Maling Kaliper Rem Cakram Merajalela di Malaysia. Ini Tip-Trik Penangkalnya

caliper stolen

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah senantiasa menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua di mana pun kita berada.

Masih ingat kasus pencurian sparepart balap saat motogp sepang berlangsung ? Coba diperhatikan gambar di atas ini, salah satu yang paling diincar oleh pencuri adalah kaliper rem cakram br*mbo. Karena memang merek ini sangat terkenal dan mudah dilepas di pasaran, meskipun harganya mahal. Selain itu karena dimensinya cukup kecil (ketimbang nyolong velg atau ban), dan harganya tinggi, menjadi part racing favorit yang diincar maling.

Kejadian tersebut bukan yang pertama kalinya di malaysia. Sudah beberapa tahun kejadian seperti terjadi di negara tersebut dan kejadian di sepang mungkin merupakan puncaknya yang sangat memalukan panitia (peerintah) malaysia. Dan sampai saat ini permasalahan “maling kaliper rem cakram” masih ramai menjadi isu dikalangan komunitas motor di malaysia. Banyak sekali laporan kehilangan kaliper di sekitaran malaysia yang tentu saja sangat menggelisahkan terutama bagi pemilik motor gede (moge) dan superbike yang tentu saja harga kalipernya sangat mahal. Bahkan lebih gilanya lagi motor disimpan dalam rumah berpagapun masih disatroni maling kaliper rem cakramnya.

caliper stolen in house

Memangnya semahal apa sih kaliper-kaliper remcakram tersebut ?   Ternyata memang mahal mas bro sekalian. Bahkan bagi iwf yang tergolong rakyat jelata (rakjel) harga segitu tidak terpikirkan hanya untuk sebuah kaliper rem. Bisa dibayangkan harga rem cakram full-system nya berapa ?

Berikut beberapa harga kaliper br*mbo yang sempat iwf liat di internet

Kalau dirupiahin jadi sekitar 11 juta sampai dengan 21.4 juta rupiah. Kalau dibawa ke tanah air lewat import lebih mahal lagi. Apalagi kalau part racing tersebut khusus diperuntukan untuk motor balap yang berlaga di motogp (moto3 dan juga moto2), tentunya bakalan lebih mahal lagi.

Lalu bagaimana cara mengamankan kaliper cakram motor (tentu saja kalau bisa beserta motornya juga harus aman) ?  Ada beberapa tip-trik untuk mengatasi, menghambat bahkan mecegah maling mencuri kaliper rem ckram motor kesayangan kita, berikut yang iwf cuplik dari imotorbike :

 

Parkir Motor di Tempat yang Aman

safety parking site2

Tempat yang aman yang dimaksud adalah tempat yang ramai, yang terdapat banyak orang yang berlalu-lalang. Juga pilih tempat-tempat yang mudah diawasi oleh sekuriti atau polisi (dekat dengan kantor satpam/polisi).

safety parking site

Juga akan lebih aman jika tempat parkir motor terawasi dengan cctv dari berbagai sisinya.

 

Menggunakan Penutup (Cover)

Penutup ini memberikan hambatan efektif bagi orang jahil atau pencuri. Apalagi jika motor diletakkan di tempat yang relatif ramai. Pembukaan cover motor akan menarik perhatian orang-orang yang kebetula ada/lewat di sana.

motorcycle soft cover

Apalagi kalau cover/penutupnya model kerang yang solid dan keras, jelas lebih aman lagi. Tapi sepertinya penutup seperti ini hanya bisa disediakan di rumah. Sementara untuk parkiran umum kayaknya belum pernah ada yang memfasilitasi.

 

motorcycle hard shell cover.jpg

 

Menggunakan Baut Spesial yang Lebih Aman

safety bolt caliper type.jpg

 

 

Baut seperti ini hanya bisa dibuka dengan menggunakan kunci khusus. Dan (mungkin) hanya pemiliknya atau mekanik kepercayaan yang bisa membukanya. Dan bau model seperti ini sudah banyak di pasaran dengan harga bervariasi.

 

Menggunakan Pengunci Cakram Immobilizer

pengaman cakram immobilizer.jpg

Perangkat ini menjadikan pencuri semakin kesulitan untuk mengambil kaliper. Apalagi jika dibarengi dengan menggunakan baut khusus ketika memasang perangkat ini di kaliper. Pencuri kaliper akan berpikir ulang untuk mencoba mencurinya, karena ia akan menghadapi banyak pekerjaan yang tentu saja membutuhkan waktu dan mengandung resiko yang besar. Apalagi jika alat ini sensitif terhadap pergerakan yang menberikan suara alarm yang cukup keras bagi yang menjahilinya

 

Menggunakan Safety Wire Baja

safety wire caliper type

Aplikasi safety wire ini bisa diterapkan jika baut yang digunakan memiliki lubang, tempat  di mana safety wire diikatkan. Memang tidak cukup memberikan pengaman, akan tetapi cukup mereputkan bagi maling untuk membukanya. Apalagi jika kawat yang digunakan termasuk kawat yang sangat sulit untuk diputuskan.

Jadi tetap waspada masbro terhadapa orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi yang sedang touring harus lebih berhati-hati jangan sampai pengalaman Sylvain Ratichon Ract seorang petouring dari perancis terulang. Saat ia sedang traveling dengan menggunakan Yamaha XT660Z Tenere di asia tenggara, kaliper rem cakram hilang di colong maling ketika ia sedang berada di penang, malaysia.

Sylvain frenchman

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Bisa juga kunjungi beberapa artikel iwf yang membahas kaliper rem di sini :

 

Advertisements

$where = 0;

22 responses to “Maling Kaliper Rem Cakram Merajalela di Malaysia. Ini Tip-Trik Penangkalnya

  1. Mereka tau yang mahal dan gampang di copot.. udah gitu gampang dijual..

  2. buset kaliper rem ilang, tapi branded sih…
    pakai baut khusus sepertinya aman banget tuh…

  3. Ternyata faktor E ya… Semoga cepat selese tuh masalah

  4. kiraen yang rawan maling cuma di indonesia saja

  5. tulis saja dikaliper AWAS TEGANGAN TINGGI, pasti takut pegang

  6. tau aja mana yang mahal dan mudah di comot hahaha

  7. maling kaliper sebetulnya sudah meresahkan semenjak bertahun lalu namun belum bisa dicari gimana penangkal yang mujarab hingga akhirnya kasus sepang mencuat kepermukaan…

  8. Wah ternyata di malaysia banyak maling juga ya.
    ada-ada saja ya

  9. kirain cuma di indo aja wkwkwk

  10. Pakai baut unik kayaknya oke tuh pak

  11. Astaga, ada ada saja ya maling pak. Sampai kaliper juga ikut dimaling, cckckck.. Harus cari baut yang lebih baik nih

  12. Waah untung cuma di Malaysia.. tapi kalo di indo malah lebih serem pak coz di curi semotor motornya..!

  13. wah mahal juga ya kaliper rem yang branded,

  14. untung di indonesia masih belum ada,. yang ada maling sekalian motornya,.

  15. Betul pak, selain knalpot kaliper rem sering jadi incaran maling. Ya karena harganya mahal sih..

  16. Weleh parah, kalau begitu opsi pake baut custom sepertinya yang paling mudah dan efisien kang

  17. Wah mantep Pak Tips sharingnya….saya lebih milih pake cara ini : Menggunakan Pengunci Cakram Immobilizer!
    tapi di sini udah ada yang jual belum ya ? eh tapi kaliper vario emang ada yang doyan ??wkwkwk

  18. Ngaco juga ya kaliper yang dimaling

  19. Ada ada saja malingsia

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan