Kok Bisa…Cakram (Disc Brake) Motor Sport Sampai Habis ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Motor sport adalah motor performa tinggi, atau paling tidak lebih tinggi dibandingkan kebanyakan motor bebek dan skuter. Otomatis perangkat pengereman menjadi jauh lebih penting, karena motor sport lebih kencang dan lebih berat. Jika perangkat ini sampai rusak, sangatlah berbahaya, karena fungsinya adalah sebagai pengontrol laju sepeda motor.

Rider motor sport adalah (kebanyakan) rider yang sudah lebih mantab, baik skillnya maupun pengalamannya. Karena biasanya rider motor sport merupakan rider yang “naik kelas” dari tingkatan sebelumnya yaitu rider motor bebek atau skutik. Sehingga sudah menjadi kewajaran jika rider motor sport harus lebih lihai dibandingkan rider motor bebek/skutik dalam hal feeling terhadap kejadian-kejadian yang menimpa motornya, termasuk aus-nya kampas rem cakram.

Kalau rider motor bebek, ataupun skutik masih lah wajar jika mengalami hal tersebut (rem cakram aus). Karena rider di kelas ini didominasi oleh ibu-ibu atau bapak yang style nya “slow rider”, alias jalan pelan-pelan sehingga jarang menggunakan rem. Akibatnya lengah meninjau kondisi kampas rem, juga tidak terlalu merasakan/menghiraukan apakah kampas rem telah habis atau belum.

Sedangkan seorang rider motor sport harusnya punya feeling yang memadai, untuk mengetahui bahwa kampas rem cakram-nya sudah menipis, apalagi habis. Seperti yang motogokil rasakan beberapa hari yang lalu (artikel). Sehingga rider terhindah dari kecelakaan fatal, akibat kerusakan rem cakram tersebut. Pertanyaan motogokil (dalam hati)

” Bagaimana mungkin seorang rider motor sport (dengan skill di atas rata-rata) tidak mampu merasakan bahwa kampas rem cakramnya sudah habis ?”

Ataukah ada motif lain, seperti

  • bodo amat, lagian nggak pernah ngebut
  • bengkel tutup males ganti kampas rem sendiri
  • spare part susah/inden, biarin aja pakai sampai tuntas
  • dan lain-lain

Apakah ada bro n sis yang mengalami kondisi seperti ini ? Atau ada hal lain yang mengakibatkan cakram sampai protol, karena habis digerus kampas rem yang tinggal besinya ? Monggo di-share, akan sangat bermanfaat buat pembaca lainnya.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Silahkan buka juga artikel bermanfaat yang lain mengenai rem

 

6 Komentar

  1. pernah dulu beli shogun FL second, kilometer 50rbuan tp udah mati, ga tau aslinya brp kilo.. cakram belakang udah mau abis tipis bgt… ga tau tuh org dulunya gimana makenya

  2. Nek jaré awakku. Sing wong koyok ngene iki mending ngak usah di kei SIM. Mosok hal fundamental koyok iki wae gak weruh wkwkwkwk

  3. Pernah ngerasain pak, tiba tiba ada bunyi aneh gesekan dari cakram sampe cakram ngelupas dikit kayak di amplas
    Bawa ke bengkel ternyata kampas tinggal besinya, untung gak ambyar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan