Balapan yang Berat Bagi Marc Marquez di Mugello jika Kondisi Lintasan Kering

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Di kalender motogp balapan di mugello italia akan diadakan tanggal 30 mei 2021. Satu minggu kemudian dilanjutkan dengan balapan di catalunya spanyol. Waktu seminggu antara balapan di mugello dan catalunya jelas sangat sedikit bagi marc marquez untuk beristirahat, sambil memulihkan fisiknya pasca cidera panjang musim 2020 lalu.

Sudah pasti kondisi fisiknya masih jauh dari 100 persen fit. Dan marc marquez kini menghadapi acara balapan motoGP beruntun pertama sejak kembali dari istirahat sembilan bulan karena komplikasi dari patah lengan kanan. Hal ini terlihat saat balapan di lemans kemarin, kondisi fisiknya membuat gaya agresifnya tertahan. Akan tetapi cuaca hujan yang menjadikan linatasn basah berhasil ia manfaatkan untuk memimpin balapan. Sayang sekali dia terpeleset dan terjatuh hingga dua kali, yang menyebabkannya DNF.

Marc Marquez menuju ke Mugello dan acara MotoGP berturut-turut pertama sejak ia kembali membalap pasca cedera. Ia mengatakan ;

‘Saya memahami keterbatasan fisik saya dan tahu ini tidak akan menjadi akhir pekan yang termudah untuk berada di depan dalam kondisi lintasan kering’

Artinya kondisi fisiknya masih belum mampu meng’handle’ motor yang memiliki performa penuh. Karena memang setelah istirahal lama dengan cidera tulang yang berkepanjangan (selama 9 bulan), otot lengannya menjadi lemah. Dan kondisi tulangnya masih belum memungkinkan untuk dia berlatih di atas motor. Meskipun ia berlatih di gym, akan tetapi itu belum bisa mewakili latihan di atas motor dalam hal keekstrimannya, konsentrasinya dan bebannya.

Kalau menurut iwf sih (opini) memang seharusnya balapan kali ini (mungkin sampai pertengahan musim) dijadikan oleh marc marquez ajang latihan. Bukan ajang untuk untuk performa balapnya yang bersifat “memaksa”. Karena hal merupakan yang terbaik, ketimbang memaksakan hasilnya tidak optimal, atau malah menghambat pemulihan ke-fit-an tubuhnya secara maksimal.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Balapan yang Berat Bagi Marc Marquez di Mugello jika Kondisi Lintasan Kering | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan