[DIY] Ganti Kampas Rem NVL, Mudah Tanpa Lepas Kaliper, Bagian-1

NVL gold

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin bawa NVL agak kenceng, tapi kok “ke-pakem-an” pengereman terasa menurun. Sampai rumah coba tengok kondisi kampas rem belakang, waduh dah tipis banget. Untung tahu lebih awal, jika sampai habis, bisa2 piringan yang kemakan. Tapi maklum dah dari awal beli belum pernah ganti, dah 11237 km

odo 11237

Teringat akan kampas rem depan yang katanya cepet habis, jadi pengen lihat juga kondisinya walaupun pertengan tahun 2013 lalu baru ganti. Dan ternyata..

Sama juga bro dah tipis, beruntung lagi, tahu lebih awal.

02 kampas rem depan tipis

Sebelumnya siapkan alat perkakas bengkel sederhana, seperti kunci pas ukuran 14 dan 17, obeng min, tang lancip dan lain2. Dan tentunya jangan sampai ketinggalan, siapkan kampas rem yang baru. Dan ternyata harganya sangat mahal bro, di beres Wendit malang harganya sekitar 75 ribu. Kebetulan ane dapet harga murah di bengkel langganan 50 rb. Dan tak lupa ane juga beli yang imitasi buatan indoparts dengan harga separuhnya 25 rb, dan ternyata kampas rem depan nvl sama dengan jupiter mx, vega r dan vega r new.

Jpeg

Ok, mari kita ganti sendiri kampas rem depan lebih dahulu, lihat kaliper…, waduh !!! Baut pengikat kaliper ke pangkonnya menggunakan model bintang ukuran gede nih. Wah ane nggak punya kuncinya, kalau yang kecil ada (buat suprax125 dan cs1).

05 baut kaliper dpn bintang

Ok, nggak masalah, kita ganti dengan cara melepas ban depan. Dahului dengan mengganjal bagian depan mesin, sehingga ban depan mengambang sedikit di atas lantai. Kemudian copot mur-baut as roda depan, dengan kunci pas ukuran 17.

06 copot ban depan

Kemudian kita lepas pin kecil dibagian bawah dengan mencopot pin-lock nya dengan menggunakan tang kepala kecil.

08 posisi pin lock

Kemudian kampas rem, pin dan pinlock nya bisa dilepas, berikut penampakannya

09 pin pinlock kampas bekas

Kemudian tekan piston masuk ke kaliper dengan menggunakan kunci pas ring

10 tekan piston masuk kaliper

Kemudian pasang kampas rem baru, dengan menyangkutkan kaitan2 bagian atas. Selanjutnya pin dipasang masuk ke lubang2 kampas bagian bawah, dan pasang pin-lock nya.

11 kampas baru terpasang

Sediakan celah antar kampas rem yang longgar, agar saat pemasangan ban depan, cakram dapat masuk dengan mudah ke celah2 kampas rem yang baru tersebut(masih tebal). Selanjutnya pasang kembali baut – mur as roda depan dan dikencangkan dengan optimum.

Setelah ane lihat kembali bentuk kaliper rem depan nvl dan mengacu pada komennya “penggemar ninja”, memang bisa juga ganti kampas remdepan tanpa harus lepas ban depan. Tinggal sisipkan kampas yang kecil yang di dekat piston kaliper, dan kampas yang besar masukkan dulu ke pin besar bagian atas, kemudian dua2nya di kunci dengan pin dan pin-lock pada lubang kecil bagian bawahnya. Ternyata malah lebih gampang, dari yang ane tulis di atas, tapi ya gerakan tangan menjadi sangat terbatas.

Itulah cara mudah mengganti kampas rem depan NVL tanpa harus membuka kaliper dengan kunci khusus (bintang). Mengenai cara penggantian kampas belakang nanti kita lanjutkan di artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaiakum wR wB

Advertisements

$where = 0;

17 responses to “[DIY] Ganti Kampas Rem NVL, Mudah Tanpa Lepas Kaliper, Bagian-1

  1. sampai sekarang belom berani ganti kampas cakram sendiri… :mrgreen:

    petisi hentikan pelanggaran roda dua:
    http://ardiantoyugo.com/2015/01/06/petisi-hentikan-pelanggaran-roda-dua-bundaran-hi-medan-merdeka-barat/

  2. Ga bisa jalan sini ada aja jalan yang lain memang gokil bro

  3. ♚Marwoto Return♚

    Biasa mbengkel tuh kreatif

    Kaya pepatah tak ada rotan akar pun jadi

    Gt intinya

  4. itu namanya kunci ring om…bukan kunci pas …hehe sory oot

  5. penggemar ninja

    mustinya tanpa bongkar ban jg bisa

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan