, radiator, dan sensor.
    • Jika kerusakan lebih parah, misalnya merusak bagian-bagian penting dari sepeda motor, seperti lengan ayun, sasis, elektronik internal, tangki bahan bakar, atau mesin, untuk memperbaikinya sekitar € 500.000.
  4. Biaya lainnya seperti
    • suku cadang, perjalanan, personel, persediaan,
    • seorang dokter (melibatkan biaya besar yang tanggung bersama oleh organisasi, tim, sponsor, dan kolaborator).
    • Ban. Sepeda motor MotoGP memiliki roda khusus untuk setiap sirkuit, dengan senyawa yang dibuat khusus untuk kompetisi. Untuk memasok ban ke semua tim MotoGP, Michelin harus mengeluarkan lebih dari 1,2 juta euro untuk setiap GP. Biaya ini termasuk roda itu sendiri dan tenaga teknis dan bantuan.
  5. Serat karbon yang digunakan untuk membuat fairing dan sejumlah besar komponen harganya sekitar € 2 per 100g, tanpa memperhitungkan perawatan yang diperlukan. Baja, sebagai perbandingan, hanya biaya € 0,2 per 100g, dan jika kita melihat plastik harganya bahkan lebih rendah. Bahan lain bahkan lebih mahal, misalnya magnesium yang digunakan dalam pelek. Setiap pelek yang terbuat dari bahan ini memiliki harga total € 4000.
  6. Biaya perjalanan sekitar € 1.200 untuk setiap anggota tim MotoGP untuk setiap GP. Ini berarti biaya hampir € 700 000 untuk tim 30 orang dalam musim 19 balapan. Ini tanpa memperhitungkan bahwa pemimpin tim, pembalap, dan manajer dapat melakukan perjalanan di kelas yang lebih tinggi.
  7. Biaya penginapan juga merupakan kunci dari acara tersebut, dan memperhitungkan biaya lebih dari € 600 000 per musim, tidak termasuk biaya transportasi, kendaraan, dan barang-barang lainnya. Jika kita menambahkan semua item ini bersama-sama, biayanya lebih dari 2 juta euro.

Sebagai pembanding adalah harga Honda RC213V-S. Motor yang diadaptasi  ke jalan dari sepeda motor yang dikendarai Marc Márquez dan Dani Pedrosa pada tahun 2015, harganya bisa jauh lebih murah. harga engine-nya saja (edisi terbatas) € 190.000 ditambah € 12.000 untuk kit adaptasi sirkuit.

Bisa menjadi jauh lebih murah karena :

  1. Tidak menggunakan  gearbox yang mulus
  2. Bantalan rem karbon
  3. Katup pneumatik, dll.

Jadi biaya total secara keseluruhan sangatlah besar, yang merupakan gabungan dari motor, bayar pembalap, teknisi, sparepart, perbaikan, dokter, perjalalan, penginapan dan banyak lagi yang lainnya. Iwf sampai susah ngitung penjumlahannya, karena ada faktor yang pasti dan ada yang tidak pasti, seperti akibat kecelakaan dan lain-lain. Oleh karena itu jika ikut motogp tapi tidak berkorelasi positif terhadap penjualan dan peningkatan keuntungan, yang mending nggak ikut motogp.

Silahkan jumlahkan sendiri dengan kurs 1 euro = Rp. 15.638,43 (per tanggal 3 november 2019)

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

3 responses to “Perkiraan Biaya Ikut Balapan di MotoGP, Luar Biasa Besarnya !

  1. Penjelasannya bagus bgt. Walau kurang detail, tp cukup memberikan gambaran ttg biaya tim motoGP. Sayangnya, artikel ini tercederai dgn statement di paragrap akhir yg bilang kalau tidak ada korelasi positif antar keuntungan dan penjualan ya mending ga usah ikut! Lucu saja kalau pemikirannya begitu. MotoGP adalah state of the art of motocycle. Jadi keuntungan dan penjualan ga akan terdampak langsung. Tapi, ini bicara brand image dan awareness. Ini tentang kemampuan dan kemajuan tertinggi sebuah brand. Disinilah, ajang promosi tertinggi ttg sebuah keunggulan teknis sebuah motor. Saya pikir pemikiran pada paragrap akhir adalah pemikiran kerdil dan dangkal dari sebuah pabrikan yang TIDAK MAMPU bersaing (jika ada pabrikan yg berfikir seperti ini). Semoga tdk demikian…

    • mungkin saja paragraf terakhir tampak seperti pemikiran kerdil
      akan tetapi sejauh yang ane ketahui untuk mewujudkan “state of the art of motocycle” dari sebuah merek tidak harus ikut motogp. Banyak sekali pabrikan motor yang memiliki “state of the art” dalam rnd -nya akan tetapi tidak ikut motogo, hal ini kemungkina besar mereka lebih mementingkan penggunaan biaya besar untuk rnd ketimbang ikut motogp.
      Tentu sudah tahu motor masal 1000cc yang tercepat saat ini ? yaitu kawasaki h2r dan kawasaki tidak ikut motogp hanya untuk menunjukkan “state of the art of motorcycle”-nya

  2. Thanks for sharing the details of MotoGP through this article. Appreciated.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan