GSX R150 SARP Series 20HP Resmi dari Suzuki


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


SARP dalah workshop resmi suzuki yang meriset dan membangun komponen racing bagi gsx r150. Setelah sebelumnya meluncurkan part racing cobra series, sarp kemudian melengkapinya dengan ecu racing. ECU racing ini akan dirilis di GIIAS 2017 sebentar lagi.

Sejatinya suzuki gsx r150 sudah didukung oleh ecu (ori) yag handal. Karena ecu ini mampu mendukung engine 150 cc untuk mencapai power 19.17 dengan limiter 13000 rpm. Jadi untuk rider kebanyakan performa ecu std sudah lebih dari cukup.

Akan tetapi ketika owner suzuki gsx r150 ingin meng-upgrade power gsx r150 lebih tinggi lagi, dengan mengaplikasikan knalpot racing, maka diharuskan adanya penyesuaian di beberapa bagian. Yaitu kesimbangan afr, dan optimasi waktu pengapian. Misalnya, setelah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing,

Aplikasi knalpot racing sarp untuk gsx r150

maka akan terjadi perubahan beberapa variabel berikut :

  1. Pada rpm rendah (biasanya) ve menjadi lebih kecil, karena overlap yang besar dalam waktu yang lama, akan menyebabkan campuran bahan udara dan bahan bakar lari ke luar menuju knalpot, karena tidak adanya backpressure yang mencukupi untuk menahanya.
  2. Pada rpm tinggi, dimana disinilah power dioptimalkan, justru kadang debit injektor kurang banyak untuk mengimbangi kenaikan ve. Sehingga afr menjadi relatiif lebih miskin dari standarnya, hal ini sangat beresiko pada durabilitas engine, karena suhu akan menjadi lebih tinggi.
  3. Akan terjadi perubahan rasio kompresi dinamis (akibat perubahan ve di atas) dengan range yang lebih lebar. Sehingga kurang mampu diantisipasi oleh ecu standar, dan akan mengakibatkan tidak optimumnya waktu pengapian. Akibatnya bensin menjadi jauh lebih boros, emisi gas buang menjadi lebih tinggi dan kenaikan powernya tidak optimum

Artinya pengaplikasian knalpot racing, akan merubah karakter engine sepeda motor, termasuk gsx r150. Apalagi jika beberapa komponen lain juga diubah, misalnya filter racing, panjang intake runner, konfgurasi porting, profil camshaft dan juga diameter klep in-exh. Jadi dengan adanya ecu racing, menjadikan setting performanya menjadi lebih mudah dan lebih fleksibel.

Oleh karena itu, adanya ecu racing akan sangat membantu tercapainya kenaikan (upgrade) power yang dinginkan. Dengan tetap menjaga efisiensi dan tingkat emisi yang memadai. Dengan ecu racing durasi injector bisa diatur untuk mendapatkan afr optimum, begitu pula dengan waktu pengapian (timing advance)-nya.

Dan sarp memudahkan owner gsx r150 untuk melakukan upgrade power gsx r150 kesayangannya, bahkan sampai tembus 20hp, mengalahkan power fxr 150. Dengan mengaplikasikan knalpot + ecu racing, power dia atas 20hp sangat mungkin diperoleh dengan mudah. Apalagi dengan mengaplikasikan filter udara racing, tentunya power gsx r150 bisa lebih tinggi lagi.

Menurut Riecky Patrayudha (Asst to Dept Head Aftersales & Service PT. Suzuki Indomobil Sales), ecu racing dari sarp ini memberikan beberapa keunggulan, yaitu :

  1. Programmable (tentu saja menjadi syarat mutlak. Dan dapat dilakukan dengan smatphone berbasis android.
  2. “…, ECU programmable dan knalpot kira-kira naik 2 dk,”
  3. Harga tak sampai Rp.2 juta
  4. Aplikasi ECU RACING SARP tidak menggugurkan Garansi.

Artinya dengan tambahan biaya 1.5 juta (knalpot racing sarp cobra series) dan 2 juta (ECU racing SARP), konsumen gsx r150 sudah bisa menikmati motor keren terkencang. Dengan total budjet 27.9 juta + 3.5 juta, gsx r150 akan menjadi motor sport full fairing yang paling powerfull di kelasnya. Power 20 hp untuk bobot motor 131 kg akan memberikan efek akselerasi yang siap meledakan adrenalin para speedlover yang menungganginya. Ayo segera datangi dealer suzuki terdekat, mumpung masih promo.

” Pakai doping untuk menaikan performa ? Ya benar. Sama seperti rivalnya, tapi jauh lebih murah.

mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Baca juga beberapa artikel menarik tentang suzuki gsx r150 dan perancangan ECU racing

Tentang ECU

 

 

Advertisements

8 responses to “GSX R150 SARP Series 20HP Resmi dari Suzuki

  1. Apakah nanti akan muncul peringatan pemerintah spt dibungkus rokok, utk motor2 yg punya potensi performa tinggi?

  2. Terus kapan diterjunin ke kejurnas IRS 150cc buat lawan sohc R15 ver 2.0 sang penguasa balapan bertahun tahun

  3. Harusnya diberi label ‘bukan untuk di jalan umum’
    Atau
    ‘Gunakan hanya di sirkuit’

  4. Standar ajalah sdh enak tinggal nggantwngi penampilan

  5. ecu + knalpot = vva? mantap juga marketing suzuki

  6. Ahmad Djokdja

    27,9 +3,5 jt =31,4 jt… dpt 20PS…
    kalo mau sekedar power, power loh, bukan fitur… drpd 31 jt, mending beli ninja SKIPS 150, 30 juta dapet 30PS…. n kualitas n kelincahan sasis sudahteruji….
    atau cari RGR yg msh bgus, 26 PS nampoll…

    tapi masih ngebulll…..

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting